Saat merasa lemas dan pusing, bisa jadi kamu sedang kekurangan vitamin. Jadi, jangan buru-buru panik dulu dan cobalah untuk menyantap makanan bergizi yang mengandung berbagai vitamin untuk pembentukan energi di dalam tubuh. Nah, kira-kira apa vitamin untuk badan lemas dan pusing yang sebaiknya diupayakan? Tidak perlu bingung karena artikel di bawah ini akan memaparkan semua informasi yang kamu perlukan.

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing

Ada 4 jenis vitamin utama yang bisa bantu kamu untuk mengatasi badan lemas dan pusing. Keempat vitamin itu adalah vitamin C, B, D, dan juga E. Ulasan lebih lengkapnya bisa kamu simak berikut ini.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang kaya akan manfaat. Selain memperkuat sistem imunitas, vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas. Saat proses recovery dari sakit pun, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C agar tidak gampang ngantuk dan lemas.

Namun, konsumsi vitamin C sebaiknya juga tetap sesuai batasannya yaitu  90 mg per hari atau maksimal 2.000 mg saat sedang sakit. Perlu kamu tahu bahwa konsumsi vitamin C secara berlebihan justru bisa merugikan kesehatan karena membuat kinerja ginjal dan hati menjadi semakin berat.

Penuhi kebutuhan vitamin C dari sumber pangan alami yang bisa kamu temukan pada jambu merah, jeruk, pepaya, brokoli, wortel, labu kuning, dan lain-lain.

2. Vitamin B

Vitamin B juga kerap disebut dengan istilah B-Kompleks. Sebutan vitamin B-Kompleks sendiri merupakan gabungan dari 8 vitamin B yang terdiri dari B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin).

Kekurangan vitamin ini biasanya akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Kenapa bisa demikian? Perlu diketahui bahwa vitamin B-Kompleks berperan dalam proses metabolisme karbohidrat dan juga protein.

Karbohidrat adalah zat yang memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas, sedangkan protein berfungsi untuk menyusun sel-sel tubuh, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Jadi jika kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tidak terpenuhi, tubuh cenderung lemas karena kekurangan energi.

Lalu makanan apa saja yang memiliki kandungan vitamin B? Kamu bisa menemukan sumber makanan yang kaya akan vitamin B pada sayuran hijau, tempe dan tahu, kacang-kacangan, susu, ikan, daging merah, dan lain-lain.

3. Vitamin D

Selain C dan B Kompleks, kekurangan vitamin D juga bisa membuat badan jadi lemas dan rentan sakit. Pasalnya, vitamin D juga punya peran penting dalam menjaga sistem imun tubuh dan juga kesehatan tulang.

Pada dasarnya, asupan vitamin D bisa kamu dapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin D dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti susu, telur, ikan berlemak, minyak ikan, sereal, dan jamur

4. Vitamin E

Konsumsi vitamin E juga bisa menguatkan otot tubuh sehingga kamu akan lebih berenergi dalam menjalani aktivitas harian. Jadi, saat badan terasa lemas dan pusing, kamu bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin E seperti sayuran hijau, biji-bijian, gandum, minyak nabati, dan lain-lain.

 

 

Cara Mengatasi Badan Lemas dan Pusing

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk mengatasi badan lemas dan pusing adalah hal yang perlu kamu prioritaskan. Namun, ada beberapa upaya lain yang bisa dilakukan dalam mengatasi kondisi badan lemas dan nyeri di kepala. Berikut ulasannya.

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Mulailah untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sedari sekarang. Utamakan menyantap karbohidrat dan protein untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Selain itu, tambahkan serat dan makanan anti-inflamasi seperti bawang putih, brokoli, kacang-kacangan, jamur, ikan, buah beri, dan lain-lain.

2. Makan dengan Porsi Sedikit Tapi Sering

Untuk menjaga energi di dalam tubuh tetap stabil, kamu bisa menerapkan pola makan yang sering dengan porsi yang sedikit. Cobalah untuk makan setiap 3 atau 4 jam agar kadar gula darah tetap terjaga. Dengan demikian energi di dalam tubuh tidak akan cepat habis.

3. Utamakan Makanan yang Mengandung Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan seseorang terkena anemia. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan lebih mudah merasa lelah. Agar tubuh tidak mudah lemas, sebaiknya masukkan makanan yang kaya akan zat besi ke dalam asupan harian. Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi adalah sayuran hijau, biji-bijian, kacang polong, daging, hati, dan lain-lain.

4. Rajin Berolahraga

Selain memperhatikan vitamin untuk badan lemas dan pusing, kamu juga perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur. Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa meningkatkan energi tubuh. Kamu bisa memulainya dari olahraga ringan dengan durasi minimal 2 jam setiap minggunya.

 

 

5. Banyak Minum Air 

Cara tepat berikutnya yang bisa membantu tubuh supaya tetap berenergi yaitu dengan banyak minum air. Hal ini untuk memastikan tubuh supaya tetap terhidrasi. Pasalnya, tubuh cenderung menjadi lemas saat mengalami dehidrasi.

6. Istirahat yang Cukup

Cara paling mudah untuk mengatasi badan lemas dan pusing adalah istirahat yang cukup. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mempertahankan energi sepanjang hari.

7. Mengelola Stres dengan Baik

Aktivitas padat, tekanan kerja, masalah pribadi, dan lain-lain kerap membuat seseorang mengalami stres. Jika hal ini tidak dikelola dengan baik, maka akan mengganggu kesehatan dan pola tidur harian. 

Apabila dibiarkan, kamu akan mudah lelah karena kurang tidur. Oleh sebab itu, segera cari cara untuk mengatasi stres di dalam diri supaya tidak semakin berlarut-larut.

8. Minum Enervon-C Tablet 

Nah, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan untuk mengatasi badan lemas dan pusing. Rekomendasi multivitamin terbaik yang bisa kamu pilih adalah Enervon-C Tablet

Pasalnya, di dalam multivitamin ini terkandung kombinasi vitamin C dan B-Kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C akan bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B-Kompleks akan menunjang proses metabolisme sehingga tubuh akan selalu berenergi.

Cukup diminum satu kali sehari dan kamu bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh. Tidak perlu khawatir ya, karena Enervon-C Tablet sangat aman bagi lambung serta tidak menyebabkan ketergantungan. Klik tautan Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk Enervon-C Tablet sekarang juga!

 

Referensi: 

1. Renue Pharmacy. Feeling Sluggish? 4 Best Vitamins For Boosting Energy & Fighting Fatigue. https://renuerx.com/general-health/feeling-sluggish-4-best-vitamins-for-boosting-energy-fighting-fatigue/

2. Emily Cronkleton. 15 Ways to Combat Tiredness. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-feeling-tired