Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

font size A Ǎ

Siapa yang ingin memiliki tubuh yang sehat, serta terhindar dari berbagai macam penyakit? Sepertinya, setiap orang menginginkan hal tersebut, termasuk dirimu, ya. Tak bisa dipungkiri, kesehatan merupakan sesuatu yang berharga. Jika tubuh dalam keadaan kurang sehat, maka kamu pun lebih sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Setuju, kan?

Menjaga kesehatan tubuh pun erat kaitannya dengan memelihara kebugaran jasmani – yang juga memiliki peran penting untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Jasmani yang baik pun bisa menghindarimu dari berbagai macam penyakit tidak menular, seperti jantung, masalah tulang dan otot, hingga risiko obesitas, lho.

Tak hanya itu, kebugaran jasmani juga bisa menjaga kesehatan mental – hal ini juga berpengaruh terhadap sistem kekebalan, ya. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan mental, seperti cemas berlebihan, maupun depresi, maka imun tubuh cenderung menurun, sehingga lebih mudah jatuh sakit.

Untuk mencapai kebugaran jasmani, ada beberapa yang bisa kamu lakukan, seperti berolahraga setidaknya 4 sampai 5 kali dalam seminggu – dan pastinya menjaga pola makan sehat. Selain itu, ada pula berbagai tips lain yang bisa kamu terapkan, lho.

Apa saja tips yang bisa dijalani untuk menjaga kebugaran jasmani? Yuk, kita lanjut bahas di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

1. Rutin Melakukan Latihan Aerobik

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Credit Image - wowkeren.com

Hal pertama yang bisa menjaga kebugaran jasmani, yaitu rutin melakukan latihan aerobik, misalnya jalan cepat, jogging, bersepeda, atau berenang. Apakah kamu sudah rajin melakukannya? Kalau belum, mulai sekarang, yuk coba lakukan latihan aerobik untuk mempertahankan kebugaran jasmani – yang tentunya penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, rutin melakukan aktivitas aerobik juga efektif untuk menjaga stamina tubuh, lho. Manfaat ini penting agar tubuh tetap memiliki tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas harian. Selain itu, kebugaran jasmani yang diperoleh dengan latihan aerobik juga bisa menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol, mencegah obesitas, dan menguatkan tulang belakang tubuh.

 

2. Lakukan Juga Latihan Anaerobik

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Credit Image - klikdokter.com

Selain latihan aerobik, ada pula anaerobik yang juga berperan dalam menjaga kebugaran jasmani. Tapi, apa sih itu latihan anaerobik? Ini merupakan latihan yang dilakukan dalam waktu singkat – dan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh. Nah, anaerobik bisa diterapkan dalam bentuk lari cepat, atau bisa juga dengan angkat beban. Yang penting, lakukan latihan ini secara rutin, ya.

Yang membedakan dengan aerobik, latihan ini diperuntukkan untuk menjaga massa otot, sementara aerobik dilakukan dalam intensitas rendah sampai sedang – dan dilakukan dalam waktu yang lama. Kombinasi kedua latihan tersebut juga bisa kamu lakukan, lho. Jenis olahraga ini bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmani, serta membantumu menurunkan berat badan.

Jadi, untuk kamu yang tengah dalam program diet, menjalani latihan aerobik dan anaerobik bisa mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh, lho. Apakah kamu tertarik untuk melakukan jenis aktivitas fisik ini?

 

3. Melatih Kekuatan Otot

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Credit Image - merdeka.com

Menjaga kebugaran jasmani pun bisa diperoleh dengan melatih kekuaran otot. Namun, latihan ini berbeda dengan anaerobik, ya. Latihan kekuatan otot dapat membantu metabolisme semakin baik dan cepat. Dengan begitu, pembakaran kalori semakin efisien. Bahkan, latihan ini bisa menjaga stamina dan mempertahankan otot tubuh, lho.

Untukmu yang ingin melakukan latihan ini, bisa memulainya dengan mengikuti gerakan push up, pull up, atau olahraga angkat beban lainnya. Untuk hasil terbaik, direkomendasikan untuk melakukan latihan kekuatan otot sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Tidak hanya baik untuk melatih dan membentuk massa otot, namun latihan ini juga pastinya bermanfaat dalam menjaga kebugaran jasmani – yang buat kamu makin fit!

 

4. Melakukan Peregangan Secara Teratur

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Credit Image - self.com

Yang terakhir, kamu juga bisa meningkatkan sekaligus menjaga kebugaran jasmani dengan rutin melakukan peregangan tubuh, lho. Terlihat sepele? Jangan salah, kegiatan yang satu ini punya segudang manfaat baik, seperti membuat otot tubuh tidak kaku. Kalau otot sudah tak kaku, maka tubuh pun lebih terasa segar dan bugar, kan?

Dianjurkan untuk melakukan latihan peregangan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu, ya. Atau, kamu juga bisa stretching setelah selesai berolahraga – atau di sela-sela waktu kerja, apalagi kalau sudah duduk dalam waktu yang lama.

Latihan peregangan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, melatih kelenturan sendi, dan memperbaiki postur tubuh. Untuk menjaga kebugaran jasmani, lakukan latihan yoga atau pilates yang memiliki ragam gerakan peregangan yang maksimal.

 

Optimalkan Kebugaran Jasmani, Lakukan Hal Ini!

Kebugaran Jasmani Penting Untuk Kesehatan, Ketahui Cara Mendapatkannya

Credit Image - helpguide.org

Nah, menjaga kebugaran jasmani memang penting adanya, ya? Untuk memperolehnya, kamu bisa melakukan 4 tips di atas, nih. Namun, agar tubuh semakin bugar, pastikan kamu juga sudah menerapkan pola diet yang sehat, termasuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Asupan vitamin juga dapat kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas, ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai cara menjaga sekaligus meningkatkan kebugaran jasmani. Yuk, coba terapkan tips di atas secara rutin agar tubuh tetap fit – dan pastinya penuh tenaga biar kamu makin produktif!

 

 

Featured Image - riskanafisah.blogspot.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Teguh IW - August 4, 2020 at 9:15 PM

Jaga kesehatan, jaga kebugaran dan daya imun tubuh akan meningkat. tetap sehat... Healthnote