Saat ini, masyarakat Indonesia termasuk DKI Jakarta sedang menjalani protokol kesehatan, serta lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri.

Tak hanya itu, hidup new normal juga memberikan berbagai perubahan, salah satunya perubahan dalam cara berdandan dan berpenampilan. Kalau biasanya kamu menerapkan full face make up agar tampil segar dan menarik, untuk saat ini justru sebaiknya kamu mengaplikasikan make up yang ringan dan simple saja.

Dikutip dari popmama.com, berikut ini 7 Tips make up di era new normal agar tetap terlihat fresh.

1. Gunakan Pelembap

Credit: spy.com

Menggunakan masker saat beraktivitas seharian dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Untuk itu, selalu aplikasikan pelembap yang sesuai jenis kulitmu.

Buat kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, pastikan kamu menggunakan pelembap dengan kandungan oil-free dan mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang dapat mempertahankan kelembapan kulit, tanpa memberi tambahan minyak. Dan untuk jenis kulit kering, gunakan pelembap dengan teksur krim ya agar kulit wajah tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Pilih Foundation Berbahan Ringan

Credit: popmama.com

Agar tak mudah luntur atau menyumbat pori- pori, sebaiknya kurangi penggunaan produk make up saat menggunakan masker.

Jika kamu ingin menggunakan foundation, pilih yang memiliki kandungan ringan atau BB cream dengan kandungan SPF dan tahan lama. Selain itu, pilih foundation yang bersifat non-comedogenic ya. Lalu, kamu bisa menambahkan concealer untuk menyamarkan noda pigmentasi atau kantung mata.

3. Aplikasikan Primer dan Setting Powder

Credit: barnstaple-history.co.uk

Supaya make up kamu tahan lama, gunakan matte primer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan riasan selanjutnya. Selain itu, kamu bisa mengunakan setting powder untuk menahan minyak pada wajah, sehingga riasan lebih awet.

4. Gunakan Eye Shadow dan Highlighter Mata

Credit: styleandexpect.wordpress.com

Ketika menggunakan masker, sebaiknya pusatkan riasanmu pada bagian mata agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa gunakan eye shadow shimmer atau eye gloss. Lalu, aplikasikan eye shadow pada garis bulu mata bawah untuk efek mata yang lebih besar. Dan aplikasikan highlighter pada inner corner agar mata terlihat lebih cerah dan segar.

5. Gambar Alis

Credit: cosmo.ph

Menggambar alis adalah salah satu step dandan yang tak boleh terlewat! Agar lebih natural, gambar alismu dengan menggunakan teknik feathery brows. Cara membuat feathery brows sangat mudah lho. Kamu hanya perlu menyisir alis dengan spoolie dan gunakan mascara alis untuk mengisi bagian yang kosong.

6. Aplikasikan Maskara

Credit: goodhousekeeping.com

Ingin tampilan make up matamu semakin menarik? Jepit bulu mata dan gunakan maskara! Dengan begitu, bulu matamu jadi lebih tebal dan membuat mata terlihat lebih besar. Untuk tampilan ekstra, kamu bisa lho menambahkan garis tipis pada kelopak mata dengan eyeliner yang semakin mempercantik riasanmu.

5. Gunakan Lipbalm dan Liptint

Credit: theallthatglittersblog.com

Meskipun lebih sering tertutup masker, tapi riasan bibir jangan sampai dilupakan ya. Sebelum mengaplikasikan liptint, oleskan lipbalm terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan bibir dan mencegah iritasi saat memakai masker.

Pilih lipbalm dengan kandungan shea butter, humektan, dan bahan alami lainnya agar kelembapan bibir tetap terjaga.

Nah, itu dia ketujuh tips make up mudah dan ringan untuk beraktivitas selama new normal. Dan ingat, tetap jaga kesehatan serta kebersihan dirimu ya saat berpergian keluar rumah, agar kamu terhindar dari penularan Covid-19!

 

Featured Image - 247newsaroundtheworld.com

Source - popmama.com