Penting Dijaga Saat Hidup Normal Baru, Kenali Berbagai Penyebab Melemahnya Sistem Imun

Penting Dijaga Saat Hidup Normal Baru, Kenali Berbagai Penyebab Melemahnya Sistem Imun

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, sistem imun tubuh merupakan hal yang sangat penting, karena imunitas merupakan perlindungan utama terhadap virus penyebab penyakit.

Saat ini, kita sedang menjalani fase new normal, di mana aktivitas seperti bekerja di kantor sudah bisa kembali dijalani. Ketika kembali bekerja di kantor, tak jarang kamu jadi lebih mudah sakit. Hal ini mungkin disebabkan karena sistem imun sedang mengalami penurunan untuk melawan bakteri, virus, atau penyakit.

Jika imun tubuh menurun, maka tubuh tidak dapat melawan berbagai ancaman penyakit, termasuk Covid-19. Kamu tentu tak ingin hal ini terjadi kan? Untuk itu, ada sejumlah penyebab melemahnya sistem imun yang perlu kamu ketahui.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Penting Dijaga Saat Hidup Normal Baru, Kenali Berbagai Penyebab Melemahnya Sistem Imun

Credit: reps-id.com

Ketika WFH, Jam Kerja Lebih Panjang

Sebagian dari perusahaan masih ada yang menerapkan kebijakan work from home atau masuk selang- seling bagi para pekerjanya. Selama WFH, jam kerja cenderung lebih panjang karena tidak ada waktu kerja yang pasti, bisa saja kamu masih harus lembur hingga tengah malam, atau bekerja saat akhir pekan.

Belum lagi, jam tidurmu jadi berantakan dan jadi lebih sering begadang. Kebiasaan ini tentu dapat menurunkan sistem imunitas tubuhmu.

Alami Stres

Hampir semua orang pasti pernah merasakan stres. Kondisi ini biasanya ditandai dengan timbul sakit kepala, rasa sakit di dada, sering merasa gelisah, dan merasa tegang secara keseluruhan.

Gejala- gejala tersebut dapat menyebabkan sistem daya tahan tubuhmu harus bekerja lebih ekstra untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, sistem imunmu akan semakin melemah.

Kurang Olahraga

Kekebalan tubuh bisa saja melemah karena kurang melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Padahal, olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrophil, yaitu jenis sel darah putih yang bertugas untuk membunuh mikroorganisme berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Mulai sekarang, coba biasakan rutin olahraga selama 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Kamu dapat melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti aerobic, skipping, push up, squat, dan sit up.

Kurang Istirahat

Kurang tidur juga dapat menyebabkan sistem imun melemah. Karena, saat tidur sel- sel darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, kurang tidur dapat menyebabkan sel-sel tersebut tidak dapat bekerja secara efektif untuk melawan infeksi.

Penting Dijaga Saat Hidup Normal Baru, Kenali Berbagai Penyebab Melemahnya Sistem Imun

Credit: glints.com

Dehidrasi

Setiap organ tubuh membutuhkan asupan cairan, karena air membantu membawa nutrisi dan mineral, menghindari tubuh dari penyakit, serta menjaga kelembapan mulut, hidung, dan tenggorokan.  

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, tapi kamu kehilangan cairan melalui buang air kecil dan besar, dan juga berkeringat. Ketika kamu tidak mencukupi kebutuhan cairan, maka kamu bisa saja mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mencukupi kebutuhan cairan dengan setidaknya minum 8 gelas sehari, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Kurang Asupan Nutrisi

Menerapkan pola makan sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah- buahan, serta sumber gandum utuh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Lalu, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, apalagi lemak tak jenuh ganda yang justru dapat melemahkan imun tubuh.

Asupan tubuh yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin C dan vitamin B kompleks. Kedua vitamin ini juga dapat membantu proses metabolisme, menghasilkan energi, hingga menjaga fungsi otak.

Vitamin C bisa kamu peroleh dari sumber makanan seperti jeruk, pepaya, jambu biji, stroberi, brokoli, paprika hijau dan merah, kangkung, dan brokoli. Sedangkan, vitamin B kompleks bisa diperoleh dari alpukat, daging ayam, ikan tuna dan salmon, susu, yogurt, telur, gandum utuh, dan biji- bijian,.

Agar semakin optimal, kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari secara rutin. Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuh, membantu proses metabolisme makanan sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat jadi energi tahan lama, serta membantu memenuhi kebutuhan vitamin harianmu biar ngga gampang sakit.

Nah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya apa saja faktor yang dapat melemahkan sistem imun tubuhmu? Untuk itu, coba hindari hal- hal tersebut ya, apalagi selama pandemi sistem imun yang kuat merupakan hal yang penting agar tubuh tetap terhindar dari ancaman berbagai virus penyebab penyakit. 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!