Sistem imunitas berperan penting dalam melindungi kamu supaya terhindar dari penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Namun, setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Jika kamu mudah sakit atau lelah, bisa jadi sistem imun di tubuh cukup lemah. Jangan khawatir, karena pada artikel berikut akan diulas lebih jauh tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah secara tepat.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Daya tahan tubuh yang baik biasanya terbentuk karena pola hidup sehat seperti, makan makanan bergizi, rajin berolahraga, serta bisa mengelola stres dengan benar. Jadi, tak hanya fisik saja yang harus dijaga, kesehatan mental juga wajib kamu perhatikan ya! Pasalnya, kondisi mental yang terganggu juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!  

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Memenuhi gizi harian menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Utamakan untuk menyantap sumber protein, susu dan olahan susu rendah lemak, memperbanyak buah dan sayur, serta mengonsumsi biji-bijian. Pemenuhan nutrisi yang tepat bagi tubuh akan mendukung fungsi sistem imunitas secara optimal.

2. Rutin Berolahraga

Selain menyantap makanan bergizi, kamu juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Dalam seminggu orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga selama 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. 

Selain memperkuat sistem imun, aktivitas olahraga juga akan memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi rasa cemas. Bahkan, hal ini juga cukup efektif dalam menjaga berat badan tubuh supaya tetap ideal.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, hal ini akan mengganggu peran sistem kekebalan tubuh serta menurunkan efektivitas vaksin pada beberapa penyakit seperti influenza, hepatitis, dan tetanus.

Selain berolahraga, cara ampuh agar berat badan tubuh tetap ideal yaitu dengan menyantap makanan bergizi, tidur yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

 

 

4. Penuhi Waktu Istirahat

Jangan lupa istirahat jika kamu merasa lelah. Pasalnya, memforsir diri untuk melakukan banyak hal bisa mengganggu kesehatan tubuh. Jika tiba waktunya untuk istirahat, segera hentikan kegiatanmu dan utamakan untuk tidur. Kurang tidur justru akan membuat sistem imun melemah sehingga kamu lebih rentan sakit. Normalnya, tubuh orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam setiap harinya.

5. Stop Merokok

Kebiasaan merokok bisa membuatmu lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, orang lain juga berpotensi mengalami hal yang sama karena ikut menghirup asap rokok tanpa sengaja. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok sampai pada akhirnya hal ini bisa benar-benar kamu tinggalkan.

 

 

6. Rajin Mencuci Tangan

Tangan bisa menjadi perantara kuman, virus, dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu rajin mencuci tangan, terutama setelah memakai toilet, pulang ke rumah pasca beraktivitas di luar ruangan, atau sebelum makan.

Cuci tangan kamu dengan menggunakan sabun selama 20 detik dan bersihkan dengan air bersih yang mengalir. Langkah sederhana ini bisa menjaga daya tahan tubuh lebih kuat sehingga kamu tidak akan mudah sakit.

7. Kelola Stres dengan Baik

Stres yang dialami seseorang adalah hal yang wajar. Meski demikian, hal ini tidak boleh diabaikan dan perlu segera ditangani supaya tidak bertahan terlalu lama. Rasa stres yang tidak segera kamu atasi justru bisa menjadi bumerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, segera bersantai dan lakukan hal-hal yang menyenangkan saat mulai merasakan stres.

 

 

8. Minum Suplemen atau Multivitamin Tambahan

Selain melakukan 7 cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Sebelum memilih multivitamin apa yang akan diminum, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Umumnya, suplemen tambahan yang bisa menambah daya tahan tubuh memiliki kandungan vitamin C dan juga B- Kompleks. Vitamin C secara efektif bekerja untuk meningkatkan sistem imunitas sehingga tubuh tidak rentan sakit, sedangkan vitamin B-Kompleks mempercepat proses metabolisme dan menghasilkan energi untuk tubuh.

Kamu bisa memilih Enervon-C Tablet sebagai multivitamin tambahan yang tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Pasalnya, di dalam multivitamin ini terdapat kombinasi vitamin C dan B-Kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Enervon-C Tablet bisa kamu konsumsi secara rutin dengan dosis satu tablet setiap harinya. Tak perlu khawatir karena multivitamin yang satu ini sangat aman bagi lambung dan tidak bikin ketagihan. Klik tautan Shopee dan Tokopedia ini untuk melakukan pemesanan secara online sekarang juga ya!
 

Referensi:

1. CDC. Six Tips to Enhance Immunity. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/features/enhance-immunity/index.html

2. WebMD. 13 Tips to Strengthen Your Immune System. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-strengthen-immunity