Pertanyaan “kapan ya pandemi ini berakhir?” atau “kapan sih bisa kembali beraktivitas seperti biasa tanpa harus khawatir ketika keluar rumah?” mungkin sering terlintas di pikiranmu. Terkadang, hal tersebut dilakukan agar kamu dapat menjaga dirimu tetap bahagia di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Kebahagiaan merupakan obat untuk penyakit, termasuk Covid-19 lho. Tetapi dengan adanyadaya tahan tubuh menurun, sehingga virus pun bisa lebih mudah menyerang tubuhmu.

Kamu pasti tidak ingin hal ini terjadi kan? Nah, agar kamu tetap bahagia di tengah pandemi, berikut ini 7 tips yang bisa kamu terapkan.

 

Credit: childrensmn.org

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat dan bergizi merupakan sumber energi bagi tubuh. Walaupun saat ini kamu hanya di rumah saja, tapi bukan berarti kamu boleh makan sembarangan lho. Justru, makanan sehat dapat membuat tubuh berada dalam kondisi baik, sehingga mental tetap terjaga dan kamu merasa bahagia.

Tingkatkan Mood Dengan Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan mood kamu, serta menjaga daya tahan tubuh lho. Terlalu lama duduk seharian karena work from home bisa membuat kamu jadi gampang bad mood. Nah, untuk mengatasinya bisa dengan rutin berolahraga ya.

Kamu bisa melakukan olahraga di rumah, misalnya dengan mengikuti tutorial olahraga yang ada di YouTube. Atau kalau kamu ingin mencari udara segar, kamu dapat jalan kaki atau jogging di sekitar rumah. Tapi ingat, saat olahraga di luar rumah, pastikan kamu tetap menjauhi keramaian, tidak memegang benda- benda apapun, dan setelah olahraga langsung pulang ke rumah serta bersihkan diri ya!

Lakukan Hobi

Di tengah kesibukan bekerja di rumah, kamu dapat memanfaatkan waktumu dengan melakukan hobi. Melakukan sesuatu yang kamu sukai dengan sepenuh hati pasti dapat membuatmu tetap bahagia. Selain itu, siapa tahu hobi kamu ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan untuk menambahkan penghasilanmu.

Credit: iroy.in

Akses Berita Secukupnya

Memang, update berita soal Covid-19 penting dilakukan, agar kamu tahu apa yang sedang terjadi di luar sana. Tapi, sebaiknya tetap batasi ya. Akses berita seperlunya dan batasi pula sumbernya.

Di kondisi seperti ini banyak sekali berita negatif yang beredar, padahal berita- berita tersebut belum tentu benar alias hoaks. Nah, hal- hal seperti ini nih yang dapat mempengaruhi kondisi mental dan akhirnya menghalangi kamu untuk merasa bahagia.

Hubungi Keluarga, Teman, atau Orang Terdekat

Untuk kamu yang tinggal sendirian dan sering merasa sepi, coba deh hubungi keluarga, saudara, atau teman- teman kamu melalui video call. Berinteraksi dengan orang- orang terkasih dapat membuatmu merasa lebih positif dan tetap bahagia. Apalagi, melihat mereka dalam keadaan yang baik, pasti kamu jadi lebih semangat.

Jangan Jadikan Belanja Sebagai Pelampiasan

Kalau kamu sering melampiaskan rasa cemas, khawatir, atau sedihmu pada kegiatan belanja. Coba deh hindari kebiasaan ini.

Profesor Laurie Santos, seorang pengajar di Universitas Yale, pernah mengatakan bahwa seringkali kita berpikir bahwa kebiasaan bisa “dibeli” dengan benda. Misalnya, saat kita dalam kondisi yang kurang baik, kita merasa bahwa membeli suatu barang bisa membuat bahagia. Namun, ketika barang yang dibeli tersebut tidak dapat membawa kebahagiaan, maka kita cenderung membeli barang- barang lainnya.

Ini lah yang sering disebut impulsive buying!

Jadi, coba pertimbangkan kembali ya ketika akan membeli suatu barang. Apakah kamu memang butuh atau hanya sekedar ingin “membahagiakan diri” saja. Kamu bisa kok mencari kesenangan dari hal lainnya, lagi pula kamu perlu lebih berhemat di kondisi seperti ini!

Bersyukur

Hal yang tak boleh terlewat agar kamu merasa bahagia adalah bersyukur. Ada banyak hal yang bisa kamu syukuri, mulai dari masih dalam keadaan sehat, bisa menyantap makanan nikmat, masih bisa tidur nyenyak, hingga bersyukur karena kamu masih bisa berada di dalam rumah bersama keluarga.

Mulai sekarang, usahakan untuk bersyukur sesering mungkin ya. Karena rasa syukur merupakan pangkal dari semua perasaan bahagia yang selama ini mungkin tersembunyi.

 

 

Featured Image - dfwchild.com

Source - qmfinancial.com