Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Sudah enam bulan lamanya pandemi melanda, namun kondisi masih belum kunjung membaik. Keadaan yang semula normal, menjadi tidak pasti karena pandemi ini. Belum lagi, ditambah banyak informasi di media mengenai Covid-19.

Berbagai upaya untuk menekan angka penularan masih terus dilakukan, termasuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, physical distancing, hindari keramaian, dan rutin cuci tangan dengan air dan sabun.

Meski demikian, disadari atau tidak, kondisi ini seringkali mengakibatkan rasa panik dan stres. Masih banyak masyarakat yang belum bisa beradaptasi seutuhnya. Tak heran, kian hari panik dan stres semakin menjadi.

Jika terus dibiarkan, rasa stres dan panik dapat mengarah ke menurunnya suasana hati dan depresi, kemudian berujung pada kesehatan mental serta fisik yang semakin menurun.

Rasa stres dan cemas – dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari relaksasi, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, bahkan hingga memenuhi asupan vitamin. Seperti, vitamin B kompleks yang disinyalir dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

 

 

 

Vitamin B Kompleks Dapat Bantu Meningkatkan Mood dan Redakan Stres

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi / Credit: goodhousekeeping.com

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – Gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3 atau niasin memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain – kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

 

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 memang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

 

Vitamin B12 (Kobalamin)

Sama seperti Vitamin B6, Vitamin 12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Selama pandemi – tentu saja energi positif sangat dibutuhkan, sehingga rasa stres, cemas, maupun panik dapat berkurang.

 

Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat juga memiliki peran penting dalam produksi sel baru dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

 

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks Untuk Tingkatkan Suasana Hati

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Sekaligus Mood Booster Selama Pandemi / Credit: hsph.harvard.edu

Vitamin B kompleks dapat ditemukan kandungannya dalam berbagai sumber makanan. Berikut ini sejumlah sumbernya:

Sumber Hewani:

  • Daging sapi.
  • Daging ayam
  • Ikan salmon.
  • Hati sapi.
  • Tiram.
  • Telur.
  • Kerang.
  • Susu.

Sumber Lainnya:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, kubis dan brokoli.
  • Sereal
  • Yogurt.
  • Gandum dan biji- bijian.

Lebih mudahnya – kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Selain itu, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Enervon-C memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

 

Dari penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian memang penting diperhatikan. Ya, karena selain dapat membantu meningkatkan mood, vitamin B kompleks juga baik untuk fungsi tubuh, serta dapat menjaga kesehatan.

 

Featured Image - verv.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!