Setelah sempat dihentikan operasionalnya karena kebijakan risiko penularan Covid-19, termasuk ketika menggunakan ojek online.

 

Credit: review.bukalapak.com

Lalu, bagaimana jika kita sudah mulai beraktivitas kembali dan akan menggunakan jasa ojek online? Berikut ini 5 tips aman yang sebaiknya kamu terapkan sebelum berpergian menggunakan ojek online ya.

1. Sebaiknya Bawa dan Gunakan Helm Pribadi

Ketika akan menggunakan ojek online selama pandemi, usahakan untuk membawa dan menggunakan helm pribadi ya. Langkah ini dilakukan agar kebersihan dan proteksi diri dapat lebih terjaga.

Jangan lupa, setelah digunakan, semprot bagian luar dan dalam helm dengan disinfektan, tunggu 5 menit, lalu lap dengan tisu kering yang bersih. Dan usahakan untuk rutin mencuci helm, paling tidak 1-2 minggu sekali.

2. Gunakan Masker

Selain menggunakan helm sendiri, sebaiknya gunakan masker dengan benar ya. Dan pastikan bagian hidung dan mulut terlindungi. Karena saat berkendara, tak sedikit orang yang membuka maskernya sedikit, sehingga bagian hidungnya tidak terlindungi. Hal ini penting lho untuk melindungi kamu dari paparan droplets orang sekitarmu yang bisa saja mengandung virus.

3. Gunakan Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan yang sebaiknya digunakan saat menggunakan jasa ojek online selama pandemi. Sarung tangan berfungsi untuk melindungimu bersentuhan langsung dengan benda dan orang lain.

Selain sarung tangan, kamu juga bisa menggunakan pakaian lengan panjang, agar virus tak langsung menempel pada tubuhmu.

Credit: bola.net

4. Cuci Tangan Setelah Sampai Tujuan

Setelah kamu sudah sampai tujuan, langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer. Jika, kamu bawa baju ganti, maka segera ganti pakaian yang sebelumnya kamu gunakan dengan baju yang bersih.

5. Bersihkan Diri

Setelah beraktivitas dan pulang menggunakan ojek online atau transportasi umum, sesampainya di rumah segera cuci tangan, mandi, dan bersihkan diri. Lalu, taruh pakaian yang kamu gunakan tadi keranjang cucian dan hindari menaruhnya di sembarang tempat.

Nah itu dia tips aman untuk naik ojek online di tengah protokol kesehatan ya agar kamu tetap terhindar dari penularan virus corona.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com