4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

font size A Ǎ

Virus corona yang menyerang saluran pernapasan manusia dapat menginfeksi siapa saja, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Mulai dari anak- anak hingga orang dewasa. Meski demikian, tidak semua orang yang terinfeksi Covid-19 akan mengalami gejala yang sama, ada yang ringan, berat, dan bahkan tak jarang yang tidak mengalami gejala apa pun meski ia sudah positif Covid-19.

Tapi, dari sekian banyaknya orang yang rentan terpapar virus corona, anak- anak termasuk dalam golongan yang rawan. Mengapa begitu? Karena, sistem imun anak masih dibangun dan belum sempurna. Sehingga, kemungkinan anak terpapar virus pun lebih tinggi.

Ditambah, virus corona memang menginfeksi individu yang imunitasnya sedang atau masih dalam keadaan lemah.

Oleh karena itu, orang tua perlu menjaga agar sistem kekebalan tubuh si kecil tetap terjaga. Seperti mengajak anak untuk rajin berolahraga, bermain, membatasi waktu anak menggunakan gadget atau menonton televisi, serta mengajari anak untuk menjaga kebersihannya.

Namun, yang paling penting adalah memberikan anak makanan dengan gizi seimbang. Ketika anak sudah mendapatkan gizi yang cukup, imunitasnya pun akan lebih kuat. Sehingga, ia jadi tidak mudah terpapar virus penyebab penyakit.

Lalu, apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan gizi yang seimbang pada si kecil selama masa pandemi Covid-19? Berikut ulasannya.

 

 

 

Sarapan

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi  / Credit: culinaryhill.com

Berikan si kecil sarapan yang bergizi setiap harinya. Pastikan anak menyantap makanannya sebelum ia mulai beraktivitas, baik belajar di rumah atau ketika sudah kembali ke sekolah.

Apabila anak sudah kembali ke sekolah untuk belajar tatap muka, ia bisa saja melewatkan sarapan karena waktu yang terbatas. Jika demikian – beri anak bekal makanan yang mudah dibawa dan dikonsumsi selama perjalanan. Misalnya, pisang, roti isi, dan susu dalam kotak.

 

Makan Siang

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi  / Credit: parentmap.com

Tak berbeda dari saat sarapan, buatkan anak santapan makan siang bergizi dan sehat, yang mengandung karbohidrat, protein, lauk pauk, serta sayuran. Bawakan anak bekal dengan gizi seimbang untuk mengembalikan energinya.

Ingatkan pula anak untuk cuci tangan sebelum makan, ya.

 

Makan Malam

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi  / Credit: cookinglight.com

Sediakan makan malam dengan gizi seimbang, tapi hindari membiarkan anak mengonsumsi makanan terlalu banyak atau sampai ia terlalu kenyang. Karena, ini dapat berpengaruh pada kualitas tidurnya. Ketika perut dalam keadaan terlalu penuh, tidur pun jadi kurang nyenyak.

Ajak anak untuk makan bersama keluarga sembari mengobrol tentang harinya.

 

Camilan

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi

4 Tips Berikan Gizi Seimbang Pada Anak Selama Pandemi  / Credit: diys.com/

Berikan anak makanan selingan yang bergizi dan sehat, seperti buah, yogurt, wortel, dan bentuk snack lainnya yang mengandung sayur maupun buah.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memberikan anak makanan bergizi seimbang selama pandemi memang penting dilakukan. Selain untuk mendukung pertumbuhannya, makanan gizi seimbang dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Berikan pula ia multivitamin seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat bantu si kecil untuk:

  • Tetap aktif di masa pertumbuhannya
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi
  • Menjaga daya tahan tubuhnya biar tidak mudah jatuh sakit!

Berdasarkan kandungan dan manfaatnya, cukup jelas kalau kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup buat si kecil! Apalagi, selama pandemi – imunitas yang kuat adalah hal penting!

 

 

 

Featured Image - beko.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!