Optimalkan Perkembangan Anak Dengan Menerapkan 4 Cara Cerdas Berikut Ini

Optimalkan Perkembangan Anak Dengan Menerapkan 4 Cara Cerdas Berikut Ini

Si kecil tentu jadi hal yang ditunggu-tunggu kehadirannya di tengah keluarga kecil mu. Oleh karena itu, setiap tumbuh kembangnya, mesti kamu ketahui dengan detil agar ia tumbuh dengan maksimal. Buat kamu yang baru saja jadi orang tua, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan lho.

Tentunya terkait dengan tumbuh kembang si kecil. Pertumbuhan si kecil tidak hanya meliputi perubahan fisiknya tapi juga kesehatan mentalnya. Oleh karena itu, setidaknya di bahasan kali ini, ada empat hal yang mesti kamu perhatikan untuknya.

 

 

Apa saja empat hal yang mesti kamu perhatikan ini? Daripada kamu menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Paham Proses Tumbuh Kembang si Kecil

Seperti yang sudah disebutkan di awal sebelumnya kalau pertumbuhan si kecil tentu tidak hanya meliputi perubahan secara fisik saja tapi juga secara mental. Oleh karena itu, kamu mesti paham bagaimana perkembangan si kecil karena dua sektor tersebut semuanya penting.

Untuk sisi secara fisik, jelas kamu diharapkan bisa memberikan nutrisi terbaik untuknya. Lengkapi kebutuhan konsumsi si kecil dengan lengkap. Kamu bisa berikan si kecil Enervon-C Plus Sirup yang bantu jaga daya tahan tubuh serta bantu si kecil juga di usia pertumbuhannya.

 

Tahu Bedanya Balita, Anak dan Remaja

Pertumbuhan si kecil mempunyai beberapa fase yang membuatnya akan memiliki berbagai pengalaman serta treatment yang berbeda-beda. Perlu kamu ketahui kalau si kecil, setidaknya punya tiga fase besar seperti Balita, Anak dan nantinya jadi Remaja.

Di tiap fase tersebut, ada berbagai kebutuhan yang bisa saja berubah-ubah tiap saat, dan idealnya kamu penuhi segala kebutuhan tersebut. Tidak hanya mengetahui fase pertumbuhannya saja ya, kamu juga mesti peka terhadap perubahan perilaku seiring si kecil tumbuh besar.

 

Peran Kamu Sangat Penting

Dampingi si kecil di tiap tumbuh kembangnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebutuhan setiap fasenya bisa jadi berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui setiap kebutuhannya untuk dipenuhi.

Yangj jelas, keberadaan kamu adalah hal yang paling vital dan penting. Jika kamu adalah tipe orang tua karir yang masih aktif bekerja, pastikan tiap harinya kamu bisa berinteraksi dengan si kecil. Tiap kamu punya waktu senggang, kamu bisa ajak si kecil bermain dengan kamu.

Ini nanti akan berpengaruh ketika si kecil beranjak besar – di mana ia tetap bisa bercerita dengan mu walau sudah remaja. Banyak masalah remaja yang berujung ke hal-hal kurang baik karena mereka tidak bisa bercerita atau mengekspresikan keluh kesahnya kepada orang tua sendiri.

Nah, terkait dengan hal ini – kamu mesti paham juga di mana ia bertumbuh kembang selain di dalam rumah. Sekolah, tempat les, atau tempat bermainnya jadi berbagai tempat yang mesti kamu ketahui bagaimana ia berproses di sana.

 

Jangan Pakai Kekerasan

Mengajarkan disiplin tidak melulu dengan kekerasan layaknya militer. Lagipula sudah tidak zamannya kamu mendidik anak seperti itu. Banyak cara kok untuk menanamkan disiplin tanpa mesti membentak si kecil sampai ketakutan.

Hal ini berpengaruh kepada tingkat emosionalnya, lho. Jika kamu sering memarahi si kecil karena hal-hal kecil, jangan kaget jika ia tumbuh besar – ia jadi pribadi yang mudah marah, tempramen dan bisa saja melakukan hal-hal yang tidak baik.

Ingat, apa yang kamu lakukan untuk si kecil, itu akan jadi contoh pembelajaran yang sangat lekat di kehidupannya. Jadi pastikan kamu memikirkan baik-baik tiap perilaku yang akan kamu contohkan atau tunjukan kepada si kecil, ya!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari empat hal di atas, pastikan kamu bisa menerapkannya sehingga kamu bisa tahu persis bagaimana si kecil tumbuh dengan ideal dan baik ya!

 

Feature Image – parentingclub.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!