Peralihan musim kemarau ke musim hujan disebut dengan pancaroba. Pada musim ini, cuaca menjadi tak menentu, angin bertiup kencang, terjadi hujan badai, hingga perubahan suhu yang ekstrem. Kondisi ini menuntut siapa saja untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik supaya tidak mudah sakit. Pasalnya, virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak di saat musim pancaroba. Nah, supaya tubuh terlindungi dari berbagai ancaman penyakit seperti flu, batuk, diare, demam berdarah, tifus, dan lain-lain, simak cara meningkatkan imunitas tubuh saat peralihan musim hanya di artikel berikut!

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Banyak orang yang rentan sakit saat musim pancaroba tiba. Perubahan cuaca dan suhu yang tak menentu membuat sebagian orang kesulitan untuk beradaptasi sehingga pada akhirnya jatuh sakit. Nah, hal ini tidak boleh kamu sepelekan. Oleh sebab itu, lawan ancaman terhadap berbagai penyakit dengan meningkatkan imunitas tubuh. Simak berbagai tipsnya di bawah ini yuk!

1. Menyantap Makanan dengan Gizi Seimbang

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang pertama adalah dengan menyantap makanan bernutrisi. Terapkan pola makan sehat dengan komposisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan juga vitamin.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang efektif melawan infeksi serta memelihara kesehatan. Kamu juga bisa membuat minuman lemon plus madu yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Konsumsi Vitamin C yang Cukup

Vitamin C atau asam askorbat merupakan zat penting yang dapat memperkuat sistem imunitas. Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C supaya tidak mudah sakit saat memasuki peralihan musim. Contoh sumber makanan alami yang mengandung vitamin C adalah jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, nanas, brokoli, paprika, dan bunga kol.

3. Rajin Mencuci Tangan

Virus dan bakteri umumnya berkembang biak lebih cepat saat musim pancaroba. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu sebaiknya menjaga diri secara benar dengan rajin mencuci tangan supaya mikroorganisme yang menempel bisa lumpuh.

Pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, serta setelah bersentuhan dengan benda yang mungkin terkontaminasi virus dan bakteri.

 

 

4. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Selain rajin mencuci tangan, kamu juga wajib membersihkan diri, terutama setelah bepergian. Menjaga kebersihan diri merupakan langkah tepat yang bisa menjaga sistem imun tubuh. Tak hanya kebersihan diri saja, kamu juga wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan menutup wadah sampah dan penampungan air, serta membersihkan rumah agar tidak mengundang hewan pembawa virus dan bakteri datang.

5. Tetap Berolahraga

Rutin berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh senantiasa bugar, gaya hidup ini juga membuat badan lebih tegap, menguatkan otot dan tulang, memelihara kesehatan jantung, juga meningkatkan sistem imunitas. 

Idealnya, olahraga dilakukan di luar rumah sembari menghirup oksigen di pagi hari. Namun, jika cuaca tidak mendukung, kamu masih bisa melakukan aktivitas fisik di dalam rumah seperti push up, naik turun tangga, treadmill, aerobik, yoga, angkat beban, dan sebagainya.

6. Sempatkan Berjemur

Biasakan untuk berjemur di pagi hari untuk mendapatkan manfaat dari vitamin D yang ada pada sinar matahari. Hebatnya, vitamin D yang dihasilkan sinar matahari ternyata lebih baik jika dibandingkan dengan vitamin D yang ada pada makanan. Vitamin ini secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh lho! Oleh sebab itu, yuk mulai rutin berjemur di pagi hari terutama pada pukul 7-9 pagi selama 15-20 menit.

7. Banyak Minum Air Putih

Selain mencari paparan sinar matahari pagi, kamu juga sebaiknya membiasakan diri untuk rutin minum air putih. Pasalnya, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Memenuhi kebutuhan air putih setiap hari akan mencegah diri dari dehidrasi, menambah energi, menjaga kesehatan sendi dan otot, hingga mengeluarkan racun pada tubuh.

 

 

8. Istirahat Cukup

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga imunitas di saat musim pancaroba yaitu dengan istirahat yang cukup. Saat tidur, tubuh akan secara otomatis melakukan pemulihan kritis serta memperbaiki fungsi-fungsi penting layaknya sistem imunitas. Anjuran waktu istirahat yang tepat bagi orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam per hari.

9. Minum Multivitamin Tambahan

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang terakhir yaitu dengan konsumsi multivitamin tambahan, terutama yang mengandung vitamin C. Kenapa demikian? Perlu kamu ketahui bahwa vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem imunitas dan dapat diandalkan untuk melawan penyakit serta infeksi virus seperti flu atau pilek. Selain itu, vitamin C juga menunjang pemulihan tubuh dari segala penyakit, atau mempercepat proses recovery pasca sakit.

 

 

Selain konsumsi sumber makanan alami yang kaya akan vitamin C, multivitamin tambahan juga akan menunjang terpeliharanya kesehatan tubuh selama musim pancaroba. Jadi, tidak perlu ragu dan pastikan kamu dan keluarga hanya memilih Enervon-C Effervescent.

Dengan rasa jeruk yang menyegarkan, Enervon-C Effervescent mengandung Vitamin C 1000mg dan Vitamin B Kompleks yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu supaya tidak gampang sakit. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga ya!

 

Referensi:

1. Kemenkes RI. Tips Sehat selama Musim Pancaroba. https://upk.kemkes.go.id/new/tips-sehat-selama-musim-pancaroba 

2. Harvard Medical School. How to boost your immune system. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system