Kondisi badan lemas, kurang bertenaga, dan kepala tidak nyaman bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk di antaranya adalah kelelahan, stres, kurang tidur, dehidrasi, dan juga kekurangan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Nah, jika kamu merasa badan lemas dan kepala tidak nyaman, vitamin dan nutrisi tertentu mungkin bisa membantu.

Lantas, apa saja vitamin yang perlu dikonsumsi saat badan terasa lemas, supaya stamina dan energi dapat meningkat?

Kenali Apa Saja Penyebab Badan Lemas

Badan lemas bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan sering kali beberapa faktor ini bisa berkontribusi bersama-sama. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab umum badan lemas:

  1. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan badan lemas dan kurang bertenaga.
  2. Stres kronis atau situasi stres yang berkelanjutan juga bisa menguras energi dan membuatmu merasa lemas.
  3. Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang kurang aktif bisa menyebabkan kelelahan dan kelemahan otot.
  4. Kemudian, kurangnya asupan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan protein juga akan menyebabkan kekurangan energi dan badan lemas.
  5. Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, pusing, dan badan lemas. Kekurangan cairan akan mengganggu fungsi tubuh dan mengurangi energi.
  6. Beberapa kondisi kesehatan seperti anemia, gangguan tiroid, diabetes, dan infeksi juga bisa menyebabkan gejala lemas dan kelelahan.
  7. Selain itu, beberapa obat termasuk antidepresan, antihistamin, dan obat tekanan darah, dapat menyebabkan kelelahan dan membuat badan terasa lemas.
  8. Konsumsi alkohol berlebihan, merokok, dan kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengganggu keseimbangan energi tubuh dan menyebabkan kelelahan.
  9. Lalu, gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau gangguan ritme sirkadian juga bisa mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan kelelahan.

Jenis-Jenis Vitamin untuk Badan Lemas

Setidaknya ada empat jenis vitamin utama yang bisa membantumu untuk mengatasi badan lemas dan pusing. Keempat vitamin itu di antaranya adalah vitamin C, B, D, dan juga E. Selain keempat jenis vitamin tersebut, masih ada nutrisi lainnya yang juga tidak kalah pentingnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, bisa disimak melalui ulasan berikut ini.

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang kaya akan manfaat. Selain mampu memperkuat sistem imunitas, vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas. Saat proses recovery dari sakit pun, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C agar tidak gampang ngantuk dan lemas.

Namun, konsumsi vitamin C ini sebaiknya juga tetap sesuai batasannya yaitu  90 mg per hari atau maksimal 2.000 mg saat sedang sakit. Perlu kamu ketahui juga bahwa konsumsi vitamin C secara berlebihan justru bisa merugikan kesehatan karena membuat kinerja ginjal dan hati menjadi semakin berat. Yuk, penuhi kebutuhan vitamin C dari sumber pangan alami yang bisa kamu temukan pada jambu merah, jeruk, pepaya, brokoli, wortel, labu kuning, dan lain-lain!

2. Vitamin B

Vitamin B ini sering disebut dengan istilah B-Kompleks, di mana sebutan vitamin B-Kompleks sendiri merupakan gabungan dari 8 vitamin B yang terdiri dari B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin). Nah, kekurangan vitamin ini biasanya akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas, karena vitamin B-Kompleks berperan dalam proses metabolisme karbohidrat dan juga protein.

Karbohidrat sendiri merupakan zat yang memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas, sedangkan protein berfungsi untuk menyusun sel-sel tubuh, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Jadi jika kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tidak terpenuhi, tubuh akan cenderung lemas karena kekurangan energi.

Kamu bisa menemukan sumber makanan yang kaya akan vitamin B pada sayuran hijau, tempe dan tahu, kacang-kacangan, susu, ikan, daging merah, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Vitamin D

Selain vitamin C dan B Kompleks, kekurangan vitamin D juga bisa membuat badan jadi lemas dan rentan sakit. Pasalnya, vitamin D ini juga punya peran penting dalam menjaga sistem imun tubuh dan juga kesehatan tulang. Pada dasarnya, asupan vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin D dengan cara mengonsumsi beberapa makanan seperti susu, telur, ikan berlemak, minyak ikan, sereal, dan jamur

4. Vitamin E

Konsumsi vitamin E juga bisa menguatkan otot tubuh sehingga kamu akan lebih berenergi selama menjalani aktivitas harian. Jadi, saat badan terasa lemas dan pusing, kamu bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin E seperti sayuran hijau, biji-bijian, gandum, minyak nabati, dan lain-lain.

5. Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang sering kali disertai dengan lemas, kelemahan, hingga kelelahan. Kandungan ini sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat. Meskipun ada banyak makanan yang mengandung zat besi, namun tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi suplemen untuk memaksimalkan kondisi tubuh.

6. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam berbagai proses metabolik dalam tubuh, termasuk juga produksi energi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kelemahan otot dan kamu jadi mudah kelelahan. Memang cara yang terbaik adalah mengonsumsi makanan seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran. Namun dalam beberapa kasus, sebagian orang juga tetap memerlukan multivitamin.

7. Asam Folat

Asam folat juga banyak digunakan pada produk multivitamin. Ini penting, karena kekurangan kandungan ini bisa menyebabkan tubuh lemah, letih, dan juga lesu. Pasalnya, fungsi utamanya adalah membentuk sel darah merah serta produksi energi. Dalam kondisi yang normal, kandungan ini bisa dicukupi dengan mengonsumsi sayuran hijau dan biji-bijian.

8. L-theanine

L-theanine merupakan asam amino alami yang bisa ditemukan pada teh yang berguna untuk meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Bahkan, mengonsumsi L-theanine dengan kafein dalam dosis tinggi terbukti bisa meningkatkan konsentrasi serta mengurangi rasa lelah, lho.

Enervon Active, Vitamin Andalan untuk Badan Lemas

Beberapa vitamin untuk badan lemas yang sudah disebutkan di atas bisa dikonsumsi untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun, pemeriksaan secara medis juga diperlukan untuk mengetahui jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuhmu.

Tak perlu bingung memilih multivitamin yang tepat untuk membantu meningkatkan stamina dan energi, di saat badan terasa lemas. Kamu bisa mengonsumsi Enervon Active setiap hari, karena multivitamin ini akan membantu pembentukan energi, tidak menyebabkan ketergantungan dan tidak ada efek samping.

Enervon Active Mengandung nutrisi dasar yang sangat diperlukan untuk pembentukan energi, karena produk ini mengandung:

  • Non-acidic Vit C (Kalsium Askorbat) yang mampu meningkatkan sel-sel imun tubuh
  • Vitamin B Complex (B1, B2, B6, B12, Niacinamide, Kalsium Pantotenat) yang dapat meningkatkan proses metabolisme yang menghasilkan energi.
  • Zinc (Zinc Bisglycinate) yang dapat mempercepat pengeluaran asam laktat, sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Menariknya lagi, Enervon Active ini dikemas bukan sebagai asam askorbat, melainkan kalsium askorbat. Kalsium askorbat tentu lebih ramah terhadap lambung jika dibandingkan dengan asam askorbat, sehingga tidak akan menimbulkan nyeri pada perut atau keluhan maag.

Enervon Active selalu siap untuk membantumu menjaga kesehatan tubuh sepanjang hari! Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan mudah dengan cara belanja online di Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.