Saat daya tahan tubuh melemah, kamu mungkin jadi mudah sakit seperti misalnya terkena flu dan batuk. Hal ini juga bisa disebabkan oleh peralihan musim panas ke musim penghujan, reaksi alergi, polusi, dan lain sebagainya. Meski bukan tergolong penyakit yang berbahaya, tapi kamu tidak boleh menyepelekannya. 

Yuk ketahui bagaimana cara melakukan pencegahan dari risiko flu dan batuk dalam artikel berikut ini!

Apa Sebenarnya Penyebab Flu dan Batuk?

Pada sebagian orang, flu dan batuk dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan tertentu. Umumnya, orang bisa mengalami flu serta batuk selama seminggu, 2 minggu, atau lebih. 

Kondisi ini juga kerap dibarengi dengan demam ringan, meriang, sakit tenggorokan, nyeri otot, pusing, hingga susah tidur. Jika tidak segera diatasi, tentu hal ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun sebenarnya, apa saja yang bisa menyebabkan seseorang terkena flu dan batuk?

  • Penyebab Batuk

Penyebab batuk yang paling umum adalah virus seperti rhinovirus, adenovirus, virus influenza, virus parainfluenza, dan virus corona, yang ditularkan oleh seseorang lewat udara atau kontak langsung. 

Batuk bisa menjadi parah saat cuaca menjadi dingin karena virus biasanya lebih aktif di suhu yang rendah. Selain itu, batuk juga bisa terjadi karena paparan zat alergen tertentu seperti debu, bulu hewan, polusi, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, kebiasaan merokok juga bisa membuat kamu batuk. Bahkan, perokok pasif juga tak luput dari risiko terkena batuk.

  • Penyebab Flu

Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini sangat umum terjadi di musim pancaroba. Saat musim hujan, udara dingin meningkatkan pertumbuhan virus dan menurunkan respons imun, sehingga membuat kita lebih rentan terkena penyakit.

Selain itu, pada musim hujan, paparan sinar matahari juga berkurang, sehingga pembentukan vitamin D dalam tubuh menjadi sedikit dan dapat menyebabkan seseorang rentan terkena infeksi.

Hal-hal lain yang juga bisa memicu seseorang terkena flu yaitu kurang istirahat, kebutuhan cairan harian tidak terpenuhi, hingga mengalami stres.

 

 

Cara Mencegah Flu dan Batuk

Meski semua orang berisiko terkena flu dan batuk, tapi tenang saja, karena ada beberapa cara untuk mencegah hal ini terjadi. Tak hanya melindungi diri dari serangan flu dan batuk, tapi juga menjaga orang lain supaya tidak tertular. Simak berbagai tips dalam mencegah flu serta batuk berikut ini!

1. Rajin Mencuci Tangan

Virus penyebab batuk ada di mana-mana. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya rajin mencuci tangan dengan benar supaya kuman dan virus yang menempel tidak masuk ke tubuh. Nah, cara mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut.

  • Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Ambil sabun cair kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
  • Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.
  • Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.
  • Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  • Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.
  • Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian akhiri dengan membilas seluruh bagian tangan menggunakan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. 

Kamu juga bisa menyiapkan hand sanitizer sebagai langkah antisipasi jika tidak menemukan air saat berada di luar rumah.

2. Memakai Masker 

Cegah flu dan batuk dengan memakai masker, terutama saat berada di keramaian. Hal ini akan melindungi kamu dari paparan virus penyebab penyakit. Selain itu, cara ini juga menjaga orang lain untuk tidak tertular saat kamu sedang sakit.

3. Hindari Menyentuh Bagian Mata, Hidung, dan Mulut

Usahakan untuk menahan diri supaya tidak menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut, terutama saat berada di luar rumah. Pasalnya, kuman, virus, atau bakteri yang menempel di tangan bisa masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau mulut.

 

 

4. Jaga Jarak dari Orang yang Sedang Sakit

Jika ada kerabat, keluarga, atau teman yang sakit, sebaiknya hindari kontak dekat dengan mereka untuk sementara waktu. Namun, jika tetap ingin menjenguk, sebaiknya gunakan masker dan lakukan jaga jarak supaya tidak tertular. Sesampainya di rumah, segera cuci tangan dan ganti baju untuk meminimalisir kemungkinan terkena virus penyebab flu dan batuk.

5. Jadikan Gaya Hidup Sehat sebagai Habit

Nah, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Pertama, utamakan untuk selalu menjaga kebersihan terutama saat sakit. Bersihkan atau lakukan desinfeksi pada permukaan yang sering disentuh baik di rumah, tempat kerja, atau sekolah.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian, rutin berolahraga, pandai mengelola stres, serta istirahat yang cukup.

 

 

Kamu juga perlu minum multivitamin tambahan yang mengandung vitamin C serta B-Kompleks seperti Enervon-C Effervescent. Hadir dalam bentuk tablet larut air, Enervon-C Effervescent memberikan sensasi menyegarkan dalam setiap tegukan. 

Cukup minum 1 tablet per hari dan rasakan manfaatnya di tubuh. Enervon-C Effervescent tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga buat kamu lebih berenergi serta gak gampang sakit. Ayo buktikan sekarang juga dan order produknya secara online di Shopee atau Tokopedia!
 

Referensi:

1. Alodokter. Flu dan Batuk Tidak Kunjung Sembuh? Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya. https://www.alodokter.com/flu-dan-batuk-tidak-kunjung-sembuh-ketahui-penyebab-dan-cara-mengobatinya#

2. CDC. Healthy Habits to Help Protect Against Flu. https://www.cdc.gov/flu/prevent/actions-prevent-flu.htm