Sering Pakai Masker, Ini 5 Cara Cegah Timbulnya Masalah Kulit

Sering Pakai Masker, Ini 5 Cara Cegah Timbulnya Masalah Kulit

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker, terutama ketika sedang berpergian ke tempat publik. Meskipun dapat melindungi kita dari paparan virus corona dan dapat membantumu jadi tak sering menyentuh wajah, namun menggunakan masker saat beraktivitas dapat menimbulkan masalah bagi kulit, seperti kulit jadi kering atau bahkan timbul jerawat.

 

Sering Pakai Masker, Ini 5 Cara Cegah Timbulnya Masalah Kulit

Credit: harpersbazaar.com

Saat menggunakan masker, kulit di wajah jadi lebih reaktif, serta dapat membuat sebum atau minyak menumpuk di pori- pori bagian wajah yang tertutup oleh masker, termasuk hidung, pipi, dan dagu. Minyak yang terkandung dalam kosmetik atau skincare serta produksi sebum berlebih, dapat membuat pori- pori tersumbat dan akhirnya timbul jerawat.

Agar masalah kulit tak muncul ketika menggunakan masker, ini 5 langkah yang bisa kamu lakukan.

Exfoliating

Supaya kulit tidak timbul jerawat atau mengalami masalah lainnya saat menggunakan masker, lakukan exfoliating dengan cara scrub kulit wajah. Cara ini bertujuan agar sel- sel kulit mati yang menumpuk dapat terkelupas dan dibersihkan.

Sel- sel kulit mati pada wajah yang dibiarkan dalam waktu dalam dapat membuat bakteri berkembang biak dan pori- pori jadi tersumbat.

Detoks

Tak hanya bagi tubuh, tapi detoks juga bisa dilakukan pada kulit wajah. Lakukan detoks dengan menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar enzim dan gunakan masker dari clay atau tanah liat.

Sebelum menggunakan masker, kamu juga bisa menggunakan gel pelembap terlebih dahulu agar kulit jadi tidak terlalu kering.

Hidrasi Kulit

Jerawat cenderung timbul pada area tertentu di wajah, seperti dahi, dagu, dan juga garis rahang. Untuk mencegah timbulnya jerawat, kamu bisa melakukan perawatan ekstra di area- area tersebut.

Selain itu, pastikan kulitmu selalu terhidrasi dengan baik. Pilih pelembap kulit yang mengandung bahan- bahan seperti teh hijau, vitamin E, dan rumput laut, serta bersifat anti komedo. Kamu juga bisa menambahkan serum dalam rutinitas skincare untuk mencegah masalah pada kulit, salah satu kandungan serum yang baik adalah hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembapkan.

Sering Pakai Masker, Ini 5 Cara Cegah Timbulnya Masalah Kulit

Credit: today.com

Perhatikan Kandungannya

Untuk mengurangi jerawat pada kulit, sebaiknya pilih produk yang mengandung formula antibakteri seperti tea tree oil, lavender, atau yang mengandung vitamin B3 karena dapat membantu memperbarui dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia cukup keras seperti salicylic acid  karena dapat membuat kulit kering atau merah.

Minimalkan Makeup

Selama pandemi dan harus menggunakan masker, disarankan untuk mengurangi atau meminimalkan penggunakan makeup. Setelah memakai skincare, tambahkan sun screen untuk mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar UV.

Menggunakan makeup  yang terlalu tebal dan kemudian di tutup dengan masker, justru dapat membuat kulit iritasi dan memperburuk masalah pada kulit.

 

 

Featured Image - vitalrecord.tamhsc.edu

Source - cnnindonesia.com

Nah, itu dia kelima cara mencegah timbulnya masalah kulit ketika menggunakan masker selama pandemi ini. Jangan lupa untuk diterapkan ya, agar kesehatan kulit kamu tetap terjaga.

 

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!