Setelah hampir 3 bulan lamanya kita melakukan sebagian besar aktivitas di dalam rumah saja karena pandemi Covid-19, sekarang kita sedang menjalani PSBB transisi dan fase new normal, di mana aktivitas seperti bekerja di kantor sudah bisa kembali dilakukan.

Ketika bekerja di kantor selama pandemi, penting untuk tetap menjalani protokol kesehatan dan kebersihan selama bekerja. Selain itu, kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat, salah satunya membawa bekal makanan atau camilan sehat dari rumah.

Tidak hanya dapat mengisi perut saja, tapi camilan sehat juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuhmu selama bekerja. Apa saja camilan sehat tersebut?

Omelet

Credit: quicklydelicious.com

Menu yang satu ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat atau bisa untuk sarapan. Tidak hanya kaya akan protein, tapi telur juga tinggi akan kandungan berbagai vitaminnya.

Menurut Food Data Central USDA, telur hampir menyumbang semua kebutuhan nutrisi harianmu, mulai dari protein, omega-3, zat besi, kalsium, kolin, vitamin A, vitamin B6 dan juga B12!

Yogurt

Credit: seriouseats.com

Camilan sehat berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah yogurt. Kamu dapat memilih greek yogurt untuk kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Menurut beberapa penelitian, satu cangkir greek yogurt atau setara 170 gram, mengandung 17 gram protein dan 140 kalori. Selain itu, ada pula kandungan kalsium dan mineral yang baik untuk tulang serta gigi.

Agar semakin sehat dan penuh vitamin, tambahkan potongan buah stroberi, kiwi, anggur, buah naga, atau blueberry yang juga baik untuk imunitas tubuh.

Kuaci

Credit: suara.com

Untuk kamu yang lebih suka dengan camilan simple dan sehat, coba konsumsi kuaci dari biji bunga matahari. Menurut Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agentstahun 2013, kandungan vitamin E dalam kuaci dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh.

Dengan begitu, sistem imunitas tubuh dapat tetap dalam kondisi prima.

Keripik Ubi

Credit: suarasurabaya.net

Berdasarkan studi dari US National Library of Medicine National Institute of Health, kekurangan vitamin A dapat meningkatkan peradangan usus hingga menurunkan daya tahan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, ubi bisa dijadikan sebagai salah satu sumbernya. Agar semakin nikmat, olah ubi menjadi keripik yang renyah.

Dark Chocolate

Credit: usatoday.com

Camilan sehat yang satu ini mengandung antioksidan jenis theobromine yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, berarti tubuh juga dapat terlindungi dari kerusakan sel karena radikal bebas.

Almond

Credit: indozone.id

Almond dalam bentuk kacang maupun susu merupakan camilan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam penelitian dalam Journal Science of Food and Agriculture tahun 2006. Bahkan, almond juga dapat menjaga kesehatan jantung!

Untuk menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya konsumsi 46 butir almond kupas untuk memenuhi jumlah asupan vitamin E harian yang memang memiliki peran dalam menjaga kekebalan tubuh.

Popcorn

Credit: newyorker.com

Hampir semua orang pasti suka camilan yang satu ini, mulai dari varian asin hingga yang manis! Dikutip dari healthline, selain nikmat popcorn juga tinggi akan serat sehingga mampu mengurangi risiko tubuhmu terserang berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan seratnya juga dapat bantu menjaga kesehatan pencernaan. Nah, pencernaan yang sehat juga ikut menguatkan daya tahan tubuh lho.

Bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya camilan sehat apa saja yang bisa kamu konsumsi untuk bantu jaga daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya, terutama di tengah pandemi. Karena kesehatan tubuh yang baik merupakan alat perlindungan utama tubuh kita. 

 

Featured Image - boardandlife.com

Source - kumparan.com