Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Komunikasi efektif adalah salah satu kunci keberhasilan karir. Buat kamu yang bekerja kantoran, tentu komunikasi yang efektif dan baik adalah keinginan semua pihak di kantor. Memangnya ada manfaat apa saja sih terkait komunikasi efektif?

Dilansir dari situs presenta, komunikasi efektif diartikan sebagai sebuah jalur komunikasi antara dua orang atau lebih, yang di mana pesan yang dimaksudkan atau sebuah tujuan dibalik komunikasi itu berhasil disampaikan, diterima dan bisa dipahami.

 

 

Terkait dengan definisi dari komunikasi efektif, tentu dengan jelas kalau komunikasi efektif bisa membuat kamu terhindar dari konflik, menjalin hubungan baik dengan klien, dan yang jelas kamu bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Apakah itu saja manfaat-manfaat memiliki komunikasi efektif di kantor? Tidak juga, seperti di bawah ini, terdapat 4 manfaat mempunyai komunikasi yang efektif saat di kantor. Penasaran apa saja manfaat-manfaatnya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

4 Manfaat Punya Komunikasi Efektif di Kantor

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja. credit image: sleekr.co

 

Mengurangi Potensi Munculnya Konflik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki komunikasi yang efektif dapat membuat kamu terhindari dari konflik-konflik yang bisa saja muncul dari sebuah kesalahpahaman. Bagaimana bisa terjadi kesalahpahaman? Jelas apa yang kamu maksud, tidak bisa dipahami dengan baik oleh lawan bicara.

Ditambah kondisi emosional yang fluktuatif, terkadang naik dan turun – juga mempengaruhi mood dan perasaan seseorang tersebut ketika berkomunikasi. Oleh karena itu, pastikan komunikasi yang kamu lakukan efektif sehingga bisa menghindari hal-hal tersebut.

 

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja. credit image: ekrut.com

 

Bisa Meningkatkan Keterlibatan Karyawan Lain

Percaya atau tidak, komunikasi yang efektif bisa memicu banyak teman-teman kantor kamu untuk terlibat dalam sebuah proyek besar atau apapun karena semua bisa saling memahami satu sama lain. Jelas hal ini menjadi salah satu tujuan perusahaan agar keuntungan yang mereka dapatkan meningkat terus.

Jika kamu adalah seorang pemimpin, atau manajer di sebuah tim – komunikasi efektif akan membuat rekan tim kamu akan terpacu untuk mewujudkan apa yang perusahaan inginkan. Jelas ini bisa menguntungkan banyak pihak!

 

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Bisa Bantu Kesuksesan, Ketahui 4 Manfaat Komunikasi Efektif di Lingkungan Kerja. credit image: sleekr.co

 

Hubungan Dengan Klien Makin Baik

Jika kamu bekerja di kantor yang berhadapan langsung dengan klien atau pelanggan, tentu komunikasi efektif mesti jadi pilar utama saat kamu melakukan rutinitas di sana. Hasil komunikasi dengan klien mesti disampaikan dengan tepat ke tim internal, dan begitu juga sebaliknya.

Jika hal ini tidak begitu lancar, tentu akan kesulitan untuk menemukan persetujuannya. Oleh karena itu, jika kamu sudah terbiasa dengan komunikasi yang efektif, jelas ini akan meningkatkan hubungan kantor mu dengan klien semakin baik.

 

Kerja yang Lebih Produktif

Manfaat terakhir yang bisa disebutkan di sini adalah komunikasi efektif secara tidak langsung akan membentuk tim untuk lebih produktif dan bisa menyelesaikan pekerjaannya yang tepat dan benar. Hal ini terkait dengan manfaat kedua di atas, yaitu semua orang jadi ingin terlibat untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan benar.

Kalau begini – mau bagaimanapun tantangan serta rintangannya, dengan komunikasi efektif, jelas kamu dan tim bisa melewatinya dengan baik.

 

 

Wah bagaimana? Apakah sudah cukup jelas berbagai manfaat memiliki komunikasi efektif dalam pekerjaan kantor? Jika iya, pastikan sedikit demi sedikit kamu terapkan cara berkomunikasi yang efektif di dalam tim kerja kamu ya!

 

Feature Image – lifepal.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!