Ada banyak hal yang memengaruhi daya tahan tubuh manusia, mulai dari faktor usia, pola makan, gaya hidup, kondisi mental, keadaan lingkungan, hingga perubahan musim. Oleh sebab itu, kamu harus memahami bagaimana cara memperkuat daya tahan tubuh yang benar supaya tidak gampang sakit. Jika belum tahu caranya, tenang saja, karena di bawah ini telah terangkum berbagai tips untuk meningkatkan sistem imunitas dengan cara yang paling mudah. Simak baik-baik ya!

Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Memperkuat daya tahan tubuh ternyata tak cukup hanya dengan menjaga kesehatan fisik semata. Pasalnya, ada banyak faktor lain yang memengaruhi sistem imun pada tiap-tiap orang. Semakin baik sistem imunitas yang kamu miliki, maka semakin kecil risiko tubuh untuk terkena berbagai ancaman penyakit. Yuk perkuat daya tahan tubuh dengan melakukan berbagai cara berikut!

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Sejatinya, penerapan pola makan sehat sebaiknya diterapkan sejak dini. Pasalnya, kebiasaan konsumsi makanan bergizi sangat penting karena menunjang kesehatan diri dan bantu memperkuat daya tahan tubuh.

Idealnya, konsumsi makanan bergizi adalah memperhatikan asupan harian yang meliputi karbohidrat, protein, dan lemak sebagai makronutrien, serta vitamin dan mineral sebagai mikronutrien. Oleh sebab itu kamu dianjurkan untuk memperbanyak buah dan sayur, ikan, telur, daging, kacang-kacangan, susu, serta yogurt untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Selain memperhatikan asupan nutrisi harian, perhatikan juga jadwal makan dari pagi, siang, dan malam. Pastikan kamu makan secara teratur dan tidak menunda-nunda makan karena hal ini bisa membahayakan tubuh terutama organ lambung.

2. Batasi Konsumsi Gula

Perlu kamu tahu bahwa konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan. Selain meningkatkan risiko terkena diabetes, hal ini juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. 

Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak akan meningkatkan protein penyebab inflamasi di tubuh. Jika dibiarkan, kamu akan lebih rentan terpapar virus dan bakteri sehingga gampang sakit. 

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain memperhatikan asupan nutrisi harian dan membatasi gula, kamu juga perlu menjaga berat badan supaya tetap ideal. Dengan menjaga berat badan tubuh, risiko terkena penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan kanker juga akan semakin kecil.

 

 

4. Memastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Banyak minum air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain memastikan tubuh selalu terhidrasi, hal ini juga bisa memperkuat sistem imunitas, serta meningkatkan kelancaran sistem metabolisme tubuh. 

Oleh sebab itu, yuk biasakan untuk minum sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi. Kekurangan cairan bisa membuatmu susah fokus, mudah lelah, pusing, hingga menurunnya daya tahan tubuh.

5. Menghirup Udara Segar

Menghirup udara segar di pagi hari atau di lingkungan yang bebas polusi seperti alam terbuka sangat baik bagi tubuh. Hal ini bisa menyehatkan paru-paru, memperbaiki mood, menurunkan tingkat stres, serta meningkatkan efisiensi fungsi sel tubuh. Dengan demikian, daya tahan tubuh juga akan semakin kuat dan kesehatan diri senantiasa terjaga.

6. Rutin Berolahraga

Penerapan gaya hidup sehat tak hanya makan makanan bergizi saja, tapi juga aktif bergerak setiap hari. Biasakan diri untuk rutin berolahraga karena manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh. Aktivitas fisik yang dilakukan secara ajeg dan teratur akan melancarkan sistem peredaran darah yang menyebabkan nutrisi terserap dengan baik di tubuh. Kondisi ini tentu saja akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

Lakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit per hari dengan intensitas 3 sampai 5 kali setiap minggunya. Pilih olahraga ringan atau yang kamu minati supaya terasa menyenangkan. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitasnya sampai 6 hingga 7 kali per minggu.

7. Jangan Lupa Istirahat 

Setiap orang memerlukan waktu istirahat setiap harinya. Bagi orang dewasa, waktu tidur yang baik adalah 7 hingga 9 jam per hari. Istirahat cukup sesuai anjuran akan menjaga produksi sitokin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta melindungi kamu dari risiko infeksi dan peradangan. 

 

 

8. Mengelola Stres dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa salah satu faktor yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang adalah kondisi mentalnya. Oleh sebab itu, jangan biarkan stres menguasai tubuh karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Stres berlebih akan meningkatkan kadar hormon kortisol yang mengakibatkan sistem imunitas drop. Jadi, saat sedang stres, segera lakukan sesuatu yang bisa memperbaiki suasana hati seperti melakukan hobi, pergi bersama teman, menyantap makanan favorit, berbelanja, dan lain sebagainya.

9. Berjemur di Pagi Hari 

Berjemur di pagi hari juga menjadi cara memperkuat daya tahan tubuh lainnya yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan sistem imun di tubuh.

Kamu bisa berjemur di antara pukul 8 hingga 10 pagi selama 10 hingga 15 menit selama minimal 3 x seminggu untuk merasakan manfaatnya di tubuh. Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi sumber pangan yang kaya akan vitamin D seperti sereal, kuning telur, tempe, dan tahu.

10. Rajin Mencuci Tangan 

Terdengar sepele memang, tapi rajin mencuci tangan akan melindungimu dari paparan virus, kuman, bakteri, atau parasit lain penyebab penyakit. Namun, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara menyeluruh agar semua mikroorganisme penyebab penyakit bisa lumpuh dan tidak masuk ke tubuh.

11. Konsumsi Multivitamin Tambahan

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan terutama yang mengandung vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Pasalnya, asupan vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih (limfosit dan fagosit) yang bekerja melawan patogen penyebab infeksi di tubuh.

 

 

Pastikan kamu memilih multivitamin tambahan yang tepat dan kaya akan vitamin C seperti Enervon-C Tablet. Multivitamin yang satu ini bahkan juga diperkaya dengan vitamin B-Kompleks yang meningkatkan kinerja metabolisme untuk pembentukan energi di dalam tubuh.

Konsumsi rutin Enervon-C Tablet 1 x per hari pastinya akan membuat daya tahan tubuh lebih kuat sehingga kamu tidak akan mudah sakit. Selain itu, kamu juga jadi lebih fit, aktif, dan bertenaga sepanjang hari. Buktikan sendiri manfaatnya dengan membeli produk Enervon-C Tablet sekarang juga pada tautan Tokopedia dan Shopee berikut.

 

Referensi:

1. Siloam Hospitals. 9 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Menjaga Kesehatan. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-meningkatkan-imun-tubuh

2. Hermina Bogor. 5 Cara Sederhana ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. https://www.herminahospitals.com/id/articles/5-cara-sederhana-ini-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html