Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi

font size A Ǎ

Virus corona penyebab Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan dapat menyebabkan berbagai kondisi yang berbeda di setiap pasiennya. Sebagian pasien ada yang mengalami gejala ringan – seperti batuk, pilek, dan demam.

Di sisi lain, ada pula yang mengalami gejala berat. Termasuk pada pasien dengan penyakit jantung. Dilansir dari Hello Sehat, Covid-19 cukup berbahaya pada pasien yang memiliki masalah pada jantung. Pasalnya, jantung pasien berisiko menimbulkan risiko fatal jika tertular Covid-19. Bahkan, virus ini juga berisiko menyebabkan gangguan jantung, meski pasien tersebut tak memiliki masalah jantung sebelumnya.

Untuk itu, kewaspadaan mengenai kesehatan jantung juga diperlukan. Mengingat, Covid-19 yang berisiko pada penyakit jantung.

 

 

 

Alasan Timbulnya Komplikasi Jantung Pada Pasien Covid-19

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi / Credit: inilahkoran.com

Kini, Covid-19 tak hanya virus yang menyerang saluran pernapasan saja, tetapi bahayanya dapat berdampak pada kesehatan jantung.

Menurut dokter spesialis jantung Vito Anggarino Damay, mengatakan bahwa sekitar 49 persen pasien Covid-19 yang mengalami gejala berat dan dirawat di ICU, menderita peradangan jantung. Oleh karena itu, penyakit jantung ikut disertakan sebagai masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan Covid-19.

Adapun tiga poin yang ditekankan mengenai hubungan penyakit jantung dan Covid-19, yaitu

  • Virus corona menyerang paru- paru dan sistem pernapasan. Di mana paru dan jantung dihubungkan dengan pembuluh darah – yang bertugas membawa darah setelah dipompa jantung. Kemudian, dialirkan ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Jadi, kalau paru- paru rusak rusak karena infeksi virus – jantung akan bekerja lebih berat.
  • Covid-19 dapat menyerang jantung secara langsung. Pasien dapat mengalami peradangan otot jantung, meski tak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.
  • Adanya kecenderungan pembekuan pembuluh darah pada pasien Covid-19. Pembekuan tersebut dapat meningkatkan risiko gangguan pembuluh darah dan memberatkan kerja jantung. Kondisi ini dapat berakibat fatal, hingga menyebabkan kematian.

Dari sejumlah poin tersebut, sering pula terjadi kasus di mana pasien justru tidak mengetahui bahwa ia memiliki gangguan jantung sebelum terinfeksi Covid-19.

 

Pentingnya Kesehatan Jantung Selama Pandemi

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi / Credit: health.detik.com

Berkaitan dengan masalah jantung – penting sekali menjaga kesehatannya, terutama selama pandemi. Kesehatan jantung harus dijaga dengan baik, terutama bagi individu yang memang sudah memiliki masalah jantung.

Pasalnya, kondisi pandemi ini justru membuat sebagian pasien jantung tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan saat membutuhkan.

Berdasarkan sebuah penelitian, melaporkan bahwa selama masa pandemi Covid-19 hanya dua per tiga pasien serangan jantung yang pergi ke rumah sakit. Sepertiga sisanya, terlambat pergi ke rumah sakit, di antaranya karena terbatasnya akses dan takut tertular. Kondisi ini juga terjadi di Indonesia.

 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi

Ketahui Kaitan Penyakit Jantung dan Covid-19 Selama Pandemi / Credit: metrosmag.co.za

Karena jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti – kesehatannya wajib dijaga agar terhindar dari risiko berbagai macam penyakit berbahaya. Ada pun langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, di antaranya:

Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Kelola pula stres yang mungkin kamu alami dan segera periksakan ke dokter jika ada gangguan yang dialami.

 

 

 

Featured Image - awalbros.com

Source - hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!