protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat beraktivitas, rutin mencuci tangan, jaga jarak, serta menjalani pola hidup sehat agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga.

Langkah- langkah ini tentu saja dilakukan untuk menghindari terinfeksi Covid-19.

 

Credit: businessinsurance.com

Meskipun ada berbagai aturan dan pembatasan, kamu harus tetap waspada dan melakukan langkah keselamatan kerja selama pandemi. Karena, besarnya populasi dan mobilitas pekerja cukup memiliki kontribusi besar dalam penularan Covid-19. Dan dunia kerja tidak mungkin dapat melakukan pembatasan terus menerus.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja masyarakat, Kemerentrian Kesehatan RI menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Lalu, jika kamu harus bekerja kembali di kantor setelah PSBB berakhir dan new normal berlangsung, kamu dapat mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan untuk keamanan dan keselamatan kerja. Apa saja protokol tersebut?

  1. Lakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermogun. Dan sebelum masuk kerja, terapkan Self Assessment Risiko Covid-19.
  2. Atur waktu bekerja karyawan agar tidak terlalu panjang, apalagi lembur. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya waktu beristirahat yang bisa mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh.
  3. Bagi pekerja shift, bagi shift dan tiadakan shift 3 dimana waktu kerja dimulai pada malam hingga pagi hari. Bagi pekerja shift 3 usahakan yang bekerja adalah karyawan berusia di bawah 50 tahun.
  4. Wajib menggunakan masker sejak  berangkat dari dank e rumah selama bekerja di kantor.
  5. Atur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja. Perbanyak konsumsi buah- buahan, terutama yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, mangga, dan lain sebagainya untuk menjaga daya tahan tubuh.
  6. Pastikan kantormu memiliki fasilitas kesehatan dan tempat kerja yang aman serta sehat.

Selain menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih seperti berikut ini:

Credit: go.shaklee.com
  1. Cuci tangan rutin. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menyentuh benda yang ada di ruang publik. Jika tidak ada wastafel atau toilet, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.
  2. Terapkan physical distancing. Pastikan kamu tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain, kecuali memang diperlukan. Jangan lupa, untuk selalu menghindari kerumunan di tempat ramai.
  3. Gunakan masker ketika pergi keluar rumah. Gunakan masker kain ketika pergi ke tempat publik. Masker dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mengandung Covid-19.
  4. Bersihkan permukaan benda dengan disinfektan. Untuk benda atau barang yang sering kamu sentuh dan bawa keluar rumah, bisa dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. Misal, bersihkan handphone, dompet, atau kantong belanjaan yang sering kamu gunakan.
  5. Perbanyak asupan makanan bergizi. Dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti ikut meningkat. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks.
  6. Cukupi kebutuhan air putih. Minum paling tidak 8 gelas sehari dapat membantu tubuh jadi tak mudah dehidrasi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
  7. Istirahat cukup. Tidur dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya.
  8. Olahraga rutin. Memasuki new normal, sebaiknya tetap biasakan berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian.
  9. Bantu dengan multivitamin. Bantu tubuhmu memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Kamu dapat konsumsi multivitamin Enervon-C, yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuh serta dapat mengoptimalkan proses metabolisme sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi bagi tubuh. Konsumsi Enervon-C dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

 

Featured Image - atriumhealth.org