Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona

font size A Ǎ

Sebelumnya, diketahui bahwa virus corona dapat menular karena adanya kontak langsung dengan droplets yang mengandung virus. Namun, belum lama ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pernyataan bahwa Covid-19 dapat menular melalui udara atau airborne.

Jika demikian, berarti virus corona yang ada dapat bertahan di udara, terlebih lagi jika ruangan tersebut tak memiliki sirkulasi yang baik. Dalam ruangan tertutup, satu orang yang terinfeksi dapat melepaskan virus aerosol dari waktu ke waktu dan menulari banyak orang.

Lalu, jika Covid-19 dapat menyebar dan menular melalui udara, langkah apa yang harus dilakukan? Apakah menggunakan masker sudah cukup efektif?

Langkah Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona / Credit: edition.cnn.com

Para ahli di dunia menyarankan bahwa semua orang harus memakai masker sebagai upaya pencegahan. Dalam kasus ini, CDC mencatat bahwa masker dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Terutama, bagi orang yang sakit dan perlu berada di dekat orang lain, menggunakan masker dapat melindungi orang- orang di sekitar, sehingga tidak ikut tertular penyakit.

Menggunakan masker dapat membantu mengurangi risiko, selama semua orang menggunakannya. Ketika kamu berpergian, seperti ke kantor, mall, atau tempat lainnya, masker wajib digunakan. Namun, jika kamu hanya berada di rumah dengan keluarga, kamu tak perlu menggunakan masker, tapi tetap berhati- hati.

Tak hanya virus corona saja, tapi menggunakan masker juga dapat mencegah penularan penyakit lain, seperti flu maupun batuk.

Yang perlu diingat adalah setelah digunakan, segera buang masker dan hindari menggunakannya berulang kali, karena sudah ada bakteri maupun virus yang menumpuk di dalamnya. Salah satu waktu yang tepat untuk mengganti masker adalah saat sudah mulai basah.

Selain itu, anjuran untuk menerapkan physical distancing, rutin mencuci tangan selama minimal 20 detik, hingga menggunakan face shield sebagai perlindungan ekstra juga direkomendasikan.

Masker, Cara Paling Efektif Untuk Cegah Penularan Covid-19

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona / Credit: hollywoodpresbyterian.com

Studi terbaru dari tim peneliti di Texas dan California menemukan bahwa penggnaan masker merupakan cara paling efektif untuk mengurangi penularan Covid-19. Penelitian tersebut membandingkan tingkat infeksi virus corona di Italia dan New York sebelum serta sesudah penerapan kebijakan wajib pakai masker.

Penggunaan masker di ruang publik menunjukkan adanya penurunan dan langkah ini efektif jika diikuti dengan karantina mandiri. Masker dapat mencegah penularan melalui udara dengan menghalangi virus yang terbawa di udara dan mencegah kontak melalui droplets.

Yang Harus Dihindari Saat Memakai Masker

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona

Gunakan Masker, Langkah Paling Efektif Untuk Menghindari Penularan Virus Corona / Credit: eatthis.com

Agar penggunaan masker tetap efektif, ada sejumlah kesalahan yang wajib dihindari, yaitu:

Dan kesalahan yang umum yang sering dilakukan akhir- akhir ini adalah masker yang sering diturunkan ke bagian dagu hingga leher. Secara tidak sadar, kamu mungkin pernah begini. Tapi, kebiasaan ini justru berbahaya. Mengapa?

Karena, leher merupakan area yang terekspos dan bisa saja virus dan kuman menempel disana. Ketika kamu menurunkan masker ke leher, bagian dalam masker akan terkontaminasi. Dan saat masker digunakan kembali, mulut dan hidung akan ikut terpapar virus dan kuman. Jadi, pastikan kamu menggunakan masker dengan tepat dan benar ya, agar perlindungannya tetap optimal.

 

Featured Image - wusfnews.edu

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!