Gaya hidup sehat menawarkan banyak manfaat, misalnya seperti meningkatkan sistem imunitas. Semakin kuat imun tubuh, maka risiko terkena penyakit juga semakin kecil. Sistem kekebalan berperan penting dalam melindungi tubuh dari virus, bakteri, dan mikroorganisme lain penyebab infeksi dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memahami bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh, yang akan dipaparkan dalam artikel berikut ini.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunci utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal, istirahat cukup, dan menjauhi rokok serta alkohol. Namun, apakah hanya itu saja? Simak penjelasan lengkapnya dalam uraian di bawah ini.

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat akan memperkuat imun di dalam tubuh. Jadi, utamakan untuk mengonsumsi buah dan sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sumber makanan yang kaya akan protein. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung lemak sehat,

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menambah asupan mikronutrien untuk menjaga daya tahan tubuh dengan menyantap makanan yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin E, Zinc, dan juga Magnesium. 

  • Vitamin C, terdapat di sumber makanan seperti jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan bayam.
  • Vitamin B6, terdapat pada ayam, salmon, tuna, pisang, sayuran hijau dan kentang.
  • Vitamin E, ada di dalam almond, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, selai kacang, dan bayam.
  • Zinc, dapat kamu temukan pada tiram, daging merah, unggas, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahan susu seperti mentega, keju, yogurt, es krim, dan lain-lain.
  • Magnesium, ditemukan dalam produk gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian

2. Rutin Berolahraga

Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin juga akan meningkatkan sistem imun tubuh. Bahkan, hal ini juga bisa memperbaiki pola tidur serta mengurangi kecemasan. Jadi, rajin berolahraga tidak hanya membuat tubuh bugar saja, tapi juga menjaga daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan fisik dan juga mental.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Cara meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya dengan menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan/obesitas akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini akan menimbulkan gangguan fungsi kekebalan tubuh hingga menurunkan efektivitas vaksin untuk berbagai penyakit seperti influenza, tetanus, dan hepatitis.

Cara paling mudah untuk menjaga bobot tubuh yaitu dengan konsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, istirahat cukup, dan mengelola stres dengan baik.

 

 

4. Penuhi Asupan Cairan

Setiap hari, tubuh mengeluarkan cairan lewat urin, napas, keringat, dan buang air besar. Oleh sebab itu, kamu wajib mengganti semua cairan yang hilang dari tubuh dengan memenuhi asupan cairan harian sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Normalnya, orang dewasa wajib minum 2 liter atau 8 gelas air per hari. Namun, kamu bisa menambah jumlahnya jika memiliki aktivitas yang cukup padat. Dengan mencukupi asupan cairan harian, hal ini juga akan membantu kamu dalam menjaga daya tahan tubuh.

5. Istirahat yang Cukup

Tubuh juga berhak untuk mendapatkan istirahat setelah seharian lelah beraktivitas. Selain memulihkan energi, istirahat yang cukup juga memengaruhi daya tahan tubuh. 

Untuk mengoptimalkannya, pastikan kamu beristirahat sesuai dengan kebutuhan yang dianjurkan. Mengutip dari halaman Kemenkes RI, orang dewasa di rentang usia 18-40 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari.

 

 

6. Mengelola Stres

Jangan biarkan stres mengendalikan dirimu, tapi sebaliknya cobalah untuk mengelola stres agar tidak memengaruhi kesehatan tubuh. Saat sedang stres, kamu bisa mengalami gangguan tidur sehingga waktu istirahat berkurang. Tak hanya itu saja, stres juga membuat seseorang malas olahraga dan minum cukup, bahkan juga cenderung memilih konsumsi makanan yang tidak sehat.

Jika dibiarkan, hal tersebut akan mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga kamu jadi mudah sakit. Jadi, pastikan kamu dapat memahami sinyal stres yang muncul dan berusaha mengatasinya secepat mungkin supaya tidak berlarut-larut.

7. Konsumsi Multivitamin Tambahan

Meski menyantap sumber makanan alami yang kaya akan nutrisi lebih dianjurkan, tapi kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan sebagai cara lain dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan untuk memilih jenis multivitamin yang mengandung vitamin C karena mendukung sistem kekebalan di dalam tubuh. 

Hebatnya, vitamin C mempunyai kemampuan melawan kerusakan akibat radikal bebas, membuang racun, serta meningkatkan fungsi sel tubuh. Lalu, rekomendasi multivitamin apa yang sebaiknya diminum?

 

 

Pastikan untuk memilih Enervon-C Tablet yang mengandung kombinasi vitamin C dan juga B-Kompleks. Kandungan vitamin B-Kompleks juga sangat penting karena membantu pembentukan energi sehingga tubuh selalu aktif dan fit sepanjang hari. Tak hanya itu saja, konsumsi Enervon-C Tablet juga sangat penting untuk masa pemulihan setelah sakit.

Kamu tidak perlu khawatir karena Enervon-C Tablet aman bagi lambung, tidak bikin ketagihan, dan yang pasti halal. Segera klik tautan Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga secara online.

 

Referensi:

1. CDC. Six Tips to Enhance Immunity. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/features/enhance-immunity/index.html 

2. Katie McCallum. 6 Ways to Boost Your Immune System. https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/mar/5-ways-to-boost-your-immune-system/ 

3. Savanna Shoemaker. 9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health