Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

font size A Ǎ

Komunikasi efektif adalah salah satu faktor berhasil atau tidaknya pekerjaan kamu di kantor. Baik pekerjaan yang dilakukan invididual, atau bersama tim dan atasan – pastinya komunikasi efektif mesti kamu bangun dengan sedemikian rupa.

Terlebih dengan atasan, komunikasi efektif mesti berjalan agar kamu tidak menciptakan kesalahpahaman di dalam proses penyelesaian pekerjaan. Perlu kamu ketahui kalau komunikasi efektif dengan atasan kurang lebihnya akan menentukan jenjang karirmu.

 

 

Lalu bagaimana cara menciptakan komunikasi efektif di kantor untuk teman satu tim dan atasan? Daripada kamu bingung bagaimana caranya, lebih baik kamu simak bahasan kali ini yang akan mengulas setidaknya ada 5 cara untuk membangun komunikasi efektif di kantor.

 

5 Cara Membangun Komunikasi Efektif di Kantor

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini. credit image: trendingus.com

 

Mengetahui Gaya Kepemimpinan Atasan Kamu

Satu hal yang bisa kamu ketahui lebih dulu untuk persiapan membangun komunikasi efektif adalah mengetahui gaya kepemimpinan atasan kamu. Apakah atasan kamu lebih suka merespon kamu melalui surel atau justru mengajak untuk meeting tatap muka?

Berbagai hal bisa kamu perhatikan terkait gaya kepemimpinan atasan kamu. Seperti saat menangani sebuah proyek – apakah dia tipe yang sangat memerhatikan detil atau lebih berorientasi dengan pada hasil akhir saja. Itu bisa kamu jadikan acuan dalam membangun komunikasi efektif.

Semakin kamu tahu banyak kebiasaan atau bagaimana cara atasan kamu berkomunikasi, kamu juga akan semakin mudah untuk menyiapkan komunikasi efektif untuk dia dan rekan atau tim kerja kamu.

 

Menjunjung Tinggi Panduan yang Jelas

Untuk menciptakan atau membangun komunikasi efektif, satu hal teknis yang mesti kamu perhatikan benar-benar adalah panduan yang jelas dari atasan kamu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau sebuah proyek.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada atasan perihal panduan yang jelas. Pertanyaan kamu terkait panduan tersebut mengacu kesebuah kejelasan dalam mengerjakan tugas atau proyek terkait. Atasan kamu juga akan punya penilaian tersendiri buat kamu yang bertanya kejelasan terkait penyelesaian proyek tersebut.

 

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini. credit image: thenewdaily.com.au

 

Mengutarakan Pendapat Dengan Sopan

Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda dengan atasan terkait penyelesaian tugas atau proyek, kamu mesti utarakan dengan jelas dan sopan. Bisa saja memang pendapat kamu adalah yang terbaik untuk penyelesaian proyek tersebut.

Beritahu atasan kamu terkait hal ini dengan baik, benar dan sopan. Jika kamu terbiasa melakukan hal ini, komunikasi efektif bisa kamu wujudkan dengan mudah. Tapi, tidak hanya dengan atasan saja ya, kamu bisa lakukan hal ini ke semua teman atau rekan tim kamu di kantor.

 

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Miliki Komunikasi yang Efektif dengan Atasan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini. credit image: forbes.com

 

Mengingat Feedback Atau Review Dari Atasan

Sebagai karyawan, tentu kinerja kamu akan dinilai terkait jenjang karir. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk bekerja dengan baik karena feedback atau review yang diutarakan oleh atasan adalah cerminan dari hasil kerja kamu.

Jadi pastikan kamu mengingat dengan baik segala feedback dan review yang diberikan kepada kamu, dan kamu bisa menyesuaikan diri kamu dengan penilaian tersebut. Jika masih positif, kamu bisa ikuti agar diri kamu berkembang dengan baik.

 

Menanyakan Perihal di Luar Pekerjaan, Why Not?

Terkadang kamu sebagai karyawan tentu pernah merasa canggung atau kikuk saat berada dekat dengan atasan. Kamu bisa lho menanyakan pertanyaan sederhana di luar pekerjaan. Percaya atau tidak, hal ini adalah langkah untuk bonding dengan atasan.

Selagi cara bertanyanya masih benar dan sopan, bisa jadi kamu dan atasan punya hobi yang sama sehingga bisa saling tukar pendapat soal hobi tersebut! Wah seru pasti ya.

 

 

Nah bagaimana nih? Dari kelima langkah yang ada di atas untuk mewujudkan komunikasi efektif, apakah kamu sudah menerapkannya semua? Jika belum, segera cermati dan terapkan untuk jenjang karir lebih baik ya!

 

Feature Image – sofi.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!