Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif!

Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif!

font size A Ǎ

Metabolisme merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Metabolisme adalah proses pengolahan zat gizi makanan yang sudah diserap oleh tubuh, kemudian diubah menjadi energi untuk menunjang aktivitas kamu sehari- hari.

Agar bisa menghasilkan energi, metabolisme harus berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang optimal, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, hingga tidur cukup.

Dan yang tak kalah penting adalah rutin mengonsumsi vitamin untuk menjaga sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Lalu, vitamin apa yang baik untuk metabolisme tubuh? Berikut ini ulasan lengkapnya.

5 Vitamin Untuk Meningkatkan Metabolisme

Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif!

Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif! / Credit: healthline.com

Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan salah satu vitamin yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B1 berfungsi untuk memproses karbohidrat yang kamu konsumsi. Selain itu, vitamin B1 juga berperan sebagai koenzim dalam bentuk thiamin dipohosphate.

Senyawa tersebut dapat membantu memecegah karbohidrat menjadi glukosa, lalu diubah menjadi energi untuk tubuh. Kamu bisa menemukan vitamin B1 pada ragi, biji- bijian, sereal, daging, sayuran berdaun hijau, dan kacang- kacangan.

Vitamin B2

Vitamin B2 juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan Flavin adenine dinucloeotide (FAD) dan flavin mononucleotide (FMD) dalam vitamin B2 memiliki peran penting dalam menghasilkan energi. Sehingga, reaksi metabolik tubuh pun akan semakin baik.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B2 dengan mengonsumsi yogurt, kedelai, susu, jamur, bayam, tempe, kacang almond, dan telur.

Vitamin B7

Vitamin B kompleks lainnya yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh adalah vitamin B7, yang berperan dalam pembentukan glukosa.

Ada berbagai sumber vitamin B7 yang bisa kamu konsumsi sehari- hari yaitu kedelai, daging, dan juga kuning telur. Namun yang perlu kamu ketahui, telur mental memiliki jenis protein yang dapat menghambat proses penyerapan nutrisi tubuh. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi telur setelah dimasak dengan benar ya.

Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif!

Ketahui 5 Vitamin yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Secara Efektif! / Credit: badgut.org

Vitamin B12

Jika kamu mengonsumsi vitamin B12, tubuh akan memecahnya menjadi beberapa senyawa, salah satunya adalah 5-Deoxyadenosylcobalamin yang dapat mempercepat proses metabolisme energi dari protein dan lemak.

Sumber vitamin B12 dapat ditemukan pada kerang, hati, kepiting, lobster, daging sapi dan domba, serta keju.

Vitamin C

Vitamin C sudah dikenal sebagai salah satu vitamin yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini diperlukan untuk menjaga proses metabolisme agar tetap berjalan dengan baik. Ketika tubuh memiliki sistem imun yang optimal, maka metabolisme tubuh pun akan ikut meningkat.

Kamu dapat mengonsumsi berbagai sumber makanan vitamin C seperti brokoli, paprika merah, jeruk, pepaya, jambu biji, anggur, mangga, dan stroberi.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh Dengan Minum Enervon-C

Selain dari berbagai sumber makanan, kamu dapat memenuhi sejumlah kebutuhan vitamin di atas dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Panthotenat. Sejumlah kandungan ini dapat bantu kamu mendapatkan daya tahan tubuh yang optimal, sekaligus meningkatkan proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Jadi, selain membuat tubuh semakin sehat, Enervon-C juga bisa bantu kamu untuk tetap berenergi selama beraktivitas seharian.

 

Nah, berdasarkan penjelasan tersebut, sebaiknya selalu penuhi kebutuhan vitamin- vitamin di atas ya agar metabolisme tubuhmu dapat berjalan secara optimal.

 

Featured Image - consumerlab.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!