Ketika Sedang Sakit, Apakah Kebutuhan Vitamin C Tubuh Jadi Meningkat?

Ketika Sedang Sakit, Apakah Kebutuhan Vitamin C Tubuh Jadi Meningkat?

font size A Ǎ

Selama masa Pandemi Covid-19, sistem imunitas tubuh merupakan salah satu hal yang penting. Ini karena, Covid-19 cenderung menyerang seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang sedang melemah. Agar sistem imun dapat bekerja dengan baik dan dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, maka asupan nutrisi harian pun harus dijaga.

Salah satu nutrisi yang penting untuk meningkatkan dan menjaga sistem imun adalah vitamin C. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, menjaga kesehatan kulit, hingga mempercepat pemulihan tubuh ketika sedang sakit.

Namun ketika sedang sakit, apakah kebutuhan vitamin C tubuh akan bertambah? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

Kebutuhan Vitamin C Selama Sakit, Apakah Meningkat?

Ketika Sedang Sakit, Apakah Kebutuhan Vitamin C Tubuh Jadi Meningkat?

Credit: folio.ca

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Larger doses of vitamin C may lead to a greater reduction in common cold duration dari University of Helsinki, menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Bahka, vitamin C juga dapat menurunkan risiko dan tingkat keparahan sebuah infeksi yang dialami oleh manusia.

Lalu, seorang peneliti juga menganalisis dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dan durasi dari saat sakit. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan penting diantara keduanya. Dengan menambah asupan vitamin C sebanyak 6-8 gram per hari dapat mempercepat proses pemulihan tubuh.

Jadi, kemungkinan besar jika kamu mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah yang lebih tinggi, maka dapat semakin membantumu untuk cepat sembuh.

Mengapa Vitamin C Bantu Tubuh Lebih Cepat Pulih Ketika Sakit?

Ketika Sedang Sakit, Apakah Kebutuhan Vitamin C Tubuh Jadi Meningkat?

Credit: familyhealthdiary.co.nz

Menambah asupan vitamin C bisa memberikan manfaat seperti mengurangi gejala yang dirasakan serta mempersingkat waktu pemulihan. Namun, yang perlu kamu ingat adalah bahwa mengonsumsi asupan vitamin C, termasuk dari suplemen, harus dilakukan secara rutin ya dan tidak hanya saat sakit saja.

Ketika tubuhmu mengalami suatu infeksi, kadar vitamin C dalam sistem imun akan menurun dengan cepat. Hal ini tentu saja membuat kebutuhan vitamin C tubuh jadi meningkat. Sementara itu, kekurangan vitamin C dapat melemahkan sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi atau memperparah kondisi infeksi yang sedang dialami.

Dengan begitu, menambah asupan vitamin C selama sakit merupakan langkah yang baik.

Amankah Mengonsumsi Suplemen Vitamin C Setiap Hari?

Ketika Sedang Sakit, Apakah Kebutuhan Vitamin C Tubuh Jadi Meningkat?

Credit: hollandandbarrett.com

Biasanya, asupan vitamin  C dapat diperoleh dari sayuran dan buah segar, seperti brokoli, bayam, kiwi, mangga, jambu biji, jeruk, pepaya, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, mengonsumsi buah dan sayur saja terkadang tak dapat mencukupi kebutuhan vitamin  C tubuhmu. Ditambah lagi, vitamin C tidak dapat disimpan tubuh dalam waktu yang lama. Jadi, penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

Oleh karena itu, kamu dapat menambah asupannya dari suplemen, seperti Enervon-C. Karena kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya secara optimal dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu, serta membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi untuk tubuh.  Selain dalam bentuk tablet, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang menyegarkan!

Tenang saja, mengonsumsi suplemen vitamin C aman kok. Ini karena vitamin C bersifat larut air, sehingga mudah diserap tubuh dan sisa- sisa zat yang tak dibutuhkan akan dikeluarkan melalui urin.

 

 

Featured Image - imt.ie


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!