Zinc adalah salah satu zat nutrisi yang berperan penting dalam tubuh. Manfaat zinc bagi tubuh di antaranya adalah menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan sel, serta melindungi dari jerawat, peradangan, dan kondisi lainnya. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi zinc secara alami. Namun, kamu masih bisa mendapatkan asupan nutrisi ini melalui makanan nabati dan hewani, serta tambahan suplemen. Selengkapnya, simak informasinya dalam artikel berikut.

Apa Itu Zinc?

Zinc merupakan jenis mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan berperan dalam mencegah kerusakan sel dan meminimalisir risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan gangguan kesehatan serius lainnya. Selain itu, nutrisi ini juga membantu sistem imunitas, fungsi metabolisme, serta penyembuhan luka. 

Setiap harinya, kamu hanya memerlukan asupan zinc dalam jumlah yang sedikit. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa, kebutuhan zinc dapat tercukupi dengan konsumsi sumber makanan nabati dan hewani, serta tambahan suplemen.

Sumber makanan alami yang mengandung zinc di antaranya adalah bayam, jamur, bawang putih, almond, kacang tanah, kacang merah, seafood, daging ayam, daging merah, dan lain-lain. Jumlah zinc harian yang direkomendasikan adalah 8 mg untuk wanita dan 11 mg untuk pria dewasa.

 

 

Manfaat Zinc bagi Tubuh

Nah, secara lebih spesifik, penjelasan tentang manfaat zinc bagi tubuh telah terangkum dalam artikel berikut ini.

1. Memperkuat Sistem Imunitas

Perlu kamu tahu bahwa zinc berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Zinc bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih untuk melawan/menetralkan berbagai patogen penyebab penyakit seperti virus, bakteri, jamur, dan lain-lain. Dengan kata lain, risiko terkena penyakit juga semakin kecil.

2. Mengurangi Peradangan

Zinc juga efektif dalam meredakan peradangan dengan cara mengatasi stres oksidatif di dalam tubuh. Kondisi ini akan menurunkan risiko terkena penyakit kronis yang disebabkan peradangan seperti pneumonia, kanker, penyakit jantung, serta degenerasi makula terkait usia.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Zinc memiliki efektivitas yang tinggi terhadap proses penyembuhan luka, sehingga kerap digunakan sebagai bahan dasar obat untuk perawatan luka luar seperti bisul, luka bakar, dan sebagainya.

Pasalnya, Zinc berperan penting dalam produksi kolagen yang berfungsi untuk memperkuat dan menjaga elastisitas kulit. Produksi kolagen yang optimal dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada seseorang.

 

 

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Kronis

Seperti yang telah dijelaskan pada awal paragraf bahwa zinc memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kanker, dan lain-lain. 

Namun, manfaat zinc akan lebih optimal jika diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat.

5. Mengurangi Risiko Kerusakan Mata

Manfaat zinc bagi tubuh juga memengaruhi kesehatan mata. Pasalnya, zinc dapat mencegah kerusakan sel retina dan meringankan kondisi pasien dengan riwayat degenerasi makula (gangguan penglihatan yang umum terjadi pada usia lanjut).  

Memenuhi kebutuhan zinc setiap hari dapat memperlambat proses penurunan penglihatan dan komplikasi yang mungkin terjadi.

6. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Untuk alasan tertentu, penderita diabetes tipe 2 sering kali kekurangan zinc. Beberapa ahli percaya bahwa kadar zinc yang rendah dapat memperburuk kondisi pasien. Penelitian berbeda juga menunjukkan bahwa zinc dapat menurunkan gula darah dan kolesterol tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Jika asupan zinc tidak dipenuhi, maka risiko stroke dan penyakit jantung juga semakin meningkat.

 

 

7. Mengatasi Masalah Jerawat

Tak hanya efektif untuk mengatasi luka bakar dan bisul, zinc juga ampuh untuk mengobati masalah jerawat. Pasalnya, mineral ini mampu meminimalkan peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, hingga menekan aktivitas kelenjar minyak di kulit.

8. Mendukung Pertumbuhan Anak

Zinc tak hanya berkhasiat bagi golongan orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Bahkan, asupan zinc yang tercukupi akan mendukung pertumbuhan anak, sehingga mereka bisa memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Oleh sebab itu, setiap orang tua wajib memperhatikan hal ini supaya tumbuh kembang anak lebih optimal.

Jika anak kekurangan zinc, selain pertumbuhannya, kemampuan kognitif serta motoriknya juga akan ikut terhambat. 

9. Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Manfaat zinc juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesuburan atau infertilitas pada pria. Perlu kamu ketahui bahwa mineral ini dapat menambah produksi hormon seks (testosteron), mengobati disfungsi ereksi, hingga meningkatkan kualitas sperma.

 

 

Demikian informasi penting terkait manfaat zinc bagi tubuh yang perlu kamu perhatikan. Dengan membaca artikel di atas, kamu sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zinc harian demi memelihara kesehatan tubuh. 

Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan kandungan zinc. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya selalu prima.

Pastikan hanya memilih Enervon-C Tablet yang mengandung kombinasi vitamin C dan vitamin B-Kompleks. Kandungan vitamin C secara efektif dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan vitamin B-Kompleks berfungsi untuk mendukung proses metabolisme yang menghasilkan energi.

Ayo terus aktif dan berenergi dengan rutin mengonsumsi Enervon-C Tablet 1 kali sehari mulai dari sekarang! Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk berbelanja sekarang juga ya!

 

Referensi:

1. Jillian Kubala. Zinc: Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/zinc#what-it-is 

2. Cleveland Clinic. How Zinc Benefits Your Body — and How Much Zinc You Need. https://health.clevelandclinic.org/zinc