Tak Bisa WFH Selama Pandemi? Tenang! Ini 6 Tips Untuk Tetap Jaga Kesehatan

Tak Bisa WFH Selama Pandemi? Tenang! Ini 6 Tips Untuk Tetap Jaga Kesehatan

font size A Ǎ

Sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran virus corona, sebagian besar perusahaan sudah menerapkan kebijakan work from home, sehingga para karyawannya tak perlu bepergian ke kantor sementara waktu ini.

Namun sayangnya, tak semua pekerjaan dapat menerapkan kebijakan tersebut. Jadi, masih ada karyawan yang masih harus pergi bekerja ke luar rumah. Ketika kamu mengalami hal ini, penting sekali lho untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, sehingga sistem imunitas tubuh terjaga dan tak mudah terinfeksi Covid-19.

 

Tak Bisa WFH Selama Pandemi? Tenang! Ini 6 Tips Untuk Tetap Jaga Kesehatan

Credit: forbes.com

Nah, jika kamu salah satu yang masih harus pergi bekerja di luar rumah selama masa pandemi Covid-19 ini, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar tubuh tetap sehat dan imunitas tubuh juga tetap terjaga. Simak ulasannya berikut ini ya.

Konsumsi Makanan Sehat

Di tengah pandemi, penting sekali untuk tetap memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Terapkan pola makan sehat yang terdiri dari serat, buah- buahan, sayuran, lemak baik, asam lemak omega-3, serta yang mengandung vitamin seperti vitamin C dan B kompleks.

Kandungan- kandungan tersebut secara efektif dapat mengurangi peradangan yang dapat merusak jaringan tubuh, sendi, dinding arteri, dan juga organ tubuhmu.

Lalu, batasi pula konsumsi makanan dan minuman manis yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika tidak, maka kamu bisa saja mengalami diabetes, obesitas, penyakit jantung, hingga demensia.

Aktivitas Fisik

Meskipun kamu masih keluar rumah dan melakukan perjalanan dari rumah ke kantor, tapi penting lho untuk tetap aktif dan rutin berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, olahraga juga dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti jantung, stroke, dan diabetes. Serta dapat membantu mengobati depresi, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis.

Coba lakukan olahraga secara rutin selama 30 menit hingga satu jam, sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Tidur Teratur

Tidur dan istirahat yang teratur tentu tidak boleh dilewatkan ya. Kekurangan jam tidur dapat menurunkan kesehatan dan mengakibatkan kamu jadi lebih rentan terserang penyakit. Ini karena saat tidur, sel- sel tubuhmu melakukan regenerasi. Jadi, ketika sel tubuh tidak dapat regenerasi dengan baik, sistem imun pun akan ikut terganggu.

Dalam Sleep Health Journal mengungkapkan bahwa orang dewasa muda membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam, sedangkan pada orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 7-8 jam untuk tidur setiap malamnya.

Tak Bisa WFH Selama Pandemi? Tenang! Ini 6 Tips Untuk Tetap Jaga Kesehatan

Credit: healthline.com

Konsumsi Multivitamin

Terkadang mengonsumsi sayur dan buah saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama vitamin C. Padahal, kekurangan vitamin C dapat menurunkan daya tahan tubuhmu lho.

Oleh karena itu, penting untuk konsumsi multivitamin lengkap seperti Enervon-C. Kombinasi vitamin C dan B kompleksnya secara optimal dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu, serta membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

Jadi, tak hanya daya tahan tubuh yang semakin terjaga, tapi kamu pun semakin berenergi ketika beraktivitas!

Lindungi Kulit

Untuk kamu yang masih harus pergi ke kantor, selalu lindungi kulitmu dari sinar matahari ya. dikutip dari American Academy of Dermatology, menggunakan tabir surya setiap harinya dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, sehingga membantu mencegah risiko terjadinya kanker kulit.

Gunakan tabir surya dengan perlindungan spectrum luas terhadap sinar UVA dan UVB, minimal tabir surya dengan SPF 30, dan usahakan yang tahan air.

Kurangi Stres

Banyaknya berita negatif mengenai Covid-19 yang muncul di berita membuat sebagian besar orang jadi cemas dan khawatir. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencari cara untuk mengurangi stres agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kamu bisa melakukan kegiatan favorit bersama keluarga di rumah saat akhir pekan, melakukan meditasi, ataupun yoga. Yang penting usahakan untuk tetap di rumah saja ya ketika melakukan kegiatan- kegiatan tersebut!

Nah, itulah 6 tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan ketika harus bekerja di kantor selama pandemi corona. Usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat ya, agar kondisi tubuhmu tetap prima.

Stay safe and stay healthy!

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!