5 Cara Jitu Menghilangkan Stres Akibat PHK di Tengah Pandemi

5 Cara Jitu Menghilangkan Stres Akibat PHK di Tengah Pandemi

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 memang memberi banyak dampak pada berbagai aspek kehidupan. Termasuk aspek ekonomi yang ikut menurun karena pandemi. Bahkan, tidak sedikit pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karena perusahaan mengalami penurunan income.

PHK yang dialami banyak pekerja seringkali menyebabkan stres hingga depresi. Karena, para pekerja merasa kebingung bagaimana caranya memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi, yang masih belum jelas kapan berakhirnya.

Meskipun demikian, usahakan untuk tetap mengendalikan rasa stres atau depresi yang sedang dialami. Jika tidak, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan, melemahkan daya tahan tubuh, hingga membuatmu lebih mudah sakit.

Untuk para pekerja yang mengalami PHK, berikut ini sejumlah cara mengatasi stres yang bisa kamu terapkan!

5 Cara Jitu Menghilangkan Stres Akibat PHK di Tengah Pandemi

Credit: stress.org

Hubungi Keluarga atau Teman Dekat

Coba deh, hubungi keluarga atau teman dekatmu untuk ‘curhat’ agar beban pikiran jadi lebih ringan. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak semakin merasa stres atau depresi.

Orang terdekatmu biasanya dapat membantu memberikan solusi atas kondisi dan masalah yang sedang kamu alami. Bahkan, dalam komunikasi tersebut akan muncul ide- ide mengenai bagaimana keluar dari kondisi sulit ini.

Tetap Positive Thinking

Usahakan kamu tetap berpikir positif dalam kondisi seperti ini. Karena, pikiran negative hanya dapat merusak mental, memperburuk rasa stres, menimbulkan rasa takut dan cemas, hingga menyebabkan depresi.

Kamu dapat menghabiskan waktu bersama orang terdekat, yang lebih mengerti soal kondisimu saat ini. Dan kamu juga bisa meminta masukan untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Motivasi Diri

Dengan kondisi PHK ini, hindari menyendiri terlalu lama ya. Karena, hal ini bisa saja mendorongmu untuk melakukan hal buruk dan merugikan lho!

Motivasi dirimu sendiri agar bisa tetap maju dan tidak terlalu larut dalam kesedihan. Hindari berkomunikasi dengan seseorang yang membuatmu tidak nyaman untuk sementara waktu ini ya. Dan kamu juga bisa melakukan kegiatan positif untuk mengatasi stres.

5 Cara Jitu Menghilangkan Stres Akibat PHK di Tengah Pandemi

Credit: yonulis.com

Kendalikan Emosi

Beri waktu sendiri untuk memahami mengapa kamu harus mengalami kondisi ini dan bagaimana cara mengatasinya. Komunikasikan hal tersebut dengan orang terdekatmu untuk membantu menenangkan pikiran.

Dengan begitu, emosi dapat lebih terkendali dan rasa stres dapat berkurang.

Hadapi Rasa Takut dan Tetap Jaga Kesehatan

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya hindari merasa cemas dan takut. Karena, hal tersebut hanya dapat membuat keadaanmu semakin memburuk. Hadapi rasa takut tersebut, anggaplah sebagai bagian dari proses menuju hidup yang lebih baik lagi.

Dan ingat! Meskipun kamu saat ini dalam kondisi terpuruk, tetap jaga kesehatan ya. Kamu harus tetap menjaga pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi, agar daya tahan tubuh dan energimu tidak menurun.

Lalu, kamu dapat menghilangkan stres dengan berolahraga seperti berjalan kaki, latihan beban, bersepeda, atau jogging di pagi hari.

Nah, itu dia kelima cara mengatasi stres yang bisa kamu terapkan ketika mengalami PHK di tengah pandemi. Namun, jika rasa stres atau depresi yang dialami sudah mengganggu aktivitas, segera hubungi ahlinya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!