Memasak merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Meski hanya memasak masakan sederhana, tapi keahlian memasak dasar sepertinya diperlukan oleh masing-masing individu, ya.

Tapi, tak hanya sekedar dijadikan keahlian saja, memasak bisa menjadi hobi bagi sebagian besar orang. Apalagi, di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang lebih memilih memasak di rumah. Lama- lama bisa saja jadi hobi!

Memasak sendiri merupakan hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Lalu, bagaimana dengan pemula? Apa saja hal yang perlu dipelajari? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Tips Memasak Bagi Pemula

5 Tips Jitu Belajar Masak Bagi Kamu Para Pemula / Credit: thedailymeal.com

Memiliki Alat Masak

Jika kamu ingin belajar memasak, sudah tentu kamu harus mengenal dan memiliki berbagai alat masak yang akan digunakan. Alat masak memiliki beragam jenis dan fungsinya masing- masing. Untuk itu, kamu perlu mengenalinya dahulu, ya.

Kamu tak perlu membeli peralatan masak yang terlalu mahal, yang penting kualitasnya baik dan dapat digunakan.

 

Mengenal Berbagai Bahan Makanan

Tips selanjutnya adalah coba belajar mengenal berbagai jenis bahan makanan. Tidak hanya sebatas bahan makanan saja, tapi kamu juga perlu memahami bumbu- bumbu dapur beserta fungsinya. Oleh karena itu, pemula harus belajar dalam membedakan rempah satu dengan lainnya, apalagi jenis rempah yang memiliki tampilan mirip.

 

5 Tips Jitu Belajar Masak Bagi Kamu Para Pemula / Credit: saraandcatherinestales.com

Baca Buku Resep atau Tonton Tutorial Memasak

Jika kamu sudah mengenal alat masak dan bahan makanan, sekarang saatnya untuk memasak! Kamu bisa mengikuti masakan yang ada pada buku resep atau menonton channel memasak yang ada di YouTube. Dengan begitu, kamu dapat memiliki gambaran mengenai langkah-langkah memasak yang harus dilakukan.

 

Praktikkan Masakan yang Mudah Dahulu

Untuk pemula, sebaiknya coba masakan yang mudah terlebih dahulu, ya. Sehingga, kamu pun tidak kaget dan bingung saat memasak. Dengan mulai dari resep yang mudah, kamu bisa belajar beradaptasi dengan suasana dapur. Selanjutnya, kamu bisa lebih siap untuk memasak menu yang lebih rumit.

 

5 Tips Jitu Belajar Masak Bagi Kamu Para Pemula / Credit: forbes.com

Pantang Menyerah

Pasti ada kegagalan yang dialami ketika memasak, bahkan bagi chef handal sekali pun, tentu pernah mengalami kegagalan. Jika kamu mengalaminya, tak perlu bersedih dan berkecil hati. Karena, dari kegagalan ini kamu dapat belajar lebih baik lagi.

Terus mencoba dan beradaptasi dengan suasana memasak, sehingga kamu memiliki kesiapan yang tepat.

 

 

 

Itu dia kelima tips memasak untuk para pemula. Nah, apakah kamu sudah siap untuk menerapkannya dan menjadi koki andalan di rumah? Selamat mencoba!

 

Featured Image - mynetdiary.com