Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C!

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C!

font size A Ǎ

Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu hal penting. Tak hanya selama pandemi Covid-19 saja, lho. Tetapi, kebiasaan ini perlu diterapkan secara terus menerus. Tujuannya, agar kesehatan dan sistem imunitas tubuh tak mudah menurun, sehingga tubuh juga tidak mudah terserang berbagai virus penyakit.

Salah satu cara menjalani pola hidup sehat, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga imunitas dan daya tahan tubuh.

Ditambah, vitamin C tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Jadi, memenuhi kebutuhannya setiap hari penting dilakukan, ya.

Vitamin C sendiri bukanlah suplemen yang baru di kalangan masyarakat. Mungkin, sebagian dari kamu sudah rutin mengonsumsi vitamin C setiap harinya. Meski demikian, agar manfaatnya benar terasa, vitamin C perlu dikonsumsi di waktu yang tepat, lho.

Lebih lanjut – berikut ini waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin C agar imunitas tubuh tetap terjaga!

 

 

 

Deretan Waktu Tepat Konsumsi Vitamin C

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C!

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C! / Credit: verywellhealth.com

Sebelum Makan, Diklaim Sebagai Waktu Paling Optimal

Vitamin C alias L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Singkatnya – waktu terbaik minum vitamin C adalah di pagi hari, misal 30 menit sebelum sarapan. Atau, 2 jam sesudah makan, agar makanan sudah dicerna terlebih dahulu.

 

Kalau Punya Pencernaan Sensitif, Bisa Dikonsumsi Bersama Makanan

Kamu memiliki sistem pencernaan yang sensitif? Nah, sebaiknya konsumsi vitamin C bersama makanan, ya. Dengan begitu, perut akan tetap terasa nyaman. Lalu, usahakan untuk konsumsi vitamin di jam yang sama setiap harinya.

Agar imunitas semakin terjaga, kamu bisa konsumsi vitamin C dua kali sehari. Misalnya, satu tablet sebelum atau 2 jam sesudah sarapan. Kemudian, satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C oleh tubuh. Tak perlu khawatir mengenai kelebihan vitamin C, ya! Karena, sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin, kok. Yang penting, cukupi kebutuhan cairan tubuh ya.

 

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C!

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C! / Credit: healthline.com

Sulit Tidur? Sebaiknya Hindari Konsumsi Vitamin C Di Malam Hari

Kalau kamu termasuk orang yang cenderung sulit tidur, coba hindari minum vitamin C di malam hari. Meski belum ada penelitian resmi mengenai apakah vitamin C dapat memengaruhi kualitas tidur, tapi tidak ada salahnya untuk menghindari minum vitamin C di malam hari.

 

Agar Lebih Maksimal, Konsumsi Vitamin C Dengan Makanan Tinggi Zinc

Selain meningkatkan imunitas, vitamin C juga berperan untuk memaksimalkan penyerapan zinc, lho. Bagi penderita anemia, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc. Seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

 

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Harian

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C!

Tetap Jaga Imunitas Selama PSBB, Ketahui Waktu Terbaik Minum Vitamin C! / Credit: foxvalleyfoodie.com

Kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah- buahan seperi jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Yang perlu diperhatikan – ketika memasak sayuran vitamin C, sebaiknya lakukan dengan cara di kukus. Karena, merebus sayuran tinggi vitamin C dapat menurunkan kadar vitamin C sebesar 50-80%, sedangkan dengan dikukus kadar vitamin C hanya akan turun sekitar 14,3% saja.

Usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar, dibanding dengan produk instan, karena produk instan memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibanding sumber yang segar. Dan, agar kadar vitamin C tetap baik, sebaiknya simpan produk, buah, ataupun sayuran pada suhu rendah atau dingin. Serta hindari menyimpannya terlalu lama.

Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa penuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C.

Pasalnya, kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah memahami ya waktu konsumsi vitamin C yang baik, agar manfaatnya semakin terasa. Dan, agar tubuh semakin fit, imbangi dengan olahraga teratur, cukupi minum air minimal 8 gelas sehari, dan istirahat yang cukup!

 

Featured Image - healthline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!