Di mengonsumsi vitamin C terbaik merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Memenuhi kebutuhan vitamin C memiliki peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Belum lagi, vitamin yang satu ini tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Untuk itu, memilih vitamin C terbaik – serta mengonsumsinya secara rutin harus kamu lakukan, ya!

Memang, vitamin C bukanlah suplemen yang baru di kalangan masyarakat. Kamu pasti setuju, kan? Atau mungkin ada pula yang sudah rajin mengonsumsinya, apalagi selama masa PPKM. Meski di rumah saja, tapi menjaga kesehatan tidak boleh absen, lho.

Tapi, sudahkah kamu meminum vitamin C di waktu yang tepat? Ini tidak boleh dilewatkan, pasalnya minum vitamin C terbaik di saat yang dianjurkan bisa membuat tubuhmu memperoleh manfaat yang maksimal.

Untuk yang sudah penasaran, kapan sih kira-kira waktu terbaik untuk minum vitamin C? Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

1. Sebelum Makan – Disebut Sebagai Waktu Terbaik

Credit Image - theconversation.com

Waktu pertama yang direkomendasikan untuk minum suplemen vitamin C terbaik pilihanmu, yaitu sebelum makan, alias ketika perut masih dalam keadaan kosong. Tenang, hal ini tidak semenakutkan itu, kok. Ada banyak sekali vitamin C yang pastinya aman dikonsumsi sebelum makan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, ya.

Vitamin C – atau disebut juga sebagai L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Mudahnya, waktu tepat untuk meminum suplemen vitamin C terbaik, yaitu di pagi hari, seperti 30 menit sebelum sarapan. Atau, bisa juga 2 jam sesudah makan ketika makanan telah dicerna.

 

2. Untuk yang Punya Perut Sensitif, Konsumsi Vitamin C Bersama Makanan, Ya

Buat kamu yang memiliki masalah perut sensitif, jangan khawatir, kamu tetap bisa meminum suplemen vitamin C terbaik, lho. Tetapi, direkomendasikan mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum suplemen vitamin C di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar semakin nyaman, kamu juga dapat memilih suplemen yang mengandung non-acidic vitamin C – atau disebut juga sebagai kalsium askorbat. Nah, biar makin maksimal, konsumsi suplemen vitamin C terbaik pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C oleh tubuh. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kelebihan asupan vitamin C. Sebab, sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin, yang penting, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu, ya.

 

3. Punya Gangguan Tidur? Hindari Konsumsi Suplemen di Malam Hari!

Credit Image - reportasee.com

Nah, mengonsumsi pilihan suplemen vitamin C terbaik juga berkaitan erat dengan kualitas tidur yang akan kamu dapatkan di malam hari, lho. Sebenarnya, hal ini tidak berbahaya dilakukan, hanya saja untukmu yang cenderung lebih susah tidur – atau memiliki gangguan tidur, direkomendasikan untuk menghindari minum suplemen di malam hari, ya.

Meskipun belum ada penelitian secara resmi mengenai kaitan suplemen vitamin C dengan kualitas tidur, namun ada baiknya mengonsumsi suplemen di pagi – dan di siang atau sore hari. Jadi, pastikan kamu sudah minum suplemen vitamin C terbaik secara rutin biar manfaatnya semakin terasa!

 

4. Biar Lebih Maksimal, Konsumsi Dengan Makanan Tinggi Zinc

Perlu diketahui bahwa vitamin C dan zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Artinya, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, manfaatnya pun dapat lebih terasa, lho. Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C terbaik pilihanmu bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Harian, Yuk Diterapkan!

Credit Image - radarnonstop.co

Memenuhi kebutuhan vitamin C harian memang bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin tersebut, seperti stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun, sayangnya, masih banyak yang salah dalam memasak sayuran vitamin C, seperti dimasak terlalu lama. Hal ini tentunya bisa mengurangi kadar vitamin yang terkandung di dalam sayuran tersebut, ya. Sebagai alternatif, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar, dibanding dengan produk instan, karena produk instan memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibanding sumber yang segar.

Biar lebih mudah, mengonsumsi suplemen vitamin C terbaik pilihanmu sangat dianjurkan, lho. Pastinya, hal ini lebih mudah dilakukan, apalagi untuk kamu yang punya segudang aktivitas. Tapi, pastikan memilih suplemen vitamin C terbaik dengan kandungan yang lengkap, ya.

Direkomendasikan untuk minum  Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif. Nah, sejumlah multivitamin Enervon tersebut dapat kamu konsumsi sebanyak dua kali sehari agar manfaatnya semakin terasa!

 

Nah, itulah 4 waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen vitamin C terbaik pilihanmu. Yuk, rutin penuhi kebutuhan vitamin C agar sistem kekebalan semakin terjaga!

 

 

Featured Image - healthline.com