Wajib Digunakan Selama Pandemi, Begini Cara Menggunakan dan Melepas Masker Kain yang Baik

Wajib Digunakan Selama Pandemi, Begini Cara Menggunakan dan Melepas Masker Kain yang Baik

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk selalu menggunakan masker setiap kali berpergian keluar rumah.  Ini karena Covid-19 dapat menular melalui droplets yang dikeluarkan oleh seseorang penderita Covid-19, lalu mengenai area wajah kita.

Apalagi, sekarang kita sedang menjalani fase new normal, dimana kita kembali beraktivitas di luar rumah dan tetap menjalani protokol kesehatan. Jadi, penting sekali untuk selalu menggunakan masker saat berada di tempat publik.

Ada berbagai jenis masker yang bisa digunakan, seperti masker medis, masker respirator N95, dan juga masker kain. Untuk beraktivitas sehari- hari, kita dapat menggunakan masker kain yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali.

Agar perlindungan semakin optimal, ada langkah- langkah tertentu lho untuk menggunakan dan melepas masker kain. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menggunakan dan Melepas Masker Kain

Wajib Digunakan Selama Pandemi, Begini Cara Menggunakan dan Melepas Masker Kain yang Baik

Credit: businessinsider.com
  1. Langkah pertama, pastikan masker yang kamu pilih sudah sesuai dengan ukuran wajahmu dan dapat menutup area mulut, hidung, dan dagu. Serta pilih masker kain yang berlapis tiga.
  2. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan terlebih dahulu.
  3. Ambil masker dengan cara memegang kaitnya. Cek kondisi masker terlebih dahulu. Apakah masker dalam kondisi baik, tidak ada kerusakan maupun kotor.
  4. Pakai masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali di belakang kepala dengan erat. Lalu, sesuaikan masker dengan wajah agar terasa pas saat digunakan.
  5. Saat menggunakan masker kain, hindari menyentuhnya. Jika kamu ingin memperbaiki posisi masker, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
  6. Setelah digunakan selama 4 jam, masker kain harus di ganti.
  7. Sebelum melepas masker, cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian, lepas masker kain dengan cara membuka tali pengikat dan tarik masker menjauhi wajah.
  8. Cuci tangan kembali setelah kamu melepas masker.

Selain memperhatikan cara menggunakan dan melepas masker kain, ada hal- hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan ya, seperti:

Wajib Digunakan Selama Pandemi, Begini Cara Menggunakan dan Melepas Masker Kain yang Baik

Credit: lansingstatejournal.com
  1. Hindari memakai masker di bawah hidung.
  2. Usahakan untuk tidak melepas masker kain ketika berada di ruang publik. Terutama jika jarak orang yang ada di sekitarmu tidak sampai 1 meter.
  3. Tidak berbagi pemakaian masker kain dengan orang lain.
  4. Simpan masker dalam wadah atau plastik bersih dan tutup dengan rapat. Tujuannya agar masker tidak kotor untuk pemakaian selanjutnya.
  5. Selalu cuci masker dengan sabun atau detergen dan gunakan air panas. Cuci masker sehari sekali.

Itu dia cara menggunakan dan melepas masker kain yang benar agar kamu tetap terhindar dari Covid-19.  Jangan lupa untuk selalu gunakan masker kain saat berpergian ke luar rumah ya.

Kamu bisa juga dapetin masker kain hasil kolaborasi Enervon-C dengan Masker Untuk Indonesia. Dengan membeli 1 masker berarti kamu sudah menyumbang 3 masker untuk masyarakat yang membutuhkan lho! Masker tersebut bisa langsung kamu dapatkan di official website, Tokopedia, dan Blibli.com.

 

Featured Image - webmd.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!