Selama pandemi Covid-19,benda atau permukaan tertentu yang ada di ruang publik.

Selain menerapkan beberapa hal di atas, sebagian orang juga ada yang menggunakan sarung tangan, termasuk saat pergi ke supermarket atau apotek. Ini untuk menghindari tangan kita menyentuh secara langsung benda yang ada.

Apakah Menggunakan Sarung Tangan Langkah yang Tepat Untuk Mencegah Penularan Covid-19?

Credit: leehealth.org

Jawabannya adalah tidak. Dilansir dari Times of India, menggunakan masker, hand sanitizer merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penularan virus dan efektif menjaga kebersihan diri.

Namun, sarung tangan merupakan tindakan yang kurang tepat untuk mengurangi risiko penularan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga tidak menganjurkan penggunaan sarung tangan. Kecuali di situasi tertentu seperti akan mencuci pakaian kotor dari seseorang yang sudah terpapar virus. Pada situasi tertentu tersebut, sarung tangan pun hanya efektif jika dilepas secara tepat dan setelah itu penggunanya mencuci tangan.

Ketika berbelanja di supermarket, penggunaan sarung tangan kurang efektif. Ketika kamu menggunakan sarung tangan dan menyentuh permukaan yang sudah terpapar virus, maka virus tersebut akan berpindah ke sarung tangan yang kamu gunakan.

Selain itu, menggunakan sarung tangan juga memberikan rasa aman yang palsu, sehingga membuat orang yang menggunakannya merasa tak masalah jika terus menyentuh apapun, termasuk bagian wajah. Hal in tentu dapat membuatmu jadi ikut terpapar virus.

Jika sarung tangan tidak dilepaskan dengan hati- hati, kuman pada sarung tangan dapat berpindah ke tangan dan bagian lain tubuh. Jadi, setelah dilepas, sarung tangan harus langsung dibuang, dan segera cuci tangan.

Intinya, orang yang menggunakan dan tidak menggunakan sarung tangan memiliki risiko terinfeksi yang sama.

Langkah Tepat Untuk Cegah Penularan Covid-19

Credit: dailymail.co.uk

Berikut ini beberapa tindakan pencegahan yang dapat kamu lakukan:

 

Featured Image - nypost.com

Source - kompas.com