Pandemi Covid-19 memang memberikan banyak dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Tak hanya soal kesehatan saja, tapi pandemi corona juga menyebabkan ekonomi dunia yang ikut menurun. Kondisi ini terjadi karena adanya pembatasan aktivitas.

Akibatnya, banyak kegiatan usaha yang terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara waktu, tak sedikit pula yang akhirnya harus melakukan PHK bagi karyawan.

Kondisi ini pun membuat kita jadi lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.

Dalam kondisi seperti ini, penting sekali untuk mengambil langkah pencegahan agar keuangan bisa tetap stabil dan bertahan selama kondisi ekonomi yang tidak pasti. Namun, apa cara yang bisa dilakukan? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

4 Langkah Atasi Krisis Keuangan

Alami Krisis Keuangan Selama Pandemi, Atasi Dengan Cara Ini! / Credit: pfimegalife.co.id

Mengatur Kembali Keuangan

Sebaiknya, segera atur ulang keuanganmu, terutama pada bagian pengeluaran. Caranya, buat anggaran harian dan bulanan yang sudah disesuaikan dengan kondisi keuanganmu saat ini. Langkah ini berguna sebagai pedoman agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan yang kamu terima. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui masalah yang mengganggu keuanganmu.

 

Hemat

Usahakan untuk selalu berhemat, ya! Tetapkan skala prioritas dan fokus pada hal- hal yang penting saja, sehingga keuangan tetap bisa diefisiensi. Prioritas keuangan juga mencakup cara menambah penghasilan, hingga mengurangi kebutuhan belanja yang kurang penting.

Misalnya, sisihkan uang untuk membayar cicilan terlebih dahulu, kemudian belanja kebutuhan pokok, dan dana darurat. Jika ada uang lebih, baru bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

Alami Krisis Keuangan Selama Pandemi, Atasi Dengan Cara Ini! / Credit: duniahalal.com

 

Jualan dari Rumah

Untuk menambah penghasilan, kamu juga bisa mencoba berbisnis dari rumah. Misalnya, dengan membuat usaha di bidang kuliner, maupun sekedar dari reseller. Nantinya, uang yang dihasilkan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari- hari.

Atau, kamu pun dapat menjual baju, sepatu, atau barang- barang yang sudah tak terpakai, namun masih bisa digunakan dengan baik. Caranya, dengan mengadakan garage sale atau preloved. Cara ini juga ampuh untuk mengurangi barang- barang yang menumpuk di rumah.

 

Menceritakan Situasi yang Kamu Alami

Di masa seperti ini, masalah keuangan memang kerap terjadi, seperti cicilan yang mungkin saja bertambah setiap bulan. Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa menceritakannya pada keluarga, saudara, maupun teman terdekatmu.

Tujuannya, agar pikiran dan hatimu jadi sedikit lebih lega. Dan, siapa tahu orang yang kamu ceritakan tersebut memiliki solusi untuk kondisimu saat ini.

 

 

Nah, itu dia keempat cara jitu untuk atasi krisis keuangan selama pandemi. Jika kamu sedang mengalami kondisi ini – tak ada salahnya lho untuk mencoba kiat- kiat di atas!

 

Featured Image - akseleran.co.id

Source - kumparan.com