5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho!

5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho!

font size A Ǎ

Pekerjaan merupakan salah satu kegiatan yang menghabiskan banyak waktu sehari- hari. Tak jarang hal ini menimbulkan stres kerja, ditambah lagi dengan adanya persaingan antar karyawan yang ketat, serta adanya tekanan dan tuntutan pekerjaan.

Stres kerja yang sudah dalam tahap cukup berat dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan juga menurunkan produktivitas kamu, lho.

Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu mengetahui apa saja tanda yang muncul ketika kamu mengalami stres kerja. Berikut ini ulasan lengkapnya.

5 Tanda Stres Kerja

5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho!

5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho! / Credit: helpguide.org

Gampang Sakit

Kalau kamu merasa mudah lelah padahal tidak banyak melakukan aktivitas fisik, mungkin kamu mengalami stres kerja. Coba seimbangkan waktu bekerja dengan aktivitas lainnya, seperti berolahraga atau berkumpul bersama keluarga. Hal ini penting lho untuk menjaga keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi kamu.

Cemas Berlebih

Adanya deadline pekerjaan seringkali jadi salah satu pemicu stres kerja. Kadang, kamu merasa cemas atas hasil pekerjaan, karena takut dinilai buruk atau kurang baik. Tapi, rasa cemas ini justru dapat membuat kamu kurang nyaman dan malah membuat kinerjamu semakin menurun.

Mudah Bosan Saat di Kantor

Lingkungan kantor yang tidak sehat memang membuatmu tidak betah, rasanya ingin cepat- cepat pulang saja. Bahkan, kamu merasa tidak semangat dan tidak ingin berlama-lama berada di kantor.

Jika kamu merasakan hal ini, mungkin kamu sedang stres karena pekerjaan. Untuk mengatasinya, kamu bisa ambil cuti sejenak untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan semangat kerjamu.

5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho!

5 Gejala Kamu Alami Stres Kerja. Dapat Turunkan Produktivitas, Lho! / Credit: number8.com

Hubungan Kerja yang Buruk dengan Rekan atau Atasan

Stres kerja dapat mempengaruhi emosional kamu. Tuntutan pekerjaan yang berlebihan dapat membuat kamu semakin stres dan terus menerus berpikiran negatif. Hal ini bisa berpengaruh pada hubungan kerja dengan rekan maupun atasan, lho. Jika kamu mengalaminya, coba deh tenangkan dirimu sejenak dengan melakukan meditasi.

Setelah pikiran sudah tenang, kamu akan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan tugas- tugas yang ada.

Menolak Pekerjaan

Kalau kamu merasa sudah tidak tertarik dengan berbagai tantangan pada pekerjaan, mungkin kamu sedang mengalami stres kerja. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja dan penilaian kamu di mata atasan, lho.

Coba, segera cari tahu apa penyebabnya ya agar produktivitasmu di kantor bisa kembali meningkat!

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, kamu memang perlu memperhatikan sejumlah tanda- tanda yang mungkin terjadi karena stres kerja. Jika sudah tahu apa penyebab stres kerja, segera atasi ya, supaya produktivitasmu tidak menurun.

 

Featured Image - mensjournal.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!