Vitamin B6 Baik Untuk Tubuh, Ini Manfaat dan Sumber Terbaiknya

Vitamin B6 Baik Untuk Tubuh, Ini Manfaat dan Sumber Terbaiknya

Salah satu zat yang ada di dalam Vitamin B Kompleks adalah Vitamin B6. Vitamin B6 ini ternyata punya nama lain, lho. Panggilannya adalah piridoksin. Piridoksin atau Vitamin B6 ini juga mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

Perlu kamu ketahui juga pentingnya Vitamin B6 untuk tubuh adalah untuk bisa membantu penyerapan Vitamin B12 yang dilakukan oleh tubuh. Jika tidak terserap dengan baik, maka bisa jadi ada organ tubuh yang tidak bisa bekerja dengan optimal.

 

 

Penting sekali ya ternyata Vitamin B6 untuk tubuh kita. Nah, biar semakin komprehensif pemahaman kamu soal Vitamin B6 ini, sila simak bahasan kali ini sampai habis karena ada manfaat lainnya dari piridoksin ini dan juga dari mana saja kamu bisa mendapatkan Vitamin B6 ini.

 

4 Manfaat Dari Vitamin B6

Vitamin B6 Baik Untuk Tubuh, Ini Manfaat dan Sumber Terbaiknya

credit image: hellosehat.com

Pertama, Vitamin B6 bisa menambah energi untuk tubuh kamu. Buat kamu yang punya aktivitas padat atau suka bergerak aktif seperti rutin berolahraga, kamu tidak bisa melewatkan begitu saja asupan Vitamin B6 tiap harinya.

Hal ini terkait dengan fungsi dari Vitamin B6 yang bisa bantu pecahkan protein serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh bekerja lebih cepat – maka tubuh kamu pun akan mendapatkan energi lebih cepat juga.

Selain itu, mengonsumsi Vitamin B6 juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begini, organ-organ tubuh kamu tidak akan kekurangan oksigen saat sedang digunakan.

 

 

Manfaat kedua dari Vitamin B6 adalah membantu menguatkan fungsi otak dan daya ingat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center – Vitamin B6 diperlukan untuk membuat neurotransmitter yang membawa sinyal dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya.

Neurotransmitter sendiri dibutuhkan juga oleh tubuh untuk memproses daya ingat dan meningkatkan fungsi kerja otak. Hal ini terkait dengan sebuah penelitian lain yang menyatakan kekurangan Vitamin B6 mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Lalu ketiga, mengonsumsi rutin Vitamin B6 bisa mengurangi bahkan mencegah resiko penyakit jantung. Hal ini terkait dengan fungsi dari Vitamin B6 yang juga bisa membantu menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh.

Homosistein sendiri adalah sejenis asam amino yang diproduksi di dalam darah, jika kadarnya meninggi, ini beresiko untuk menumpuk di pembuluh darah dan merusak arteri. Jika kekurangan Vitamin B6, homosistein ini bisa meningkat dan menyumbat pembuluh darah.

Manfaat keempat dari Vitamin B6 lainnya adalah mengatasi depresi. Buat kamu yang mempunyai tekanan dalam pekerjaan atau lainnya, disarankan mengonsumsi makanan dan minuman atau multivitamin yang mengandung Vitamin B Kompleks dan Vitamin B6.

Hal ini terkait dengan asupan Vitamin B6 yang bisa membuat otak menghasilkan serotonin, sebuah neurotransmitter yang bisa meningkatkan suasana hati dan pikiran positif. Jelas ini akan bermanfaat buat kamu yang ingin mencegah depresi atau mengobati depresi tersebut.

 

Di mana Saja Sumber Vitamin B6?

Vitamin B6 Baik Untuk Tubuh, Ini Manfaat dan Sumber Terbaiknya

credit image: livescience.com

Sudah tahu manfaat dan fungsi dari Vitamin B6 yang sudah dielaskan di atas – jelas kamu mesti mengonsumsinya agar mendapatkan manfaat-manfaatnya. Lalu, di mana saja ya kamu bisa menemukan Vitamin B6?

Berdasarkan situs hellosehat.com – kamu bisa mendapatkan Vitamin B6 dengan mengonsumsi ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, buah-buahan non sitrus. Menurut National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements kamu bisa mendapatkan Vitamin B6 dari alpukat, papaya, pisang dan beberapa sayuran hijau.

Nah jika kamu adalah seseorang yang sibuk, kamu bisa mendapatkan Vitamin B6 dengan mudah dan manfaat yang sama hanya dengan mengonsumsi multivitamin yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu biar tidak gampang sakit seperti Enervon-C.

 

 

Enervon-C mempunyai kandungan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk kegiatan rutinitas harian. Dengan mengonsumsi Enervon-C, kamu juga bisa mendapatkan manfaat Vitamin B6 seperti yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas nih.

Wah bagaimana? Sudah cukup jelas soal Vitamin B6? Berdasarkan manfaatnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin yang satu ini ya!

 

Feature Image – myimyi.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!