Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan Vitamin C Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu asupan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh, mengoptimalkan penyerapan zat besi, menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang, hingga baik untuk kesehatan kulit.

Karena, vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, maka setiap orang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

Lalu, bagaimana jika tubuh kekurangan asupan vitamin C? Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga cukup berat seperti mengalami masalah pada jantung. Kekurangan vitamin C ini dapat terjadi akibat pola makan yang kurang sehat atau adanya gangguan penyerapan vitamin C dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, kekurangan vitamin C juga dapat menimbulkan berbagai dampak buruk untuk kesehatan, termasuk menurunkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Dampak Kekurangan Vitamin C

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh / credit: akurat.co

Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dampak kekurangan vitamin C yang dapat dirasakan secara signifikan adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh. Bahkan, kondisi ini dapat membuatmu lebih mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk flu dan pneumonia.

 

Tubuh Mudah Lelah

Tubuh yang mudah lelah juga salah satu dampak dari kekurangan vitamin C. karena, kekurangan vitamin C dapat mengganggu proses pengubahan lemak menjadi energi, serta mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

 

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh / Credit: halodoc.com

Mudah Memar

Beberapa bagian tubuhmu mudah memar? Bisa saja kamu kekurangan asupan vitamin C! Memar diakibatkan karena adanya pembuluh darah yang pecah. Dan, salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin C.

 

Luka Sulit Sembuh

Vitamin C dapat membantu memproduki kolagen dalam tubuh. Selain dapat memelihara kesehatan kulit, kolagen juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, luka menjadi lebih sulit sembuh. Dan, luka tersebut pun lebih rentan terkena infeksi.

 

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh / Credit: mamapapa.id

Gusi Mudah Berdarah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi. Sehingga, kekurangan vitamin C dapat membuat gigi rentan copot dan gusi mudah berdarah. Pada beberapa kasus, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan warna gusi berubah menjadi ungu gelap.

 

Nyeri Sendi

Tak hanya membuat beberapa bagian tubuh jadi mudah memar, tapi kekurangan vitamin C dapat menimbulkan rasa nyerti serta pembengkakan pada sendi. Dalam beberapa kasus yang parah, gangguan ini dapat menyebabkan penderitanya sulit berjalan.

 

 

Berbagai Cara Untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekurangan Vitamin C  Timbulkan Dampak Kesehatan. Termasuk Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh / Credit: healthline.com

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, seperti:

  • Jambu biji.
  • Jeruk.
  • Pepaya.
  • Stroberi.
  • Lemon.
  • Kiwi.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Kembang kol.

Selain buah dan sayuran di atas, kamu dapat penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C secara rutin.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuhmu.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan dapat diubah jadi energi yang tahan lama.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C harian memang penting, ya. Terutama di masa pandemi, sistem kekebalan tubuh yang baik merupakan kunci utama!

 

Featured Image - usatoday.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!