Berbagai cara dicoba untuk menghentikan pandemi virus corona yang berkepanjangan ini. Salah satu yang cara yang ditempuh adalah berusaha menemukan vaksinya. Namun waktu jadi tantangannya. Kemudian herd immunity sempat digadang menjadi strategi baru.

Apakah kamu sudah tahu apa itu herd immunity?

Buat kamu yang belum tahun, herd immunity – berdasarkan definisi dari WHO, ini adalah sebuah cara atau strategi untuk menyelesaikan pandemi virus corona dengan membiarkan sekelompok orang yang terinfeksi bisa menciptakan kekebalan atau antibodi dengan sendirinya.

 

 

Namun menurut WHO juga, strategi atau cara untuk menyelesaikan pandemi virus corona seperti ini adalah bukan cara yang efektif. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia itu, jika herd immunity dijalankan, akan banyak orang yang meninggal serta rumah sakit tentu akan kewalahan.

WHO cukup bersikeras kalau strategi herd immunity ini berbahaya dan memiliki banyak risiko yang belum siap untuk ditanggung. Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat kesehatan WHO, menyatakan kalau herd immunity itu berbahaya.

 

 

Menurutnya, jika strategi ini dibiarkan berjalan – akan banyak sekali orang yang mudah terinfeksi dan ada kemungkinan kalau kekebalannya bisa jadi tidak muncul dan akhirnya sampai banyak mereka yang meninggal karena virus corona tersebut.

 

Herd Immunity Berbahaya, Ini Kata WHO. credit image: thejakartapost.com

Risiko Paling Besar yang Menanti

Masih menurut Mike, jika memang strategi herd immunity dijalankan dan dibiarkan saja, kita akan melihat apa yang sudah sering terjadi. Risiko yang paling besar menanti adalah rumah sakit banyak yang kewalahan, sampai banyak orang yang meregang nyawa.

WHO juga menegaskan kalau virus corona adalah penyakit multi-organ yang sangat berbahaya. Mike benar-benar mewanti-wanti agar masyarakat tidak menganggap hal ini remeh. Bahkan Mike mencoba menjelaskan bagaimana dampaknya jika terinfeksi.

Menurut Mike, jika kamu sudah pernah melihat pasien Covid-19 tentu akan menyadari kalau virus corona bisa menyebabkan penyakit multi-organ yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, tidak perlu untuk menyepelekan virus corona.

Lanjut dari Mike, ia menyatakan kalau virus corona bisa menyebabkan penyakit multi-organ yang sangat parah. Bahkan, saking parahnya – bisa langsung berdampak pada beberapa sistem lainnya yang ada di dalam tubuh.

Sebut saja seperti sistem kardiovaskular yang terganggu, sistem neurologis yang tidak berjalan dengan lancar dan masih banyak lainnya.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari definisi apai itu herd immunity yang sudah dijelaskan di atas – apakah kamu sudah paham bagaimana kalau strategi ini dijalankan? Pasti kita tidak akan keluar rumah nih bro!

 

Feature Image – mediaindonesia.com