Produktivitas merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang pekerjaan karyawan. Bagaimana tidak? Karyawan yang memiliki produktivitas tinggi, cenderung lebih bersemangat dalam menyelesaikan seluruh tugasnya, sehingga hasilnya pun dapat lebih maksimal. Dan, perusahaan juga dapat lebih untung, lho.

Namun, bagaimana jika karyawan sedang kurang produktif? Bisa jadi, ini disebabkan karena ia merasa kurang semangat dan tidak nyaman di tempatnya bekerja. Solusinya, HRD bisa membuat kondisi kerja menjadi lebih nyaman, sehingga karyawan semakin semangat.

Selain itu, ada berbagai hal dan ide kreatif lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Ide Kreatif HRD Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

7 Ide Kreatif HRD Untuk Tingkatkan Produktivitas Pekerja / Credit: flickr.com

Ciptakan Lingkungan Kerja Nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman tidak hanya soal rekan kerja atau atasan saja. Melainkan, termasuk ruangan tempat karyawan bekerja. Meski terkadang tidak semua kantor dapat diubah tingkat kenyamanannya, tapi setidaknya kebersihan dan pencahayaan ruangan dapat dimaksimalkan.

Perhatikan juga warna dinding di kantor, karena dapat mempengaruhi suasana hati karyawan ketika bekerja. Serta, perhatikan sirkulasi udara dan suhu ruangan. Menurut penelitian – suhu ruangan dapat mempengaruhi kinerja otak, lho.

 

Berikan Pelatihan

Memberikan pelatihan atau training bagi karyawan merupakan salah satu tugas dari HRD. Tujuannya, agar keterampilan dan pengetahuan karyawan semakin meningkat. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan, sehingga mereka bekerja lebih giat lagi.

 

Berikan Motivasi

Dalam bekerja pasti ada yang namanya kritikan. Suka atau tidak suka, karyawan dituntut untuk menerimanya. Tapi terkadang, ada kritikan yang justru kurang membangun dan membuat mental karyawan jatuh.

Solusinya, berikan motivasi berupa kata positif dan dukungan yang dapat membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja dan semakin percaya diri.

 

7 Ide Kreatif HRD Untuk Tingkatkan Produktivitas Pekerja / Credit: parade.com

Berikan Penghargaan

Ide kreatif yang dapat dilakukan oleh HRD berikutnya adalah memberikan penghargaan kepada karyawan. Ini dapat berupa kalimat pujian yang dapat memotivasi karyawan. Atau, dalam bentuk sertifikat atau voucher tertentu yang membuat karyawan merasa dihargai.

 

Berikan Bonus atau Insentif

Meskipun tujuan utama karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan bukanlah soal bonus. Tapi memberikan bonus dapat dilakukan sebagai penyemangat kerja. Ide kreatif ini merupakan hal yang baik dilakukan sebagai bentu apresiasi bagi pencapaian karyawan.

 

7 Ide Kreatif HRD Untuk Tingkatkan Produktivitas Pekerja / Credit: hashtaghr.com.au

Libur atau Cuti

Jika HRD melihat salah satu karyawan yang jenuh, kurang semangat, atau kurang termotivasi, maka HRD dapat memanggilnya dan membicarakan hal tersebut. lalu, HRD juga dapat berikan cuti atau libur bagi karyawan tersebut.

Libur atau cuti dapat memberikan perspektif baru bagi karyawan, sehingga pikirannya menjadi lebih fresh dan siap bekerja kembali.

Menciptakan Keakraban Di Kantor

Nah, bisa juga nih menciptakan acara keakraban di kantor. Tujuannya, agar antar divisi dapat mengenal satu sama lain. Tapi, karena saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, sebaiknya lakukan acara keakraban secara virtual saja, ya. Jadi, himbauan jaga jarak dapat tetap diterapkan!

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh ide kreatif yang dapat dilakukan HRD agar para karyawan semakin semangat dan termotivasi dalam bekerja. Selamat mencoba!

 

Featured Image - dnaindia.com