Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan

Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan

font size A Ǎ

Ada berbagai cara untuk mencegah penularan Covid-19, salah satunya yang paling efektif dan sederhana adalah cuci tangan. Atau menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif, jika tidak ada fasilitas untuk cuci tangan di sekitar kamu.

Namun sayangnya, penggunaan hand sanitizer sering dilakukan secara ala kadarnya saja. Padahal, cara ini justru membuat cairan antiseptik di dalamnya jadi tidak dapat bekerja secara optimal untuk membunuh virus.

Selain itu, ada sejumlah kesalahan lainnya ketika menggunakan hand sanitizer yang wajib kamu hindari. Berikut ini ulasannya.

4 Kesalahan Dalam Memakai Hand Sanitizer

Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan

Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan / Credit: edition.cnn.com

Takaran Penggunaan Tidak Sesuai

Menggunakan hand sanitizer terlalu sedikit atau kebanyakan termasuk dalam kesalahan pemakaian. CDC mengungkapkan bahwa kamu harus menuangkan cairan pembersih yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan tangan.

Selain itu, cairan hand sanitizer harus dibaluri ke seluruh bagian tangan, hingga ke sela- sela telapak tangan, jari- jari, ujung- ujung jari, sela-sela jari dan bagian luar ibu jari. Pastikan semua cairan pembersih merata.

Tidak Menunggu Hand Sanitizer Kering

Kesalahan lain adalah kamu tidak menunggu cairan pembersih sampai mengering. Direkomendasikan, untuk menggosok tangan selama 20-30 detik hingga hand sanitizer benar-benar kering. Jika tidak, maka cairan hand sanitizer tidak dapat membunuh mikroorganisme secara efektif dan maksimal.

Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan

Wajib Diperhatikan! 4 Kesalahan Pemakaian Hand Sanitizer yang Sering Dilakukan / Credit: baytoday.ca

Membiarkan Tangan Kembali Terkontaminasi

Seorang dokter umum, Giuseppe Aragona mengingatkan, bahwa sama seperti gagang pintu dan uang tunai, botol hand sanitizer juga berpotensi untuk mengontaminasi kembali tangan kita. Ini karena, botol hand sanitizer merupakan benda yang juga sering disentuh.

Karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh langsung. Kamu bisa memompa hand sanitizer dengan sisi tangan atau kepalan tangan.

Hanya Menggunakan Hand Sanitizer

Tangan harus selalu bersih, terutama ketika akan makan atau akan memegang makanan. Tapi, bukan berarti kamu bisa menggantikan metode cuci tangan dengan hand sanitizer. Jika memang memungkinkan dan ada fasilitas cuci tangan, sebaiknya pilih untuk cuci tangan.

Dan selain menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan, selalu gunakan masker terutama ketika berada di tempat yang cukup ramai.

 

Itu dia sejumlah kesalahan yang paling sering dilakukan ketika menggunakan hand sanitizer. Usahakan untuk menghindari 4 kesalahan tersebut ya, lalu terapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker hingga face shield, dan cuci tangan secara rutin. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona.

 

Featured Image - healthline.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!