Jarang Diketahui, Ini 4 Tips Sarapan Pagi yang Baik Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 4 Tips Sarapan Pagi yang Baik Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

font size A Ǎ

Sarapan pagi merupakan jam makan yang penting untuk memberikan tubuh energi. Setelah tidur malam yang menyebabkan perut jadi kosong, tubuhmu memerlukan “bahan bakar” untuk mengembalikan energi sehingga kuat untuk beraktivitas seharian.

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk  kesehatan, seperti membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit diabetes maupun jantung, membuatmu lebih fokus saat bekerja atau belajar, meningkatkan suasana hati, memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan.

Agar kamu bisa merasakan berbagai manfaat baik tersebut, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama new normal ini, tentu saja sarapan pagi harus dilakukan dengan benar.

Nah, berikut ini 4 tips yang perlu kamu perhatikan dan terapkan saat menyantap sarapan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu!

 

Jarang Diketahui, Ini 4 Tips Sarapan Pagi yang Baik Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Credit: okadoc.com

Hindari Menunda Waktu Sarapan

Sarapan yang baik selalu dilakukan pada pagi hari, bukan menjelang makan siang. Bahkan, waktu untuk sarapan sebaiknya dilakukan di jam yang sama setiap harinya, tidak perlu diibedakan antara saat hari kerja maupun weekend.

Dikutip dari Kompas.com, hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk sarapan pagi adalah 30-60 menit setelah kamu bangun tidur. Sementara, sumber lain juga menyebut waktu menyantap sarapan masih diperbolehkan maksimal hingga 2 jam setelah bangun.

Untuk lebih mudahnya, usahakan untuk sarapan sebelum jam 9 pagi setiap harinya.

Konsumsi Makanan Bergizi

Agar tubuh semakin berenergi, pilihlah jenis makanan yang mengandung gizi seimbang dan memenuhi 20-35 persen angka kecukupan energi dalam sehari.  Hindari memilih jenis makanan yang terlalu berat, karena justru bisa membuatmu kekenyangan dan mengantuk, lho!

Untuk itu, sebaiknya pilih menu sarapan pagi yang kaya akan protein dan serat. Kedua nutrisi ini dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginanmu untuk ngemil sebelum makan siang.

Cara ini juga sudah membantumu agar tidak mengonsumsi kalori terlalu banyak!

Batasi Konsumsi Gula

Saat sarapan pagi, dianjurkan pula mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Tidah harus selalu nasi, tapi sumber karbohidrat ini dapat diganti jadi roti gandum, kentang, maupun sereal.

Lalu, batasi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana atau tinggi akan gula, seperti kue- kue manis.

Konsumsi gula berlebih saat sarapan pagi dapat menaikkan dan menurunkan kadar gula darah seseorang dengan cepat. Sehingga, dalam jangka panjang hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Porsi Sarapan

Sesuaikan porsi sarapan dengan kebutuhan dan kondisi perutmu. Selalu, berikan batasan pada porsi sarapanmu.

Beberapa orang mungkin memilih makan dengan porsi kecil, tapi terlalu sedikit justru dapat menyebabkan rasa lapar timbul lebih cepat.

Namun, jangan terlalu banyak juga. Perut yang terlalu “penuh” dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan membuatmu lebih cepat ngantuk. Hal ini tentu kurang baik ya untuk kesehatanmu!

Jarang Diketahui, Ini 4 Tips Sarapan Pagi yang Baik Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Credit: insider.com

Selain Sarapan, Penuhi Energi dan Jaga Daya Tahan Tubuh Dengan Enervon-C!

Selain dengan rutin menyantap sarapan pagi, kamu bisa memenuhi kebutuhan energi dan menjaga daya tahan tubuhmu dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari!

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin seperti Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niasinamide, Kalsium Pantotenat. Yang dapat membantu tubuh memiliki sistem imun yang baik, serta dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi untuk beraktivitas!

 

Featured Image - eatthis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!