6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK

font size A Ǎ

Berhitung merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu diajarkan sejak anak memasuki taman kanak-kanak (TK). Meski demikian, mengajarkan anak TK untuk berhitung tidaklah mudah, lho. Berbeda dengan anak-anak yang sudah memasuki jenjang SD dan SMP, anak TK seblum terlalu mengenal konsep tentang berhitung.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, kamu membutuhkan cara belajar yang efektif, sehingga anak lebih mudah untuk memahami angka, konsep, hingga operasi berhitung dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan berhitung untuk anak TK secara efektif? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK  / Credit: ibudanbalita.com

Ajak Anak Mengenal Angka, Misalnya Saat Ia Ulang Tahun

Untuk permulaan, kamu bisa kenalkan anak pada angka melalui lilin di kue ulang tahunnya. Manfaatkan momen ini untuk mengenalkan angka pada anak, mulai dari 1-10.

Selain melalui lilin di kue ulang tahun, kamu dapat ajak si kecil untuk menghitung hadiah ulang tahun yang ia dapatkan. Tapi, sebisa mungkin buatlah suasana belajar menjadi hal yang menyenangkan ya, bukan momen menegangkan!

 

Menghitung Makanan

Kamu dapat manfaatkan momen apapun, bahkan saat makan sekalipun. Misalnya, dengan menaruh 2 potongan jagung di piringnya. Lalu, kamu bisa katakan “ini dua jagung untuk kamu”. Begitu pula saat memberikan cokelat atau permen, ajak ia berhitung dahulu sebelum memakannya.

 

Ajak Anak Menghitung Buah

Sebagian besar anak pasti menyukai buah-buahan yang berbentuk bulat dan berbagai warna menarik. Jadi, ajak ia menghitung berbagai buah yang ada di kulkas, misalnya tomat, jeruk, atau apapun yang menarik.

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK

6 Cara Belajar Berhitung yang Efektif Untuk Anak TK  / Credit: sightwords.com

 

Berhitung Melalui Lagu

Agar semakin terasa menyenangkan, kamu bisa mengajari anak berhitung sembari bernyanyi. Misalnya, lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu, nyanyikanlah lagi ini sambil memeragakannya menggunakan jari. Dengan begitu, anak dapat mengenal angka 1,2, dan 3 dengan cara yang tak membosankan.

Selain lagi Indonesia, kamu pun dapat gunakan lagu berbahasa Inggris. Tak hanya dapat melatih hitungan saja, tapi sembari mengenalkan anak pada bahasa bilingual.

 

Berhitung Saat Memakai Sepatu

Anakmu suka mencoba berbagai sepatu yang ada di rumah dan ujung-ujungnya jadi berantakan? Nah, untuk mengurangi kebiasaan ini, kamu bisa ajak ia menghitung sepatu. Benda- benda yang menarik perhatian si kecil biasanya membuatnya lebih cepat belajar.

Saat mengenakan sepatu padanya, ajak ia menghitung sepatunya. Meskipun baru sampai angka 2, tapi ini merupakan langkah yang baik untuk kenalkan angka pada anak.

 

Berhitung Melalui Mainan

Ajak anak untuk berhitung menggunakan mainan kesayangannya. Jika anak suka bermain bola, kamu bisa ajak mereka berhitung sambil memasukkan bola- bola ke dalam kerajang. Atau kalau si kecil suka mainan kereta, tempelkan angka-angka di setiap gerbong, lalu ajak anak untuk merangkai gerbong tersebut berdasarkan angkanya.

 

 

 

Nah, itulah keenam cara belajar berhitung yang efektif untuk anak TK. Mulai sekarang, kamu bisa lho mencoba salah satu dari cara di atas, agar anak semakin pandai dalam berhitung. Selamat mencoba, ya!

 

Featured Image - thoughtco.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!