Fase  new normal ini adalah momen di mana kamu beradaptasi lagi dengan segala kebiasaan baru yang mesti diterapkan guna meminimalisir kemungkinan tertular atau terinfeksi virus corona. Termasuk saat ingin mengunjungi rumah sakit, nih – ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

Rumah sakit di fase pandemi virus corona menjadi salah satu tempat yang dihindari banyak kalangan karena kekhawatiran akan tertular juga dengan virus tersebut. Namun kekhawatiran kamu tidak mesti berlebihan karena jika mematuhi beberapa hal ini, tentu tidak akan apa-apa.

Beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sebelum mengunjungi rumah sakit adalah beberapa poin dari protokol kesehatan yang ada. Kamu mesti cermati benar-benar dan terapkan agar kekhawatiran kamu sebelumnya tidak menjadi kenyataan.

Memangnya apa saja sih beberapa hal yang dimaksud? Daripada kamu penasaran dan menebak-nebaknya sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

 

 

Cermati dan Terapkan Deretan Hal Ini

Saat Mengunjungi Rumah Sakit

6 Pertimbangan Sebelum Pergi ke Rumah Sakit Saat Pandemi. Wajib Perhatikan! / Credit: mibluesperspectives.com

Ketahui Kondisi Rumah Sakit Tersebut Terkini

Sebelum kamu datang atau mengunjungi rumah sakit tersebut – pastikan kalau kamu sudah mengetahui kondisi terkini dari rumah sakit yang akan kamu datangi itu. Salah satu kondisi terkini yang mesti kamu ketahui adalah apakah rumah sakit tersebut memisahkan dengan baik area pasien Covid-19 dan yang tidak.

Kamu bisa tanya dengan menelepon pihak rumah sakit untuk bertanya bagaimana kondisi terkininya, apakah pasien penyakit lain dan pengunjung lain terpisah dengan mereka yang terinfeksi virus corona? Pastikan hal ini terlebih dahulu sebelum mengunjungi rumah sakit tersebut.

 

Kombinasi Masker dan Face Shield

Ketika kamu sudah mengetahui bagaimana kondisi rumah sakit tersebut dan cukup aman untuk didatangi, pastikan kamu face shield. Perlindungan ganda ini tentu untuk meminimalisir kemungkinan kamu tertular infeksi virus corona.

Perlu kamu ingat baik-baik juga kalau masker yang kamu gunakan sudah basah karena cipratan droplets kamu sendiri, pastikan kamu membawa cadangan agar bisa menggantinya dengan yang baru. Masker yang sudah kamu pakai, bisa kamu buang ke tempat yang seharusnya.

 

6 Pertimbangan Sebelum Pergi ke Rumah Sakit Saat Pandemi. Wajib Perhatikan! / Credit: prohealthcare.org

Jaga Jarak Fisik Dengan yang Lain

Jika kamu berada di dalam rumah sakit, pastikan kamu bisa berjaga jarak dengan individu lainnya. Pastikan kamu berada minimal 1-2 meter dengan yang lain. Jika kondisi rumah sakit terlampau ramai, pastikan kamu menyelesaikan urusan di sana lalu pulang.

 

Cuci Tangan Dengan Sabun

Jika kamu masih berkemungkinan untuk bertemu dengan fasilitas cuci tangan, pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal selama 20 detik. Nah, jika fasilitas cuci tangan juga ramai orang – kamu bisa gunakan hand sanitizer untuk memastikan tangan kamu selalu bersih.

 

6 Pertimbangan Sebelum Pergi ke Rumah Sakit Saat Pandemi. Wajib Perhatikan! / Credit: thedoctorweighsin.com

Datang Dekat Waktu Konsultasi

Jika kamu memang ada janji dengan seorang dokter untuk berkonsultasi, pastikan kamu datang di jam mendekati waktu bertemu itu saja. Tidak perlu datang sampai satu bahkan dua jam sebelumnya. Ini akan membuat kamu lebih lama di rumah sakit tersebut.

 

Bersih-Bersih Ketika Sampai di Rumah

Jika kamu sudah sampai di rumah lagi, pastikan lepas semua pakaian dan kembali bersih-bersih seperti mandi dan kegiatan sanitasi lainnya. Hal ini menjadi salah satu langkah preventif untuk meminimalisir tertularnya kamu dengan virus corona.

 

 

 

Wah bagaimana nih? Apakah kamu sudah cukup jelas dengan berbagai hal di atas? Pastikan kamu cermati dan terapkan dengan baik agar berkunjung ke rumah sakit tetap aman.

 

Feature Image - cnbc.com

Source - cnnindonesia.com