Sejak awal tahun 2020, virus corona menimbulkan kecemasan di hampir seluruh negara dunia. Faktanya, membaca berita seperti ini memang dapat menimbulkan rasa stres tersendiri. Ketika kamu membaca berita yang sangat mengkhawatirkan, beberapa orang bisa mengalami peningkatan rasa cemas yang sulit diatasi.

Sejumlah psikolog dan terapis bahkan telah menggambarkan kecemasan yang muncul akibat berita virus corona ini sebagai fenomena. Psikolog Stevem Stosny, pernah menggambarkan kliennya yang merasa tidak berdaya karena paparan berita yang memicu kekhawatiran.  Banyak yang secara pribadi merasa tidak dihargai, ditolak, tidak terlihat, tidak didengar, dan tidak merasa aman.

Sebuah survey yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA) menemukan tingkat stres rata- rata orang Amerika pada kurun waktu Agustus 2016- Januari 2017 meningkat dari 4,8 menjadi 5,1. Sebagian dari responden mengaku merasa jauh lebih cemas tentang topik tertentu yang hadir dalam sejumlah media.

Bahkan, meskipun menimbulkan stres tapi masih banyak orang yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai hal yang diberitakan tersebut. Jika kamu mengalami rasa cemas karena berita virus corona yang beredar, lakukan 3 hal ini untuk mengatasinya.

1. Beristirahat dari berita

Credit: sabigaju.com

Beristirahat dari berita untuk sementara waktu menjadi cara terbaik yang dapat kamu lakukan. Bagi sebagain orang, kondisi ini mungkin dapat menghalangi produktivitas sehari- hari.

Coba alihkan aktivitas membaca berita menjadi kegiatan lain. Cara ini tidak hanya mengalihkan pikiranmu, tapi juga membantu mengatur emosi dan membuat pikiranmu menjadi lebih positif. Atau, kamu bisa membaca buku, berolahraga, mendengarkan music, melakukan meditasi, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

2. Fokus pada kegiatan positif yang bisa kamu lakukan

Credit: grossmontpostacute.com

Alih- alih meninggalkan berita begitu saja, kamu bisa fokus untuk menyelesaikan masalah yang menimbulkan rasa cemas. Setiap orang dapat melakukan sesuatu dengan berkontribusi pada perubahan positif dalam komunitas, keluarga, atau diri sendiri.

Misalnya, saat kamu merasa cemas membaca berita tentang virus corona, kamu bisa memulai hidup sehat dan bersih, seperti:

  • Pertama, yang paling penting adalah menjaga sistem imun tubuh, dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit.
  • Ketika sistem imun tubuhmu tinggi, maka tubuh pun akan terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit.
  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan kuku dan jari bersih.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak bersih.
  • Tutup mulut dan hidung ketika bersin dengan menggunakan tisu atau masker, setelah itu buang tisu atau masker dan cuci tangan. Jika tidak ada tisu, gunakan lengan untuk menutupi hidung dan mulut ketika bersin. Hindari menutup hidung dan mulut dengan menggunakan telapak tangan.
  • Bersihkan benda- benda yang ada di sekitarmu.
  • Terapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan air, dan olahraga rutin.

3. Cari berita yang positif

Credit: jojacreative.com

Saat banyak berita buruk di media, kamu perlu mencari dan menemukan berita positif. Hal ini dapat membantu mengatasi kecemasan kamu.

Para peneliti berpendapat bahwa masyarakat membutuhkan jurnalisme yang lebih konstruktif. Istilah ini digambarkan sebagai sebuah laporan yang berfokus pada solusi untuk masalah yang sedang berlangsung atau menyajikan berita dari sisi lain. Jadi, dapat mengimbangi penggambaran yang buruk oleh banyak media.

 

 

Featured Image - medicalnewstoday.com