Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi

font size A Ǎ

Selama masa pandemi Covid-19 setiap individu berusaha untuk tetap menjaga sistem kekebalannya masing- masing. Ya, seperti yang sudah diketahui, imunitas merupakan perlindungan utama agar tidak terpapar virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut. Jika imunitas sudah baik, maka virus pun enggan menyerang.

Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dan kuat, dapat diperoleh dengan beragam cara. Salah satu yang penting adalah mengonsumsi vitamin C yang bagus – dalam arti kualitas, secara rutin. Mengapa demikian?

Karena, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Darah putih sendiri berperan untuk melawan beragam penyakit, seperti virus yang masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, vitamin C juga dikenal sebagai obat flu alami, dapat mengurangi risiko kanker, hingga membunuh bakteri Tuberkolosis (TBC). Beberapa penelitian di China pun mengatakan bahwa vitamin C yang bagus dapat membantu pemulihan pasien Covid-19.

Berdasarkan penjelasan di atas, seberapa penting vitamin C untuk kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi? Dan bagaimana cara memenuhi kebutuhannya setiap hari? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Apa Itu Vitamin C?

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi / Credit: treehugger.com

Vitamin C atau asam L-askorbat merupakan vitamin yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, dan masuk ke dalam jenis vitamin larut air. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan hariannya penting untuk dilakukan.

Vitamin C dapat ditemukan dalam kandungan air alami di beberapa makanan, ditambahkan ke dalam makanan lain, dan dalam bentuk multivitamin.

 

Mengapa Vitamin C Penting Untuk Tubuh?

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi / Credit: sepalika.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin C sudah pasti dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih. Namun tidak hanya itu saja, tetapi, dilansir dari Medical News Today, vitamin C memiliki peran dalam membantu fungsi tubuh, termasuk produksi kolagen, L-karnitin, dan beberapa neurotransmiter.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu metabolisme protein dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk menjaga struktur tulang, penyerapan zat besi, hingga menjaga kulit tetap sehat. Ini berkaitan dengan peran vitamin C sebagai antioksidan, yang dapat memperbaiki jaringan dan mengurangi kerusakan akibat peradangan dan oksidasi.

Dalam kasus yang lebih berat, vitamin C dapat membantu mencegah infeksi pernapasan akut – termasuk yang dialami oleh pasien Covid-19, pada orang yang mengalami kurang gizi, dan merasakan tingkat stres tinggi.

Karena, individu yang memenuhi kebutuhan vitamin C secara rutin dan memiliki kadar vitamin C tinggi dalam tubuhnya, dianggap lebih mampu melawan infeksi dibanding yang tidak.

 

Sumber Vitamin C yang Baik

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Vitamin C yang Baik Penting Dilakukan Selama Pandemi / Credit: additudemag.com

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin C, seperti:

  • Jambu biji.
  • Jeruk.
  • Pepaya.
  • Stroberi.
  • Lemon.
  • Kiwi.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Kembang kol.

Mengonsumsi sumber makanan vitamin C memang dapat bantu memenuhi kebutuhan hariannya, tapi cara ini belum tentu cukup. Karena, cara memasak sumber makanan tersebut – terutama untuk sayur, dapat mempengaruhi kadar vitamin di dalamnya. Jika salah metode masak, kandungan vitamin justru bisa rusak.

Untuk itu, penting mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C secara rutin. Mengapa Enervon-C?

Multivitamin yang mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuhmu tetap baik.

Dan, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme – jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diolah jadi sumber energi untuk beraktivitas.

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

 

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari dan mengonsumsi sumber makanan serta multivitamin yang mengandung vitamin C memang penting dilakukan, ya. Terutama selama pandemi, sistem kekebalan tubuh merupakan perlindungan utama kita agar tidak terpapar berbagai macam virus maupun penyakit.

 

Featured Image - medibank.com.au


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!