Jaga Sistem Imun, Berikut Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Anak dan Cara Memenuhinya

Jaga Sistem Imun, Berikut Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Anak dan Cara Memenuhinya

Asupan vitamin penting untuk dipenuhi setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama sistem imunitas yang sangat dibutuhkan selama pandemi Covid-19 ini. Jika sistem imun sudah baik, maka daya tahan tubuhmu tetap dalam kondisi prima, sehingga tak mudah terserang berbagai penyakit.

Tidak hanya orang dewasa saja yang wajib memenuhi kebutuhan vitamin, tapi anak- anak juga perlu. Salah satu asupan vitamin yang penting dipenuhi si kecil adalah vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Jadi, vitamin ini sangat dianjurkan untuk dipenuhi kebutuhannya setiap hari. Lalu, apa saja manfaat vitamin B kompleks bagi anak-anak? Dan bagaimana cara memenuhi kebutuhannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Si Kecil

Jaga Sistem Imun, Berikut Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Anak dan Cara Memenuhinya

Credit: regaloservicenotes.com

Membantu Menghasilkan Energi

Vitamin B kompleks yang berperan untuk menghasilkan energi adalah vitamin B1 (thiamin). Selain itu, vitamin B1 juga dapat membantu melindungi saraf si kecil dari segala kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi.

Jika si kecil kekurangan jenis vitamin ini maka dapat berpengaruh pada fungsi motoriknya, terutama bagi anak pra-sekolah.

Meningkatkan Sistem Imun Anak

Vitamin B2 atau dikenal sebagai riboflavin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang juga memiliki banyak manfaat baik untuk si kecil. Vitamin B2 berperan untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk sistem imun, menjaga kesehatan mata, lapisan usus, dan juga sel- sel darah merah.

Selain itu, vitamin B2 juga memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan dan kesehatan anak secara menyeluruh.

Memaksimalkan Pertumbuhan Balita

Vitamin B6 memiliki peran penting untuk memaksimalkan pertumbuhan balita dengan membentuk hemoglobin dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh secara optimal. Hal ini tentu dibutuhkan untuk membantu organ tubuh si kecil dapat bekerja dengan baik.

Menjaga Sistem Saraf

Vitamin B12 memiliki peran untuk membantu mengubah makanan yang dikonsumsi anak menjadi energi, serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Bahkan, vitamin B12 juga dapat membantu melakukan melawan asma yang sering menyerang anak usia dini.

Menyehatkan Pencernaan

Vitamin B kompleks yang berperan untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. Sejumlah vitamin ini dapat membantu produksi HCI (asam klorida) untuk membantu proses pemecahan lemak, protein, dan karbohidrat pada pencernaan si kecil.

Jika ia kekurangan salah satu jenis vitamin tersebut , maka sistem pencernaannya bisa saja terganggu. Karena tidak adanya bantuan yang diterima oleh tubuh untuk mengolah sejumlah nutrisi penting.

Jaga Sistem Imun, Berikut Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Anak dan Cara Memenuhinya

Credit: algaecal.com

Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks Anak

Berbagai jenis vitamin B kompleks dapat ditemukan pada bahan- bahan makanan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari- hari.

Berikut ini berbagai bahan makanan kaya akan vitamin B kompleks yang baik untuk dikonsumsi si kecil:

  • Daging- dagingan dan ikan. Seperti daging merah, ikan salmon, dan ikan tuna.
  • Produk susu dan olahannya. Termasuk keju dan yogurt.
  • Sayuran hijau. Seperti bayam dan brokoli.
  • Kacang- kacangan dan gandum.
  • Roti dan pasta.
  • Kentang.
  • Telur.

Selain dari sejumlah bahan makanan tersebut, kamu juga dapat memberikan multivitamin lengkap untuk si kecil agar pertumbuhannya semakin maksimal.

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Syrup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol.

Dengan kandungan vitamin lengkap yang ada dalam Enervon-C Plus Syrup dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu optimalkan pembentukan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Setelah mengetahui manfaat vitamin B kompleks dan cara memenuhi kebutuhannya pada anak, cukup jelas ya kalau jenis vitamin ini memang penting dipenuhi untuk menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi yang masih berlangsung, kesehatan merupakan kunci utama.

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!