Sering Alami Gangguan Internet Selama WFH? Atasi Dengan 6 Tips Berikut

Sering Alami Gangguan Internet Selama WFH? Atasi Dengan 6 Tips Berikut

font size A Ǎ

Koneksi internet yang kencang dan stabil adalah dambaan hampir semua orang untuk sekarang ini. Apalagi buat mereka yang sedang WFH, jelas internet jadi salah satu kebutuhan primer yang mesti ada untuk membantu menyelesaikan rutinitas harian.

Apa itu rutinitas hariannya? Jelas menyelesaikan pekerjaan kantor yang membutuhkan internet. Seperti online meeting, kamu jelas membutuhkan sinyal internet yang kencang dan stabil untuk melancarkan pertemuan virtual tersebut.

 

 

Tapi bagaimana jika kenyataanya internet di rumah kamu kurang bagus? Tenang, di bahasan kali ini, setidaknya ada 6 cara mudah yang bisa bantu kamu mempunyai internet kencang dan stabil. Penasaran apa saja caranya? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Pertama, Atur Posisi Router

Router mempunyai peran besar dalam penggunaan Wi-Fi. Sebagai bagian dari jaringan tanpa kabel, router mesti berposisi di tempat yang tidak terhalang apapun. Halangan yang dimaksud adalah meja, pintu, bahkan dinding.

Jika internet atau Wi-Fi di rumah kamu lambat, bisa jadi karena posisi router kamu terhalang oleh sesuatu. Oleh karena itu, kamu bisa memeriksa posisi router ini sudah aman atau beluM. Jika memang terhalang, kamu bisa pindah ke tempat yang lebih terbuka.

 

Kedua, Tutup Aplikasi dan Situs yang Tidak Penting

Percaya atau tidak, pada kenyataannya – jika kamu dalam satu waktu membuka banyak aplikasi serta situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kamu, ini bisa jadi penyebab salah satu internet di rumah kamu lambat.

Oleh karena itu, jika memang sedang menyelesaikan rutinitas harian yaitu pekerjaan kantor, pastikan kamu tidak membuka aplikasi atau situs yang tidak berkaitan dan yang tidak sedang kamu gunakan. Ini bisa membantu kamu mendapatkan sinyal internet yang lebih stabil.

 

Ketiga, Soal Perangkat Lain

Biasanya kamu tentu akan menyalakan laptop dan smartphone untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Kedua gawai atau perangkat tersebut tentu membutuhkan internet untuk melakukan tugasnya yaitu membantu kamu.

Jika ada perangkat lain yang aktif dan menggunakan internet, tentu kuota serta kecepatan internet menjadi lebih lambat karena mesti terbagi-bagi ke beberapa gawai atau perangkat. Jika ada gawai atau perangkat yang tidak digunakan dulu, lebih baik dinon-aktifkan saja sejenak.

 

Semua Butuh Internet? Buat Jadwal!

Kalau memang semua orang yang ada di rumah kamu membutuhkan internet – kamu bisa membuat jadwal penggunaannya. Misalnya, kamu sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, kamu bisa membuat jadwal dari pagi sampai siang.

Sisa waktunya boleh dipergunakan oleh yang lain dengan gawai atau perangkatnya masing-masing. Jika yang menggunakan banyak, tentu banyak aplikasi atau situs juga yang dibuka. Ini jelas akan memperlambat koneksi internet karena terbagi-bagi.

Jadi pastikan saja kamu mempunyai jadwal untuk menggunakan internet di rumah. Beritahu mereka kalau kamu punya prioritas untuk menyelesaikan pekerjaan kantor terlebih dahulu.

 

Perlu Unduh File? Hindari Jam Sibuk!

Jika kamu membutuhkan internet yang kuat dan cepat untuk mengunduh file yang mungkin kapasitasnya cukup besar, kamu bisa hindari waktu-waktu sibuk orang menggunakan internet. Misalnya saat sore hari atau bahkan tengah malam saja.

Ketika kamu mengakses internet di jam yang tidak sibuk atau di jam yang tidak banyak orang menggunakan perangkatnya untuk berinternet, barulah kamu bisa mengunduh file-file besar yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

 

Senjata Terakhir? Pakai Smartphone Kamu!

Jika memang orang rumah juga mempunyai prioritasnya untuk menggunakan internet, kamu bisa menggunakan senjata terakhir nih – yaitu pakai koneksi smartphone. Hp kamu bisa lho dijadikan hotspot yang memancarkan sinyal internet tergantung kuota yang kamu punya di dalamnya.

 

 

Untuk keadaan genting, hal ini bisa kamu andalkan, kok! Wah bagaimana nih? Dari keenam cara di atas yang sudah dijelaskan, bisa ya kamu terapkan di rumah. Ini biar WFH kamu semakin lancar dan pekerjaan kantor selesai dengan baik, benar dan tepat waktu!

 

Feature Image – ruparupa.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!