Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun berbagai tempat publik seperti mall, restoran, lokasi wisata sudah mulai kembali dibuka di masa PSBB transisi ini. Selain itu, pemerintah pun sudah mulai mengizinkan kolam renang umum untuk kembali dibuka.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, tidak ada bukti bahwa virus corona dapat menyebar dan menular melalui air di dalam kolam. Selama, air kolam tersebut sudah didisinfeksi dengan klorin.

Bahkan, risiko penularan lebih besar dari interaksi di luar kolam renang dengan berbicara, batuk, bersin, hingga adanya keramaian di luar kolam.

Meski belum ada bukti penularan virus corona di dalam kolan renang, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan, sehingga risiko penyebaran virus dapat diminimalisir. Lalu, bagaimana caranya agar tetap aman ketika berenang di kolam renang umum selama pandemi?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum Selama Pandemi

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut / Credit: timeout.com

Cek Aturan dan Standar Kebersihan Kolam Renang

Sebelum menggunakan kolam renang umum, cek terlebih dahulu aturan dan standar kebersihannya. Pastikan kolam renang sudah didisinfeksi dengan klorin secara rutin. Selain itu, pastikan pula area di sekitarnya juga dibersihkan secara rutin.

Tanyakan, apakah kolam renang umum tersebut memberlakukan pembatasan pengunjung atau tidak, serta lihat apakah petugas kolam renang menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

Agar lebih aman, lebih baik memilih kolam renang outdoor dibanding indoor, ya.

 

Bawa Perlengkapan Pribadi

Usahakan untuk membawa perlengkapan renang pribadi dan hindari berbagi dengan orang lain. Jika kamu pergi bersama keluarga, ajarkan pada anak- anak untuk tidak meminjamkan perlengkapannya kepada orang lain.

 

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut / Credit: thestar.com.my

Menerapkan Protokol Kesehatan di Luar Kolam

Untuk mencegah penularan, selalu terapkan protokol kesehatan di luar kolam renang, ya. Langkah pencegahan ini meliputi menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer, dan membawa tisu disinfektan untuk mengelap permukaan yang sering disentuh.

Menggunakan masker merupakan langkah efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Kamu bisa gunakan masker ketika berada di luar kolam, seperti di toilet maupun ruang mandi.

 

Menerapkan Physical Distancing

Agar kamu terhindar dan aman dari percikan droplets orang lain, terutama ketika sedang tidak menggunakan masker, selalu terapkan physical distancing dengan pengujung kolam lainnya.

Robert Quigley Ph.D., dalam bidang Imunologi mengatakan bahwa hanya karena kamu sedang berada dalam air, bukan berarti tidak menerapkan aturan jaga jarak sejauh enam kaki. Bahkan, jaga jarak dalam air justru lebih sulit dilakukan, lho.

Solusinya, pengelola kolam renang harus menetapkan batas jumlah pengunjung. Atau, mengatur waktu berenang secara bergantian.

 

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut

Berenang Tetap Aman Selama Pandemi, Lakukan 5 Tips Berikut / Credit: healthline.com

Mandi Dengan Sabun Sebelum dan Setelah Berenang

Di dalam kolam renang, mungkin ada kuman atau parasit yang cukup kebal terhadap klorin dan dapat bertahan lebih dari seminggu, meskipun kolam tersebut dirawat dengan baik.

Untuk itu, usahakan kamu mandi dengan sabun sebelum dan sesudah berenang. kamu bisa lakukan kegiatan ini di rumah, sebelum pergi dan segera setelah pulang.

Ingat, sebisa mungkin hindari menelan air kolam renang dan segera cuci pakaian renang setelah digunakan.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai tips aman untuk berenang di kolam renang umum selama pandemi, ya. Dan jika kamu dan keluarga berencana melakukan aktivitas ini, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman dari penularan virus.

 

Featured Image - swimming.org

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!