Perhatikan 5 Hal Menarik Ini Agar Sukses Menjalani Usaha Selama New Normal

Perhatikan 5 Hal Menarik Ini Agar Sukses Menjalani Usaha Selama New Normal

font size A Ǎ

Kondisi new normal karena pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini membuat semua orang mesti memutar otak agar bisa bertahan. Terlebih mereka para pebisnis atau pedagang, yang sebelumnya masih mengandalkan jual-beli secara fisik.

Mereka yang masih mengandalkan tempat-tempat seperti pasar, mal, dan lainnya mesti menggunakan strategi lain karena sampai sekarang ini, tempat-tempat di mana aktivitas jual-beli dilakukan secara fisik, kerap ditutup karena disinyalir menjadi titik rawan penyebaran virus corona.

 

 

Belum lagi mereka yang tetap bertahan dengan strategi lama, mesti mengikuti berbagai aturan terkait protokol kesehatan yang mesti ditaati dan diterapkan. Jika tidak, tentu hal ini akan cukup beresiko untuk dirinya dan orang lain terkait penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, untuk bertahan di fase new normal dan keadaan seperti ini – kamu, sebagai pebisnis – perlu mempunyai strategi yang lain. Terkait dengan hal tersebut, di bahasan kali ini – akan mengulas setidaknya ada 5 hal menarik yang bisa diperhatikan untuk perkembangan bisnis kamu.

Penasaran apa saja lima hal menarik yang mesti diperhatikan untuk meneruskan perkembangan bisnis kamu? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan di bawah ini sampai habis ya!

 

5 Hal Menarik yang Perlu Diperhatikan

Untuk Perkembangan Bisnis Kamu

Perhatikan 5 Hal Menarik Ini Agar Sukses Menjalani Usaha Selama New Normal

credit image: liputan6.com

 

Optimasi Website dan Media Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat-tempat seperti pasar, mal dan lainnya kerap ditutup karena dinilai menjadi titik rawan penyebaran virus corona. Padahal tempat-tempat seperti itu adalah tempat terjadinya jual-beli secara fisik yang masih diandalkan beberapa kalangan pebisnis.

Oleh karena itu, di zaman yang perkembangan teknologinya sekarang sudah maju, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar bisnis kamu bisa jalan terus. Alat pemasaran digital seperti website dan berbagai platform media sosial bisa kamu gunakan dan optimasi.

Dengan menggunakan berbagai peralatan digital, berjualan tidak lagi secara fisik – tapi secara visual. Barang atau produk yang dibeli oleh konsumen secara digital atau virtual, bisa dikirim melalui jasa pengiriman barang sehingga semua senang.

Belum lagi optimasi yang bisa dilakukan di website atau media sosial agar penjualan kamu bisa terus meningkat. Bisa menggunakan peralatan digital adalah kemampuan yang mesti kamu miliki di era sekarang ini. Jadi, jangan ragu untuk memulai ya!

 

Main di Dunia Digital, Perhatikan Keamanan Siber

Jangan terlalu asyik sendiri di dunia digital dan mengabaikan keamanannya. Dunia digital adalah dunia yang penuh dengan celah sehingga kejahatan siber bisa saja terjadi pada kamu. Oleh karena itu, berinvestasilah pada teknologi yang aman, terukur dan dapat diakses dari jauh.

Beberapa hal yang berpotensi mengganggu keamanan siber kamu biasanya berasal dari karyawan yang menggunakan infrastruktur tanpa jaminan dan alat pihak ketiga. Dua hal tersebut adalah penyebab utama potensi pelanggaran.

 

Networking: Pertemuan Virtual

Bergerak di dunia industri dan bisnis tidak mungkin untuk tidak melakukan networking. Ketika pandemi ini belum terjadi, mungkin networking bisa dilakukan secara fisik. Bertemu saat main golf, makan malam bersama dan aktivitas lainnya yang bisa membuahkan projek dengan pundi-pundi keuntungan yang luar biasa.

Tapi di fase new normal dan pandemi yang berkepanjangan ini, kamu mesti menyesuaikan cara networking yang sebelumnya. Kamu bisa mengoptimalkan peralatan digital untuk melakukan pertemuan virtual. Dengan pertemuan virtual, networking kamu bisa tetap berjalan walau berjarak jauh.

 

Semua Kendali Kamu Ketahui

Secara mendasar, bisnis tentunya berkaitan dengan keluar masuknya dana untuk mengembangkan bisnis tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa untuk mengetahui segala kendali yang ada agar bisnis kamu bisa jalan terus.

 

Bisa Bekerja Dari Jarak Jauh

Terkait dengan hal yang keempat di atas – kamu dan pegawai atau karyawan kamu, harusnya bisa bekerja dari jarak jauh dengan dibantu berbagai peralatan digital yang ada. Hal ini bisa menjadi cara bertahan yang baik agar bisnis kamu terus berkembang walau berada di fase new normal atau pandemi yang berkepanjangan ini.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima hal menarik di atas – jangan lupa kamu terapkan agar perkembangan bisnis kamu terus berjalan dengan baik ya!

 

Feature Image – suara.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!