Hadapi New Normal: Ini Cara Tepat Berolahraga Untuk Tingkatkan Imunitas

Hadapi New Normal: Ini Cara Tepat Berolahraga Untuk Tingkatkan Imunitas

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, sebagian besar orang jadi semakin gencar dalam menjaga kesehatan, agar sistem imun tubuh tetap kuat dan terhindar dari berbagai macam virus maupun penyakit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya olahraga.

Melakukan olahraga secara rutin dianggap dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tak mudah sakit. Aktivitas ini penting dilakukan oleh siapa saja untuk tetap aktif dan sehat. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, olahraga harus dilakukan dengan depat.

Olahraga untuk Imunitas Tubuh

Hadapi New Normal: Ini Cara Tepat Berolahraga Untuk Tingkatkan Imunitas

Credit: alodokter.com

Olahraga yang baik dan dapat meningkatkan sistem imun serta menjaga daya tahan tubuh adalah yang tidak dilakukan secara berlebih dengan intensitas tinggi atau overtraining. Olahraga intensitas tinggi justru dapat menurunkan sistem imun, sehingga nantinya jadi lebih mudah terserang penyakit. Jadi, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang dan dilakukan secara rutin.

Olahraga dengan intensitas sedang ditandai dengan ketika kamu masih dapat berbicara meskipun sedang terengah- engah. Sementara, olahraga intensitas tinggi biasanya membuatmu sulit atau tidak dapat berbicara saat melakukan aktivitas tersebut.

Jika tubuhmu sudah merasa lebih bugar, maka intensitas olahraga yang kamu lakukan sudah benar. Tetapi, jika tubuhmu malah terasa sakit, berarti olahraga yang kamu lakukan sudah terlalu berat dan sebaiknya segera kurangi intensitasnya.

Selain itu, olahraga yang efektif juga bisa diukur dengan menghitung denyut jantung saat berolahraga. Rumus menghitungnya, yaitu 220 dikurangi usia dalam tahun, lalu hasilnya dikalikan 80 persen.

Misalnya, jika seseorang dengan umur 20 tahun tidak dianjurkan untuk berolahraga intensitas berat yang dapat memicu denyut nadi melebihi 160 kali per menit, sebagai hasil dari perhitungan dengan rumus tersebut.

Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Hadapi New Normal: Ini Cara Tepat Berolahraga Untuk Tingkatkan Imunitas

Credit: liputan6.com

Ada berbagai olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan. Seperti:

1. Aerobik untuk meningkatkan kesehatan

Salah satu gerakan olahraga aerobik yaitu skipping yang dapat membantu melatih jantung dan paru agar lebih kuat dan sehat.

2. Aerobik untuk kebugaran

Lakukan gerakan aerobik seperti dips untuk melatih otot- otot lengan, crunch untuk melatih otot perut, dan push up untuk melatih otot- otot dada.

Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain rutin berolahraga, ada hal- hal lainnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga imunitas agar daya tahan tubuh tetap terjaga, yaitu:

  1. Terapkan pola hidup sehat. Seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta konsumsi makanan bernutrisi tinggi.
  2. Konsumsi makanan sehat. Untuk mendapatkan sistem imun yang baik, tentu harus dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, dan juga beta karoten dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  3. Kelola stres. Stres yang berlebihan dapat melemahkan sistem imun tubuh. Untuk itu, cobalah kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan berbagai aktivitas positif, atau melakukan meditasi yang dapat menenangkan pikiranmu.
  4. Istirahat yang cukup. Tubuh memerlukan istirahat untuk memulihkan tenaga serta meregenerasi sel- sel tubuh. Jika kamu kurang tidur, maka sistem imun tubuh dapat menurun. Jadi, pastikan kamu tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.
  5. Optimalkan dengan multivitamin. Agar semakin optimal, kamu bisa lho mengonsumsi multivitamin terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Namun, apakah mengonsumsi multivitamin setiap hari aman untuk tubuh?

Tenang, mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari aman kok dilakukan, karena vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan vitamin larut air, sehingga sisa zat yang tak dibutuhkan tubuh pasti akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, kamu tak perlu khawatir ya!

 

 

Featured Image - holamigo.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!