Terhitung sudah sejak bulan Maret silam Indonesia resmi mengonfirmasi kasus Covid-19 di dalam negeri. Sekarang, sudah enam bulan lamanya virus ini menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, angka positif pun masih terus meningkat.

Tak hanya di Indonesia, tetapi pandemi Covid-19 juga melanda hampir semua negara yang ada di dunia. Seperti, China, Korea Selatan, Singapura, dan Iran yang tercatat memiliki kasus Covid-19 lebih dahulu dari Indonesia.

Berbagai upaya untuk mencegah dan mengatasi penyebaran pun juga dilakukan oleh sejumlah negara tersebut. Korea Selatan, misalnya – yang menjadi pelopor penerapan sistem pemeriksaan drive thru untuk mempermudah masyarakatnya.

Lebih lanjut mengenai penanggulangan Covid-19 di berbagai negara – ini berbagai upaya yang dilakukan.

 

 

 

Upaya Penanggulangan Covid-19

Di Berbagai Negara

Deretan Upaya Berbagai Negara Dalam Menangani Pandemi Covid-19 / Credit: cnnindonesia.com

China

Virus corona sudah mulai menyebar sejak akhir tahun 2019 silam di Wuhan, China. Sebulan setelahnya, barulah semakin merebak dan menginfeksi sejumlah masyarakat. Oleh karena itu, China memutuskan untuk mengisolasi Kota Wuhan yang menjadi sumber penyebaran virus.

Setelah virus semakin menyebar, China turut mengisolasi beberapa kota lainnya di Hubei. Dan, pemerintah pun langsung membangun dua rumah sakit yang dikhususkan untuk merawat pasien Covid-19, yaitu RS Huoshenshan dan RS Leishenshan.

Saat ini, jumlah kasus infeksi Covid-19 di China sudah sangat rendah, bahkan semua pasien sudah dinyatakan sembuh.

 

Korea Selatan

Korea Selatan – memilih cara yang lebih inovatif dan mudah, terutama bagi masyarakat yang ingin memeriksakan diri ke rumah sakit. Pemeriksaan dilakukan dengan cara drive thru. Sehingga, masyarakat dapat tes Covid-19 tanpa harus turun dari kendaraan.

Cara tersebut dianggap lebih aman dan cepat untuk melacak suspect corona daripada memeriksakan diri ke rumah sakit atau linik.

Selain itu, kementerian kesehatan di Korea Selatan juga membuat aplikasi yang wajib digunakan warga, terutama turis asing. Aplikasi tersebut mengharuskan penggunanya mengisi jurnal terkait aktivitas yang dilakukan sehari- hari, seperti suhu tubuh dan gejala yang mungkin dialami.

 

Deretan Upaya Berbagai Negara Dalam Menangani Pandemi Covid-19 / Credit: caribbeanbusinessreport.com

Singapura

Negara yang satu ini mendapatkan pujian dari WHO, lantaran menerapkan cara efektif untuk mengedukasi masyarakat dalam menghentikan penyebaran.

Singapura secara teliti melacak aktivitas pasien Covid-19 sebelum dikonfrimasi positif, termasuk melacak riwayat perjalanan. Selain itu, kemenkes Singapura pun selalu memperbaharui setiap kasus virus corona yang baru terkonfirmasi maupun sudah sembuh.

 

Iran

Menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di Timur Tengah – pemerintah Iran masih belum menerapkan karantina. Hal ini dilakukan lantaran fasilitas medis yang kurang memadai.

Sebagai langkah pencegahan penyebaran dan penularan, pemerintah Iran menganjurkan masyarakatnya untuk menerapkan kebijakan isolasi individual. Di mana kebijakan ini juga pernah diterapkan oleh masyarakat Indonesia.

 

 

 

Featured Image - news.sky.com

Source - cnnindonesia.com