berpotensi menimbulkan masalah lain?

Masalah yang dimaksud adalah ketidaknyamanan sampai gangguan kesehatan. Nah terkait hal ini, ada yang mesti kamu perhatikan dan kamu terapkan terkait penggunaan masker. Jangan sampai, karena menuruti protokol kesehatan, kamu malah dapat masalah baru.

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau penggunaan masker adalah bagian protokol kesehatan individu atau personal yang mesti ditaati. Hal ini jelas kalau menggunakan masker setidaknya melindungi diri kamu sendiri dari penularan Covid-19.

 

 

Lalu bagaimana menanggapi gangguan kesehatan yang bisa muncul terkait penggunaan masker yang terlalu lama? Di bahasan kali ini, setidaknya ada beberapa cara untuk mengurangi resiko masalah yang muncul terkait penggunaan masker yang terlalu lama.

Berdasarkan situs CNN Indonesia, setidaknya ada tiga cara mengurangi dampak penggunaan masker, terutama masker kain yang dianjurkan karena dinilai lebih tahan lama dan lebih ekonomis. Namun kalau kamu memang nyaman menggunakan masker sekali pakai, ya tidak apa juga.

 

Aturan Mengenakan Masker Kain

Hal pertama yang mesti kamu ketahui soal masker kain ini adalah orang yang mengenakannya adalah orang yang sehat. Jika kamu atau siapapun sedang sakit – lebih baik menggunakan masker yang direkomendasikan medis.

Lalu kedua, masker kain ini tidak bisa digunakan seharian menempel di wajah kamu, lho. Ada batas waktu yang sudah direkomendasikan. Masker kain kurang lebih hanya bisa digunakan selama 3-4 jam saja. Terlepas dari waktu itu, disarankan untuk mengganti masker.

new normal yang sudah memperbolehkan pegawai bekerja di kantor seperti biasa, kamu bisa membawa dua masker kain untuk bergantian dipakai karena waktu bekerja di kantor pada umumnya adalah 8 jam.

Kemudian ketiga, masker kain tentu tidak tahan air. Jadi jika masker basah, langsung ganti dan masker yang basah lebih baik langsung dicuci. Hal ini terkait dengan langkah pencegahan Covid-19 yang bisa saja menyebar dari hal tersebut.

 

Aturan Mencuci Masker Kain

Untuk mencucinya sendiri, setidaknya ada beberapa cara yang direkomendasikan. Setelah melepaskan masker dari wajah, jika memang tidak bisa langsung mencucinya, pastikan kamu masukan ke dalam plastik saja.

Lalu, untuk mencuci masker – pastikan kamu menggunakan sabun cuci untuk membersihkannya. Gosok perlahan namun berkali-kali agar memastikan masker tersebut bersih dari kotoran yang bisa jadi menempel selama kamu beraktivitas.

Terakhir, setelah mencuci masker, pastikan kamu juga membersihkan kedua tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Untuk memastikan tangan kamu bersih – kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer setelah tangan basah kamu itu kering.

 

Bahan Kain yang Direkomendasikan

Nah buat bahannya sendiri – ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Seperti bahan katun yang bisa kamu modifikasi sendiri menjadi tiga lapisan agar masker tersebut bisa melindungi kamu. Bahkan kamu bisa menjahitnya dengan busa tambahan yang tipis agar semakin kuat.

 

 

Lalu, pastikan masker kamu tidak longgar begitu saja ya. Apa artinya kamu mengenakan masker tapi longgar dan malah tidak menutupi wajah kamu. Tapi jika memang terlalu sempit, kamu juga jangan berlama-lama mengenakannya ya!

 

Feature Image – detik.com